Sejumlah pemain Timnas Indonesia saat mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (14/2). Pemusatan latihan yang dipimpin oleh pelatih baru Timnas Indonesia Shin tae Yong itu dihadiri 30 pemain yang merupakan bagian dari persiapan | Republika/Putra M. Akbar
04 May 2021, 11:17 WIB

Shin Tae-yong Datang, Timnas Geber Latihan

Timnas telah menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (1/5) malam.

JAKARTA — Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, persiapan tim nasional (timnas) Indonesia untuk mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G makin dimatangkan. Shin Tae-yong yang saat ini sedang menjalani karantina selama lima hari di Jakarta dilaporkan sudah tak sabar untuk melatih.

"Saat ini latihan timnas Indonesia yang sudah berlangsung selama dua hari berjalan dengan baik dan lancar. Para pemain tampak bersemangat dan bekerja keras," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, seperti dilansir dari laman resmi PSSI, Senin (3/5).

Seperti diketahui, Shin Tae-yong yang tiba di Jakarta pada Ahad (2/5) malam WIB langsung menjalani karantina mandiri selama lima hari di hotel di Jakarta. Kedatangan Shin di bandara disambut oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Kepala Tim Medis PSSI Dokter Syarif Alwi.

"Alhamdulillah, pelatih Shin Tae-yong sudah tiba di Jakarta. Dia langsung melakukan test swab PCR dan akan menjalani program karantina mandiri selama lima hari di hotel," kata Iwan.

Terkait

Sementara, timnas telah menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (1/5) malam. Sesi latihan tersebut dipimpin sementara oleh asisten pelatih Nova Arianto.

"Kondisi pemain cukup baik dan prima. Mulai besok serta pekan depan kami akan meningkatkan intensitas latihan," kata Nova.

Nova mengatakan, materi latihan adalah pemulihan kondisi, apalagi sebagian besar pemain baru saja mengikuti turnamen Piala Menpora 2021.

"Program dari Coach Shin Tae-yong, yakni empat hari pertama peningkatan fisik, setelah itu taktikal dan strategi. Harapannya saat masuk materi latihan taktikal dan strategi, pemain sudah siap mengikuti," ujar Nova.

Berkaitan dengan sesi latihan perdana, Iwan mengatakan, para pemain yang menjalani training center (TC) ini merupakan pilihan pelatih Shin Tae-yong.

"Pemain timnas Indonesia yang mengikuti TC kali ini harus menunjukkan performa terbaik. Apalagi, selain menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, skuad Garuda juga akan melakukan dua kali uji coba internasional melawan Afghanistan (25/5) dan Oman (29/5)," katanya.

Iwan berharap para pemain terus bekerja keras demi hasil maksimal di laga kualifikasi Piala Dunia Grup G. "Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih hasil maksimal pada tiga laga melawan Thailand, Vietnam, dan UEA. PSSI terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia," katanya.

Timnas Indonesia saat ini masih menempati posisi lima di klasemen Grup G. Poin maksimal yang bisa diraih timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menang dalam semua laga sisa. Tiket lolos ke babak selanjutnya hanya untuk juara grup dan runner-up, yang saat ini diisi oleh Vietnam (11 poin) dan Malaysia (9 poin).

Berdasarkan jadwal, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni 2021. Kemudian berlanjut melawan Vietnam pada 7 Juni 2021, dan terakhir UEA pada 11 Juni 2021.


×