Penyerang Persib Frets Butuan menembak bola ke gawang PSS pada pertandingan Semifinal Pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (16/4) malam. Pada pertandingan Semifinal pertama ini Persib berhasil mengalahkan PSS 2-1. | Wihdan Hidayat / Republika
19 Apr 2021, 11:29 WIB

Persib Tetap Ofensif

Persib lebih memilih main aman.

JAKARTA – Piala Menpora 2021 tak lama lagi akan mencapai puncaknya. Salah satu kontestan partai final akan ditentukan di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4) malam. Persib Bandung akan saling jegal dengan PSS Sleman pada leg kedua semifinal untuk memastikan satu tiket ke fase puncak turnamen pramusim ini.

Kubu Persib dalam posisi lebih diuntungkan berbekal kemenangan 2-1 dalam pertemuan pertama di Stadion Maguwoharjo, kandang Sleman, Jumat (16/4) lalu. Namun, pelatih Maung Bandung Robert Alberts tak mau timnya bergantung pada hasil itu dan memilih bermain aman. Robert justru menjanjikan sebaliknya. 

"Sepak bola adalah permainan menyerang, jadi kami tidak akan hanya bertahan. Menurut saya, Persib juga memiliki permainan menyerang terbaik di turnamen, jadi kami akan meneruskan itu," kata Robert dalam konferensi pers menjelang laga, Ahad (18/4). 

Untuk pemain inti yang tersedia, Robert belum bisa memastikan penyerang Ezra Walian dan Wander Luiz bisa dimainkan pada laga nanti. Ia akan melihat kesiapan keduanya hingga menjelang pertandingan. Namun, dia menegaskan, tidak akan mengambil risiko jika kedua tim belum siap turun. 

Terkait

Kiper Persib I Made Wirawan menambahkan, timnya akan melihat duel ini sebagai pertandingan tunggal yang harus dimenangkan tanpa mengingat-ingat hasil pertemuan pertama. Maung Bandung, kata Made, akan berusaha bermain lebih bagus dibandingkan leg pertama.  Secara personal, penjaga gawang berusia 39 tahun itu bertekad tak mau lagi dibobol PSS. 

 

 

Saya akan berusaha lebih baik lagi supaya bisa clean sheet. 

 

I MADE WIRAWAN, Kiper Persib
 

Di lain pihak, pelatih PSS Dejan Antonic mengatakan, sudah mengevaluasi kesalahan-kesalahan pada pertemuan sebelumnya. Dia menegaskan, Kim Jeffrey Kurniawan dan kawan-kawan menatap laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. 

"Kami akan bermain lebih maksimal dan pasti akan mencari jalan untuk masuk ke final. Kami belajar dari gim pertama untuk bermain lebih fokus dan disiplin besok (hari ini)," ujar dia.

Jika PSS memenangkan laga tersebut dengan selisih satu gol, pertandingan akan berlanjut ke babak penalti. Dejan juga memastikan, timnya sudah dipersiapkan untuk menghadapi penalti. Yang terpenting nanti, kata Dejan, adalah menjaga fokus dan disiplin. 

PSS dipastikan akan tanpa Irfan Bachdim dan Asyraq Gufron pada leg kedua nanti karena belum pulih dari cedera yang didapat dari pertandingan sebelumnya. Selain itu, Dejan juga khawatir karena ada beberapa pemain yang masih harus dilihat kesiapannya pada sesi latihan terakhir. 

"Kami lihat besok (hari ini). Kami akan pilih pemain yang 100 persen siap bertanding," kata dia.


×