Hikmah Republika Hari ini | Republika
19 Jun 2021, 03:30 WIB

Mensyukuri Orang Tua

Bersyukur kepada orang tua merupakan bagian dari bentuk ibadah kita kepada Allah.

OLEH MOCH HISYAM 

Orang tua adalah anugerah terbesar yang dimiliki oleh setiap anak di dunia. Mereka adalah figur yang paling berjasa dalam hidup kita. Tanpa adanya orang tua, seorang anak tidak akan terlahir di dunia ini dan tanpa peran keduanya, kita tidak bisa seperti sekarang ini.

 Oleh karena itu, sebagai seorang anak sudah sepantasnya kita bersyukur kepada orang tua dan mensyukuri keberadaannya. Mensyukuri berbagai kebaikan dan jasa-jasanya yang telah diberikan mereka kepada kita sebagai anaknya.

Mensyukuri orang tua merupakan bentuk syukur kita kepada Allah yang telah menjadikan mereka sebagai orang tua kita. Hal itu juga merupakan bentuk rasa terima kasih kita kepada orang tua kita yang telah mengurus dan mendidik kita.

Terkait

Bersyukur kepada orang tua merupakan perintah Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya, “Bersyukurlah kepadaku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS Luqman: 14).

Oleh karena itu, ketika kita bersyukur kepada orang tua, kita akan mendapatkan pahala. Sebab, bersyukur kepada orang tua merupakan bagian dari bentuk ibadah kita kepada Allah SWT dan menjadi sebab kita digolongkan menjadi bagian orang-orang yang bersyukur kepada Sang Khalik. “Tidaklah bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur kepada manusia.” (HR Tirmidzi).

Selain itu, akan mendapatkan keridhaan Allah SWT. Sebab, ketika kita bersyukur kepada orang tua, maka orang tua akan ridha terhadap diri kita dan Allah SWT akan turut meridhainya. “Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.” (Riwayat ath-Thabarani, dishahihkan oleh al-Hafidz as-Suyuthi).

Upaya yang bisa kita lakukan untuk menjadi orang yang bersyukur kepada orang tua adalah dengan senantiasa mengingat terhadap perjuangan, pengorbanan dan kebaikan yang telah mereka berikan kepada kita. Semakin kita mengetahuinya, makin besar potensi diri kita menjadi orang yang bersukur kepada orang tua kita.

Hal ini dapat dipahami dari rangkaian ayat Alquran yang memerintahkan kepada kita untuk bersyukur kepada orang tua yang didahului dengan pemaparan dari Allah SWT terkait perjuangan dan pengorbanan orang tua untuk anak-anaknya, sebagaimana firman-Nya dalam QS Luqman: 14.

Dengan mengingat bagaimana perjuangan dan pengorbanan orang tua kepada kita saat ada dalam rahim ibu, saat dilahirkan, saat balita dan saat kita tumbuh dan berkembang sampai seperti sekarang. Ini akan menjadikan diri kita sadar betapa besar jasa-jasa mereka dan menumbuhkan pada diri kita untuk bersyukur kepada mereka.

Adapun realisasi syukur kepada orang tua bisa diwujudkan dengan mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang tua kita atas kebaikan yang telah mereka berikan kepada kita. Mencintai mereka, menghormatinya, membantunya, mentaatinya pada hal-hal yang tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Berupaya untuk memenuhi apa yang menjadi keinginannya dan mendoakan mereka.

Wallahu a’lam.

 


×