Kamera CCTV yang terinteagrasi dengan interkom Comelit | Dok Datascrip

Inovasi

Solusi Keamanan Hunian Pintar

Perangkat IoT saat ini, makin memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

Saat ini, tren pemanfaatan teknologi internet of things (IoT) untuk hunian pintar terus berkembang. Pemanfatan teknologi ini pun kian dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Apabila di awal kehadirannya, IoT untuk tempat tinggal diperlukan untuk jaminan keamanan, kini konsumen memerlukan lebih banyak lagi kemudahan. Mulai dari, kemudahan pengaturan perangkat, efisiensi, hingga memberikan rasa tenang dan kenyamanan.

Datascrip sebagai distributor resmi Comelit, belum lama ini, memperkenalkan produk interkom Comelit sebagai solusi keamanan hunian yang pintar. “Keberadaan interkom pada hunian modern tidak sekadar menjadi alat komunikasi antar tamu dan pemilik hunian. “Saat ini, teknologi yang ada pada interkom membuat pemilik hunian menjadi lebih mudah dan nyaman karena berbagai perangkat yang ada di rumah dapat terintegrasi dengan satu alat,” ujar Amran Nukman HD, selaku  Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI). 

Menurutnya, perangkat audio videophone atau interkom tidak hanya sebagai perangkat komunikasi untuk memantau tamu yang datang, atau berkomunikasi dengan tamu yang ada di pintu masuk. Penggunaan intercom terpadu, seperti Comelit, dapat menjadi sistem keamanan pintar yang mengombinasikan komunikasi audio video, kontrol akses, hingga sistem manajemen video di lingkungan tempat tinggal maupun fasilitas sekitar, dalam satu perangkat.

Sylvia Lionggosari selaku Business Unit Director PT Datascrip menjelaskan, kehadiran Interkom Comelit tidak hanya memastikan sistem keamanan berjalan baik, namun juga memberikan kenyamanan bagi penghuni, di rumah maupun di lingkungan apartemen. “Tidak hanya kualitas produk, Datascrip menjamin layanan purnajual dari Interkom Comelit ini," ujarnya.

Perangkat intercom Comelit dapat terhubung dengan smartphone sehingga dapat melakukan monitoring dan pengaturan dari jarak jauh melalui Comelit Apps yang tersedia di iOS dan Android. Salah satu fiturnya, yaitu Home Away Call Answering dapat memberikan akses untuk berkomunikasi dengan tamu yang datang, meski pemilik hunian sedang berada di luar.

Ketika ada tamu yang datang di depan gerbang rumah atau lobi apartemen, pemilik rumah dapat melakukan videophone melalui perangkat smartphone. Tamu juga bisa memberikan pesan video melalui interkom Comelit ini jika pemilik hunian yang dituju tidak ada jawaban atau berada di luar.

photo
Interkom dapat terkoneksi melalui smartphone. - (Dok Datascrip)

Contoh penerapan Home Away Call Answering telah dilakukan di apartemen mahasiswa The Edge di Leeds, Inggris. Pengunjung disediakan panel LCD layar sentuh intuitif untuk dapat memanggil salah satu dari 131 penghuni apartemen dengan tujuh lantai ini.

The Edge menggunakan Comelit’s multi-user SIP gateway untuk menghubungkan panel interkom yang ada di pintu masuk dengan telepon VoIP di kamar apartemen dan juga smartphone. Dengan begitu, mahasiswa tetap dapat berkomunikasi jika sedang berada di luar apartemen. 

Perangkat interkom Comelit juga dapat terintegrasi dengan sistem akses yang ada di rumah. Sehingga, pengguna dapat mengatur untuk membuka kunci gerbang atau pintu rumah, memberikan kemudahan tamu untuk dapat masuk tanpa harus pemilik rumah ke luar menuju gerbang, atau ketika akan turun ke lobi apartemen. 

Ketika ada tamu berkunjung, kita juga dapat memandu mengakses lift ke unit apartemen yang dituju, dengan fitur Elevator Acces Guidence. Ada pula, teknologi face recognition untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pemilik hunian untuk membuka kunci pintu secara otomatis dengan deteksi wajah. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan wajah pengguna baru, serta mengaktifkan atau menonaktifkan akses. Teknologi ini juga memungkinkan pengiriman notifikasi ke smartphone berupa informasi orang yang menggunakan akses untuk masuk ke rumah. 

Data berupa foto, video dan waktu akses, kemudian dapat disimpan dan berguna jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Untuk memantau kondisi sekitar rumah, kita bisa memanfaatkan fitur public facility monitoring pada interkom Comelit. 

Dengan begitu, pemilik hunian di lingkungan apartemen dapat memantau situasi fasilitas umum seperti tempat olahraga, taman bermain anak, food court, tempat parkir, hingga lobi gedung. Pengelola apartemen juga bisa menggunakan fitur public booking facility untuk menerapkan sistem booking fasilitas yang dipesan sebelumnya. 

photo
Ilustrasi penggunaan interkom di residensial - (Dok Datascrip)

Misalnya, ruang meeting atau lapangan tenis. Saat ada di luar rumah, pemilik juga bisa memantau situasi rumah lewat kamera CCTV yang terhubung dengan Comelit App yang ada di smartphone.    

Apabila terjadi situasi darurat, kita bisa memanfaatkan fitur emergency push button, dengan hanya menekan satu tombol saja. Ada juga fitur audio help point yang dapat dipasang di fasilitas umum. Sehingga pada saat darurat, dengan menekan satu tombol saja maka bagian-bagian terkait dapat langsung dihubungi dan memberikan bantuan segera.

 
Saat ini, teknologi yang ada pada interkom membuat pemilik hunian menjadi lebih mudah dan nyaman karena berbagai perangkat yang ada di rumah dapat terintegrasi dengan satu alat.
Amran Nukman HD, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI). 
 
 

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat