Menpora Zainudin Amali menyerahkan trofi Piala Menpora kepada pemain Persija Jakarta yang mengalahkan Persib Bandung pada pertandingan leg dua final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021). Pada pertandingan tersebut Persij | ANTARA FOTO

Olahraga

26 Apr 2021, 08:48 WIB

Persija Juara Piala Menpora 2021

Macan Kemayoran Persija menaklukkan Persib Bandung 2-1 pada final kedua.

SOLO – Persija Jakarta memastikan gelar juara Piala Menpora 2021 dengan sempurna. Macan Kemayoran menaklukkan Persib Bandung 2-1 pada final kedua yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Ahad (25/4) malam. Secara keseluruhan, Persija unggul agregat 4-1 setelah memetik kemenangan 2-0 pada final pertama yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4).

Kemenangan ini menjadi kado istimewa bagi pelatih Persija Sudirman. Sehari menjelang final kedua ini, mantan bek timnas sepak bola Indonesia itu berulang tahun ke-52. Sebelum mempersembahkan gelar ini, pria asal Pekanbaru itu juga sempat dikritik oleh pendukung Persija Jakmania akibat awal buruk di Turnamen Piala Menpora 2021.

Persija memulai Piala Menpora dengan hasil minor saat dikalahkan PSM pada laga perdana. Namun, Macan Kemayoran kemudian bangkit dengan mengalahkan Borneo FC 4-0 dan Bhayangkara Solo FC 2-1 untuk menjadi juara Grup B. Tim asuhan kemudian menghadapi Barito Putera di babak delapan besar dan menang dengan skor tipis 1-0. Persija pun kembali menghadapi lawannya di babak penyisihan, PSM, pada babak semifinal. 

Persija harus susah payah menembus final dengan hasil imbang 0-0 pada leg pertama melawan PSM. Hingga akhirnya, Persija lolos ke babak final dengan menaklukkan PSM 4-3 melalui adu penalti pada leg kedua.

Sementara, jalan Persib ke final boleh dibilang mulus. Persib lolos ke babak delapan besar usai keluar menjadi juara Grup D dengan dua kali kemenangan dan satu kali hasil seri. Persib pun melangkah dengan mudah ke semifinal usai menaklukkan Persebaya Surabaya. 

Di semifinal, Persib harus bersusah payah menaklukkan PSS Sleman. Persib harus berjuang mempertahankan keunggulan 2-1 pada leg pertama dengan hasil seri 1-1 pada leg kedua. Hingga akhirnya, Persib bertemu Macan Kemayoran di partai final.

Pangeran Biru antiklimas. Persib yang belum pernah kalah di Piala Menpora harus takluk dari rivalnya, Persija, pada leg pertama dengan dua gol tanpa balas. Tim asuhan Robert Alberts akhirnya harus benar-benar merelakan gelar juara Piala Menpora 2021 kepada Persija usai menelan kekalahan.

Dalam laga yang disaksikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhajri Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Menteri BUMN Erick Thohir di tribun Stadion Manahan, Persib berusaha melancarkan serangan ke lini pertahanan Persija. Namun, tekanan tersebut berhasil diantisipasi oleh pemain Persija.

Persija menciptakan peluang emas pada menit keempat pertandingan melalui penetrasi dari Riko Simanjuntak ke sisi kanan gawang, tapi umpan tarik darinya tidak bisa dimaksimalkan oleh Taufik Hidayat.

Persija kembali mengancam pada menit kedelapan saat Taufik Hidayat lolos dari penjagaan Jufriyanto. Namun, I Made Wirawan bergerak cepat meninggalkan posisinya untuk menghentikan pergerakan Taufik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Persija Jakarta (persija)

Hingga 15 menit pertama, Persib kesulitan menembus lini pertahanan Persija yang rapat dan dalam. Ada tujuh pemain Persija bertahan di area pertahanan.

Osvaldo Haay melakukan penetrasi ke lini pertahanan Persib pada menit ke-20, tapi umpannya ke sisi kanan gawang gagal dimanfaatkan oleh Riko Simanjuntak. Tandukan Riko yang berdiri bebas tanpa penjagaan masih belum menemui sasaran.

Persib harus kehilangan satu pemain saat Bayu Fikri mendapatkan kartu kuning kedua. Ini makin menyulitkan bagi Persib yang sedang mengejar ketertinggalan agregat dua angka.

Pada menit ke-24 peluang kembali didapatkan oleh Persija saat Rohit Chand memberikan umpan kepada Taufik di depan gawang. Namun, sentuhan terakhir Taufik kurang maksimal dan hanya menghasilkan bola gawang bagi Persib.

Di menit-menit akhir, Persib bertahan lebih dalam sebab menerima banyak serangan. Persija yang merasa unggul lantas hanya bermain di belakang hingga akhirnya pemain Persib maju ke depan. Osvaldo kembali mendapat peluang, tapi tembakannya melayang jauh dari sasaran.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PERSIB (persib)

Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Persib kesulitan menembus lini pertahanan Persija dan Persija melewatkan beberapa peluang emas.

Di babak kedua, Persija akhirnya berhasil mencuri angka melalui gol dari Osvaldo Haay pada menit ke-51 melalui umpan yang diberikan oleh Riko Simanjuntak. Persija unggul 1-0. Persib tampak kesulitan dengan 10 pemain.

Persib memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-67 saat mendapatkan hadiah tendangan bebas. Ferdinand mengeksekusi tendangan bola mati, tapi masih meleset dari sasaran.

Persija harus mengganti srategi pada menit ke-73 saat Braif dibawa ke pinggir lapangan setelah mengalami benturan. Ia akhirnya digantikan oleh Ramdani Lestaluhu.

Persib terus melancarkan serangan untuk mengejar ketertinggalan mereka. Persib akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-85 melalui gol Ferdinand Sinaga dengan memanfaatkan tembakan bola mati. Skor pun berubah imbang menjadi 1-1.

Pada pengujung pertandingan Persija mengembalikan keunggulan mereka melalui gol yang diciptakan oleh Riko Simanjuntak dengan memanfaatkan umpan manis dari Osvaldo Haay di depan gawang. Gol ini akhirnya menghentikan perlawanan Persib.


×