Marcos Llorente. | EPA-EFE/NEIL HALL
10 Jun 2021, 10:41 WIB

Llorente Kena Covid-19, Benzema Cedera

Llorente tak boleh melakukan kontak fisik dengan orang lain minimal 10 hari.

MADRID — Kabar kurang sedap terdengar dari tim nasional Spanyol jelang Piala Eropa 2020. Lagi-lagi, ada penggawa La Roja yang positif Covid-19. Pekan lalu, kapten tim, Sergio Busquets, terjangkit virus tersebut. Sesuai prosedur, Busquets pun menjalani isolasi.

Semua yang pernah berkontak dengannya juga dikarantina di tempat terpisah. Setelahnya, baru dilakukan tes. Hasilnya, sebagian besar negatif. "Hanya Diego Llorente, pemain Spanyol kedua yang dinyatakan positif," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Rabu (9/6).

Alhasil, Llorente pun menyusul Busquets. Mereka tak boleh melakukan kontak fisik dengan orang lain minimal 10 hari, sebelum dilakukan tes lanjutan.

Pertanyaannya, akankah terjadi perubahan dalam line up La Roja? Ini mengingat kurang dari sepekan lagi Piala Eropa 2020 bergulir.

Terkait

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) belum mengumumkan Busquets atau Llorente bakal dicoret. Namun, pelatih Luis Enrique telah memanggil beberapa nama untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

 
Enrique memiliki waktu hingga Sabtu untuk membuat perubahan pada daftar awal susunan pemainnya.
 
 

"Enrique memiliki waktu hingga Sabtu untuk membuat perubahan pada daftar awal susunan pemainnya, jika ada permasalahan cedera, atau terkena Covid," demikian laporan dari Sky Sports.

Baik Busquets maupun Llorente dipastikan absen saat tim Matador tampil di laga perdana Grup E kontra Swedia. Duel tersebut berlangsung di Stadion Olimpiade, Sevilla, Selasa (15/6) dini hari WIB.

Lima hari berselang, Spanyol bertemu Polandia. Mereka bisa saja telah sembuh sebelum partai tersebut, tapi harus menjalani latihan kebugaran terlebih dahulu, agar bisa diturunkan. Alhasil, sejumlah nama siaga satu.

Sewaktu-waktu para pelapis ini bisa naik kelas. Ada Rodrigo Moreno, Pablo Fornals, Carlos Soler, Brais Mendez, Raul Albiol, juga Kepa Arrizabalaga.

Benzema cedera

Kondisi kurang menyenangkan juga dialami oleh timnas Prancis. Karim Benzema dikabarkan mengalami cedera serius saat bertanding di laga persahabatan kontra Bulgaria, Rabu (9/6) dini hari WIB. Akibatnya, ia terancam tak tampil di Euro 2020 bersama timnas Prancis. 

Saat menghadapi Bulgaria, striker Real Madrid itu harus ditarik keluar pada menit ke-39 setelah mengeluh kesakitan. Ia bertabrakan dengan pemain lawan, Ivan Turitsov, di depan gawang Bulgaria. 

Dalam laporan Tribalfootball, Rabu (9/6), lutut kanan Benzema terkilir. Ia meminta diganti oleh Olivier Giroud karena merasa tidak kuat melanjutkan pertandingan. 

Ini merupakan pukulan bagi pasukan Les Bleus, mengingat Euro 2020 merupakan pentas pertama bagi Benzema setelah hampir empat tahun tidak dipanggil ke timnas. 

Lini depan Prancis kini bergantung pada peran Olivier Giroud dan Kylian Mbappe. Juara Piala Dunia 2018 itu masih menjadi unggulan jika benar-benar tak diperkuat Benzema. 

Giroud dinilai pantas berperan sebagai ujung tombak. Pengalaman striker berusia 34 tahun itu menjadi modal utama tim besutan Didier Deschamps merebut trofi Euro yang hampir mereka dapatkan pada 2016 lalu.


×