Pemain Arsenal Dani Ceballos (kiri) membawa bola dalam pertandingan bola melawan Sheffield pada 11 April 2021. | EPA-EFE/Tim Keeton

Olahraga

15 Apr 2021, 19:27 WIB

The Gunners Arsenal Mencari Gol di Praha

Arsenal berada di posisi yang kurang menguntungkan di Liga Primer Inggris saat ini

 

 

 

LONDON -- Arsenal bertekad menjaga harapan mereka di Liga Europa musim ini saat melakukan perjalanan ke Praha, untuk leg kedua perempatfinal Liga Europa melawan Slavia Praha, Jumat (16/4). The Gunners yang tinggal semenit lagi membawa kemenangan 1-0 di di leg pertama, digagalkan oleh gol Tomas Holes pada akhir laga untuk mengubah skor menadi 1-1 dalam pertandingan di Emirates Stadium.

Gol Tomas Holes itu pun membuat skuad asuhan Mikel Arteta tersebut kembali gagal memanfaatkan peluang di leg pertama. Oleh karena itu Arteta mengingatkan pemainnya untuk lolos ke semifinal bahkan bisa juara Liga Europa, demi mendapatkan jatah tiket ke kompetisi Eropa musim dengan. Arsenal berada di posisi yang kurang menguntungkan di Liga Primer Inggris saat ini, dengan berada di peringkat sembilan, sehingga harapan untuk bisa ke Eropa musim depan cukup kecil.

Berkaca pada leg pertama, pemain Arsenal harus mampu tampil lebih efektif dalam memanfaatkan peluang. Aubameyang, Bukayo Saka dan Alexandre Lacazette, membuang peluang emas untuk bisa membuat Arsenal menang. Walaupun, kemenangan 3-0 atas Sheffield United di Liga Inggris, sedikit meredakan situasi panik klub asal London tersebut. Hasil itu mengakhiri empat laga tak pernah menang secara beruntun buat Arsenal, dan untuk pertama kalinya meraih clean sheet dalam 14 pertandingan terakhir.

''(Slavia) adalah lawan yang sangat bagus. Mereka telah mengalahkan beberapa klub besar dan mereka sulit untuk dihadapi. Kami perlu memenangkan pertandingan. Visinya adalah menang. Kami harus mencetak gol, seperti yang kami lakukan sebelumnya dan kami harus melakukannya lagi,'' ujar Arteta, dikutip dari laman resmi Uefa, Rabu (14/4).

Namun, untuk bisa meraih kemenangan di Eden Arena bukan perkara mudah. Skuad asuhan Jindrich Trpisovky itu sudah 23 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi. Slavia juga belum pernah kalah di kandang musim ini, dengan 11 kemenangan dan dua kali imbang. Dua tim yang mencegah Slavia meraih kemenangan di kandang tersebut adalah Leicester City dan Glasgow Rangers di fase sebelumnya di Liga Europa.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arsenal Official (arsenal)

Apalagi, Slavia ingin mencatatkan sejarah untuk bisa kembali ke semifinal Liga Europa sejak terakhir kali merasakannya pada musim 1995/96. Dengan catatan hanya dua kali Slavia gagal mencetak gol di kandang musim ini, Arteta mesti memikirkan bagaimana caranya membuat lini serang the Gunners efektif. 

''Kami mendapatkan hasil menjanjikan untuk leg kedua, dan kami punya peluang menyelesaikan pekerjaan di kandang. Arsenal harus mencetak gol dan kami harus menghindari gol seperti yang lewat set-piece kami. Penampilan bertahan kami harus sempurna,'' tegas Trpisovsky.

Slavia juga sedikit bisa bermain lepas, usai mengalahkan Sparta Praha di liga, yang membuat posisi di puncak klasemen kian aman dengan kemenangan 2-0. Oleh karena itu, tuan rumah ingin menjaga peluang untuk bisa meraih treble dengan mengatasi Arsenal lebih dulu di perempatfinal. Walaupun Slavia juga mesti waspada, karena kemenangan atas Sheffield membuat skuad Arsenal mendapatkan kepercayaan diri mereka kembali.


×