Pemain Atletico Madrid Yannick Carrasco (kanan) merayakan kemenangan bersama teman-temannya setelah mencetak angka 0-1 melawan Real Betis di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol pada 11 April 2021. | EPA-EFE/Jose Manuel Vidal

Olahraga

17 Apr 2021, 10:05 WIB

Misi Atletico Jaga Posisi Puncak

Atletico memang perlu segera membenahi pertahanan yang mulai rapuh dalam beberapa bulan terakhir.

 

 

MADRID -- Posisi Atletico Madrid di puncak klasemen terancam diambil oleh dua pesaing terdekatnya Real Madrid dan Barcelona. Los Rojiblancos kini mengemas 67 poin atau hanya unggul satu poin dari Madrid di posisi kedua, serta dua poin dengan Barcelona.

Itu artinya peluang mereka mengangkat trofi La Liga musim ini pun semakin terancam. Atletico harus mengamankan poin penuh di delapan laga sisa jika tak ingin mengakhiri musim dengan rasa penyesalan. Mereka tak boleh santai mengingat performa apik Madrid dan Barcelona kini telah kembali.

Pada pekan ke-33, Atletico akan menjamu tim peringkat terbawah Eibar, di Stadion Wanda Metropolitano, Ahad (18/4) malam WIB. Ini kesempatan bagi Atletico menjaga puncak klasemen dari genggaman. Di atas kertas, semestinya Atletico tak akan kesulitan meraih poin penuh dari tim asal Basque itu.

Analisis Marca, dikutip dari football espana, Jumat (16/4) mengungkapkan Atletico memang perlu segera membenahi pertahanan yang mulai rapuh dalam beberapa bulan terakhir. Pada awal musim, pertahanan Atletico sangat kokoh dengan kebobolan lima gol dalam 14 pertandingan awal La Liga atau setara dengan 0,35 gol per pertandingan.

Setelah itu pertahanan mereka merosot yaitu kebobolan 15 gol dalam 16 pertandingan atau setara 0.93 per laga.

Maka dari itu menghadapi delapan sisa pertandingan, Atletico harus memperkuat kembali lini belakang jika ingin mengangkat trofi La Liga pertama kalinya sejak 2014.

Atletico unggul 10 poin dari atas rival terdekatnya pada awal Februari namun seiring menurunnya performa mereka kini hanya berjarak satu poin dengan Madrid. Ditambah fakta bahwa Joao Felix cs cuma memenangkan satu dari empat pertandingan terakhir.

Kapten Atletico Koke mengeklaim mental timnya tetap kuat meski sedang dalam posisi tertekan. Ia menegaskan, Atletico masih menduduki puncak klasemen. Timnya pun tak akan menjadikan cedera pemain inti sebagai dalih kesiapan menghadapi pertandingan.

"Kami merasa kuat, kami memiliki grup yang hebat dengan pemain top dan jika kami tetap kuat secara mental maka kami akan mencapai tujuan kami,” ujarnya, dilansir dari Gulf News, Jumat (16/4).

Banyak yang memprediksi mungkin Eibar akan menjadi santapan empuk Atletico untuk meraih poin penuh. Tetapi kedatangan Eibar membawa misi besar yaitu terlepas dari zona degradasi. Mereka berjarak empat poin dari posisi aman. Oleh karena itu, semangat jelas melebihi dari sekadar memenangkan pertandingan.

Bek Eibar Paulo Oliveira sadar laga nanti bak bumi dan langit yaitu antara tim peringkat teratas dan terbawah. Tetapi dia memperdulikan hal tersebut karena yang terpenting saat ini adalah membawa Eibar keluar dari zona degradasi.

“Ini akan menjadi tim teratas versus tim di tempat terakhir, jadi wajar jika Atlético dipandang sebagai favorit, tetapi ini bukan pertama kalinya kami mengambil poin atau bahkan menang dari pertandingan seperti ini,” kata Oliveira dilansir dari First Post.


×