Pemain depan Milwaukee Bucks Jrue Holiday (tengah) melempar bola melewati pemain belakang Phoenix Suns dalam sebuah pertandingan di Arizona, Amerika Serikat, 06 July 2021. | EPA-EFE/TANNEN MAURY

Olahraga

Milwaukee Bucks Evaluasi Pertandingan Lawan Phoenix Suns

Milwaukee Bucks perlu fokus menuju gim kedua final

PHOENIX -- Milwaukee Bucks bertekad memenangkan laga kedua final kompetisi bola basket Amerika Serikat (NBA) yang akan digelar Jumat (9/7) WIB di kandang Phoenix Suns di PHX Arena. Saat ini, Giannis Antetokounmpo dkk tertinggal 0-1 setelah dalam gim pertama final NBA pada Rabu (7/7), Bucks menderita kekalahan dengan skor 105-118.

Free throw atau lemparan bebas menjadi bahan evaluasi pelatih Bucks, Mike Budenholzer. Dalam laga gim pertama final, Suns mendapatkan 26 lemparan bebas dan hanya satu yang gagal menghasilkan poin. Sebaliknya, Bucks hanya memperoleh 16 lemparan bebas dan hanya sembilan yang berhasil masuk.

"Mereka mendapat 25 poin dari garis lemparan bebas. Kami harus bertahan dengan baik dan menjauhkan mereka dari garis lemparan bebas," ujar Budenholzer dilansir ESPN, Rabu (7/7).

Budenholzer harus cepat-cepat melakukan perubahan bila ingin timnya lebih kompetitif dalam pertandingan berikutnya. "Saya pikir kami akan bergerak sedikit demi sedikit dan saya pikir kami akan mendapatkan umpan balik lanjutan dalam waktu dekat. Tetapi, sejauh ini semuanya masih baik-baik saja," katanya menjelaskan.

Guard Bucks, Pat Connaughton, juga menyatakan timnya perlu fokus menuju gim kedua final dan berharap agar Suns tidak banyak beraksi di garis pelanggaran. Apalagi, dengan reputasi Devin Booker dkk yang piawai dalam melakukan lemparan bebas. "Kami harus memahami ketika mereka berada di area mencetak angka dan kapan kami bisa membuat mereka tidak nyaman," ujarnya.

Bucks kemungkinan akan terbantu dalam upaya untuk tak terlalu sering melakukan pelanggaran pada gim kedua final nanti. Ini setelah bintang Bucks, Antetokounmpo, merasa lebih baik usai pulih dari cedera lutut kiri.

Antetokounmpo mengumpulkan 20 poin dan 17 rebound dalam 35 menit di gim pertama final kontra Suns setelah absen pada dua pertandingan terakhir final Wilayah Timur.

Pebasket asal Yunani berusia 26 tahun itu melewati pertandingan tanpa masalah. "Saya merasa bugar dan siap untuk membuat impak yang lebih besar lagi untuk tim saya nanti," kata Antetokounmpo menjelaskan.

Sebelumnya, tidak ada yang menyangka Bucks akan berjumpa Suns dalam partai final. Pasalnya, keduanya bukanlah tim unggulan utama, seperti Philadelphia 76ers dan Utah Jazz, atau tim super layaknya Brooklyn Nets dan LA Lakers.

Suns adalah tim peringkat dua Wilayah Barat dan Bucks menghuni posisi tiga Wilayah Timur Bucks. Baik Suns maupun Bucks menyingkirkan tim-tim unggulan untuk melaju ke laga final. Keduanya tidak pernah saat berada pada fase ini setidaknya dalam 28 tahun.

Suns menembus laga puncak NBA pada 1993 dan tidak pernah menjadi juara. Sementara, terakhir kali Bucks masuk final pada 1974 dan hanya sekali menjadi juara.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat