Tim Atletico Madrid merayakan gelar juara liga pada akhir laga LaLiga antara Valladolid dan Atletico Madrid di Jose Zorrilla Stadium, Valladolid, Spanyol, Ahad (23/5) dini hari. | EPA-EFE/Ballesteros

Olahraga

Akhir Menegangkan Liga-Liga Elite Eropa

MU, Liverpool, dan Chelsea, sekaligus berhak tampil di Liga Champions.

MANCHESTER — Liga Primer Inggris musim 2020/2021 sudah berakhir dengan Manchester City keluar sebagai juara. Adapun tiga klub lainnya melengkapi komposisi empat besar, yaitu Manchester United (MU), Liverpool, dan Chelsea, sekaligus berhak tampil di Liga Champions.

Man City sudah memastikan gelar juara 12 Mei lalu ketika pesaing terdekatnya MU kalah dari Leicester City 1-2. Di partai terakhir melawan Everton, Ahad (23/5), the Citizens menang telak 5-0. Gol-gol City dicetak Kevin de Bruyne, Gabriel Jesus, Phil Foden, dan dua gol dari Sergio Aguero.

“Ini benar-benar (musim) berbeda tanpa penonton. Kami sangat beruntung ada orang-orang ketika kami mengangkat trofi. Tidak penuh, tapi itu sesuatu. Jauh lebih baik,” kata pelatih Man City, Pep Guardiola, seusai pertandingan melawan Everton, dikutip dari Skysports, Senin (24/5).

Pada pekan terakhir, posisi MU sebagai runner-up sudah tak mungkin tergusur apa pun hasilnya melawan tuan rumah Wolves. Itu sebabnya, the Red Devils tak punya misi lain selain hanya memenangkan pertandingan. MU akhirnya menang 2-1 atas Wolves.

Pertandingan menegangkan harus dilalui Chelsea, Liverpool, dan Leicester City. Pasalnya, ketiga tim tersebut saling berebut dua sisa tiket Liga Champions. Chelsea kalah 1-2 di kandang Aston Villa. Kekalahan tersebut membuat the Blues merosot ke urutan keempat di klasemen akhir dengan mengemas 67 poin.

Pasukan Thomas Tuchel beruntung karena saingannya, Leicester, juga menelan kekalahan 2-4 atas Tottenham Hotspur sehingga Chelsea tetap finis di empat besar. Adapun Leicester kalah dalam perburuan empat besar karena finis di posisi kelima.

Liverpool sukses memenangkan laga terakhir melawan Crystal Palace. The Reds unggul 2-0 melalui gol yang diborong Sadio Mane. Kemenangan tersebut membuat posisi Liverpool naik ke urutan ketiga di klasemen akhir.

Partai menegangkan juga terjadi pada pekan terakhir Seri A Liga Italia, khususnya untuk perebutan tiket Liga Champions. Ada tiga tim yang saling berebut posisi empat besar hingga laga terakhir, yaitu AC Milan, Juventus, dan Napoli.

Dari tiga tim tersebut, Napoli yang harus keluar dari empat besar karena hanya bermain imbang 1-1 dengan Hellas Verona. Napoli duduk di urutan kelima dengan mengemas 77 poin di klasemen akhir. Juventus yang paling rentan tak lolos ke Liga Champions akhirnya mendapatkan tiket kompetisi tersebut.

Skuad Bianconeri menang 4-1 atas tuan rumah Bologna. Kemenangan tersebut membuat Juve finis di posisi keempat dengan unggul satu poin dari Napoli.

AC Milan menghadapi lawan berat pada pekan terakhir, yaitu Atalanta. Namun, Rossoneri sukses mengalahkan La Dea dengan skor 2-0. Kemenangan tersebut membuat posisi Milan melesat ke urutan kedua klasemen akhir. Hasil ini sekaligus membawa Milan kembali tampil di Liga Champions.

Pemegang gelar scudetto musim ini, Inter Milan. menutup rangkaian musim ini dengan kemenangan 5-1 atas Udinese. Kemenangan tersebut menyempurnakan perayaan angkat trofi scudetto ke-19 skuad Nerazzuri.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat