Pemain Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan pemain Belgia Youri Tielemans pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol, Minggu, 27 Juni 2021. | AP/Jose Manuel Vidal/Pool EPA

Olahraga

Cristiano Ronaldo Paling Tajir di Instagram

Rival abadi Ronaldo sekaligus kapten Barcelona dan Argentina, Lionel Messi, menyentuh angka 219 juta pengikut.

OLEH ANGGORO PRAMUDYA

Megabintang Portugal Cristiano Ronaldo menahbiskan diri sebagai orang pertama yang berhasil menyentuh angka 300 juta pengikut (follower) di jejaring media sosial (medsos) Instagram. Ronaldo juga menyandang status sebagai orang paling kaya yang diikuti di jagat bumi ini.

Penyerang Juventus tersebut dapat membebankan biaya kepada pengiklan maupun aktivitas endorsement sebesar 1,2 juta poundsterling (Rp 24 miliar) untuk setiap unggahan pada feed akun Instagram miliknya.

Bahkan, perusahaan pemasaran media sosial Hopper HQ menjelaskan, Ronaldo sukses mengasapi pegulat yang beralih profesi menjadi seorang aktor, Dwayne 'The Rock' Johnson, dari posisi teratas. Ini merupakan kali pertama Ronaldo menduduki puncak daftar yang dimulai pada 2017 silam. Pemenang lima titel Ballon d'Or total memiliki 308 juta pengikut di Instagram.

Sebagaimana dilansir BBC Sports, Jumat (2/7), perusahaan Hopper HQ yang berbasis di Inggris— yang menjalankan akun media sosial atas nama perusahaan dan individu—menerbitkan daftar kekayaan Instagram pertamanya pada 2017.

Informasinya berdasarkan pada analisis data internal ataupun yang tersedia bagi umum untuk mengungkapkan daftar selebritas dan influencer dengan bayaran tertinggi di Instagram. Data tersebut mempertimbangkan faktor-faktor, seperti keterlibatan rata-rata, seberapa sering mereka mengunggah, variabel industri, dan jumlah pengikut.

Sejak tahun lalu, perkiraan biaya untuk unggah Instagram Ronaldo, yang menjadi berita utama pada bulan Juni ketika ia menghapus dua botol Coca-Cola pada konferensi pers sebelum pembuka Euro 2020 Portugal melawan Hungaria, telah meningkat sebesar 54 persen.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cristiano Ronaldo (cristiano)

Salah satu pendiri Hopper HQ, Mike Bandar, menjelaskan Instagram sangat berpengaruh dalam industri periklanan saat ini, terlebih dengan pandemi Covid-19. Dengan demikian, banyaknya pengakses pun pengguna Instagram membuat pendapatan untuk para selebgram dunia meningkat pada tahun ini.

"Sangat menyenangkan melihat Cristiano Ronaldo mengambil tempat nomor satu tahun ini setelah terus berada di peringkat lima besar sepanjang sejarah daftar. Dengan Euro tahun ini dan beberapa langkah pemasaran kontroversial selama beberapa pekan terakhir, kehadiran royalti sepak bola telah meroket pesat," demikian pernyataan Mike Bandar.

Sementara itu, hanya satu akun pada platform tersebut yang memiliki lebih banyak pengikut daripada Ronaldo, yaitu akun resmi Instagram dengan 397 juta. Penyanyi pop Ariana Grande menyusul di angka 244 juta pengikut, sedangkan Kylie Jenner memiliki 241 juta. Adapun penyanyi Selena Gomez memiliki 238 juta orang yang mengikuti akunnya, pun selebritas Kim Kardashian dengan 229 juta.

Sementara rival abadi Ronaldo sekaligus kapten Barcelona dan Argentina, Lionel Messi, menyentuh angka 219 juta pengikut. Messi yang memiliki 224 juta pengikut, dapat mengenakan biaya per unggahan sebesar 798 ribu pound, itu menempatkannya di urutan ketujuh klasemen.

Pada awalnya tidak pernah mudah bagi para pesepak bola memasuki hati masyarakat dunia. Sejatinya, popularitas pesepak bola kini sudah tidak lagi sempit karena hanya tersorot di lapangan hijau .

Jauh sebelum pamor Ronaldo meroket, para pencinta sepak bola jelas mengenal sosok David Beckham. Pria yang dibesarkan dari akademi Manchester United (MU) itu tak hanya memiliki bakat dalam urusan olah bola.

Selain sukses bersama MU, popularitas Beckham ikut naik dengan menjadi model terbaik sepanjang masa. Meski ada banyak pemain lain yang juga memiliki prestasi tak jauh berbeda dengan Beckham, sepertinya tak bisa menyentuh kebesaraan nama Beckham di industri periklanan. Beckham bisa dikatakan sebagai salah satu pionir pemain sepak bola modern, yang tidak hanya menjadi bintang di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan.

Kini, praktis Beckham dan Cristiano Ronaldo telah menjadi ikon sepak bola yang mampu meningkatkan reputasi seniman kulit bundar, dari sekadar mengais upah dari lapangan menjadi bintang iklan papan atas di dunia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat