Ilustrasi optimalisasi jaringan memasuki Ramadhan dan menjelang Lebaran | Tahta Aidilla/Republika
13 Apr 2021, 13:29 WIB

Sambut Ramadhan dengan Perkuat Jaringan

Optimalisasi jaringan dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan.

Bulan Ramadhan telah di depan mata. Sama seperti tahun lalu, Ramadhan kali ini, masyarakat juga dianjurkan untuk tetap di rumah mengingat pandemi Covid-19 belum berlalu.

Untuk menyambut Bulan Suci kali ini, PT XL Axiata Tbk memastikan pelanggan dapat mengakses layanan secara nyaman. Caranya, dengan memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di semua area layanan.

Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses menjelaskan, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Ramadhan yang disusul Lebaran selalu menjadi momen yang spesial bagi XL. “Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadhan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat,” ungkapnya.

photo
Ilustrasi optimalisasi jaringan broadband - (Dok XL Axiata)

Tahun ini, David melanjutkan, kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, termasuk adanya pelarangan mudik. Menurutnya, trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa.

Terkait

Kenaikan juga akan terjadi lebih besar saat memasuki masa libur Lebaran. Untuk itu, XL Axiata telah menyiapkan jaringan yang bisa mengakomodir semua peningkatan trafik tersebut dengan menambah kapasitas hingga 200 persen, dibandingkan kapasitas harian.

Selain itu, optimalisasi jaringan juga dilakukan dengan melihat kemungkinan pergerakan masyarakat atau pelanggan. “Kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat Lebaran akan menjadi arahan untuk lebih memperkuat jaringan di area pemukiman, tanpa mengurangi kualitas jaringan di lokasi-lokasi wisata,” ungkap David.

Layanan-layanan digital yang bisa membantu pelanggan beribadah serta bersilaturahmi, ia melanjutkan, diperkirakan akan banyak diakses masyarakat. Aplikasi-aplikasi yang mengediakan e-book, juga kemungkinan akan banyak diakses guna mendapatkan Al Quran atau buku-buku agama versi digital.

Aplikasi yang memungkinkan masyarakat bersilaturahmi secara daring juga kemungkinan akan semakin banyak diakses. Tradisi Ramadhan dan Lebaran memang selalu mendorong masyarakat untuk mempererat silaturahmi.

Oleh karena itu, aplikasi yang memungkinkan pertemuan beramai-ramai seperti untuk sekolah daring, akan dimanfaatkan juga untuk silaturahmi keluarga dan komunitas di bulan puasa. Kenaikan trafik, diperkirakan juga akan terjadi pada aplikasi-aplikasi yang menyediakan sarana hiburan dan gaya hidup, terutama streaming musik, film, video, dan gim.

Fokus Lonjakan Trafik 

Momen Ramadhan dan Lebaran, selalu diisi dengan lonjakan trafik layanan digital. Tahun ini, Telkomsel memfokuskan optimalissai jaringannya di wilayah dengan potensi lonjakan trafik yang tinggi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengungkapkan, Telkomsel sebagai digital connectivity enabler berkomitmen menghadirkan layanan bernilai tambah. “Hal ini diharapkan dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk terus terhubung dan tetap nyaman dalam menjalin silaturahmi,” ujarnya. 

Menurut Nugroho, Telkomsel mengupayakan hal tersebut melalui rangkaian pengamanan jaringan dan optimalisasi pelayanan. Pada momen Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) tahun ini, pengamanan operasional jaringan akan difokuskan di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan Covid-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik. 

Secara keseluruhan, optimalisasi kualitas dan kapasitas jaringan tersebut akan difokuskan di 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 255 area residensial, 21 rumah sakit rujukan Covid-19, 43 area transit transportasi utama, seperti bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan. Selain itu, optimalissai juga dilakukan di 196 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta tujuh rumah ibadah besar. 

Menurut Nugroho, Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen Rafi 2021 jika dibandingkan dengan hari normal. Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen. 

Proyeksi tersebut, didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital. Telkomsel pun secara proaktif menjalankan berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (Cpmbat) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps. 

Selain itu, hingga April 2021, Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru. Sehingga secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236 ribu unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. 

Selain mematangkan infrastruktur di titik-titik dengan potensi pertumbuhan trafik komunikasi yang siginfikan, Telkomsel juga menjalankan uji jaringan untuk memastikan kualitas dan kestabilan dari jaringan. Pada uji jaringan tahun ini, total jarak tempuh dari inisiatif pengujian jaringan, mencapai 15.135 kilometer yang meliputi 57 ruas tol termasuk sejumlah ruas yang baru beroperasi di seluruh wilayah di Indonesia. 

photo
Persiapan jaringan untuk Ramadhan 2021 dari Telkomsel - (Dok Telkomsel )

Produk Ramadhan

Sebagai bentuk dukungan agar masyarakat dapat terhubung lebih lama di bulan puasa, pekan lalu, IM3 Ooredoo menghadirkan Freedom Internet dengan diskon hingga 40 persen yang bisa didapatkan di berbagai kanal pembelian, seperti MyIM3, *123#, e-commerce, minimarket, perbankan, maupun mitra penjualan IM3 Ooredoo.

Ritesh Kumar Singh selaku Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo mengatakan, selama setahun pandemi, telah mengajarkan kita bahwa banyak hal yang sewaktu-waktu bisa hilang. “IM3 Ooredoo pun berkomitmen memenuhi kebutuhan komunikasi dan digital. Sehingga masyarakat dapat memaknai Ramadhan dengan dan terhubung lebih lama dengan mereka yang terdekat,” ujarnya.

Melalui paket Freedom Internet yang simpel, jujur, dan transparan, pelanggan bisa menjalin silaturahmi dan internetan sepuasnya 24 jam dengan 100 persen kuota utama selama Ramadhan. Cara untuk mendapatkan promo ini adalah melalui aplikasi myIM3 yang bisa diunduh di Google Play Store atau AppStore.

photo
Program Ramadhan 1442 H - (Dok Indosat Ooredoo)

Mengisi Ramadhan dengan produk baru juga dilakukan Smartfren dengan menghadirkan Extra Unlimited Malam Full Speed. Smartfren juga turut menghadirkan rangkaian kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah yang memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan konten berfaedah dan menginspirasi kebaikan.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim, menjelaskan, pandemi yang masih berlangsung bukanlah halangan untuk menjalani Ramadhan dengan penuh makna. “Ada banyak hal positif dan berfaedah yang bisa kita lakukan bersama dengan memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Tahun ini, Djoko melanjutkan, Smartfren bersama Arief Muhammad dan Anya Geraldine mengajak anak-anak muda menciptakan konten berfaedah di media sosial, serta ikut mendukung kokreasi dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa.

Hasilnya nanti akan disalurkan melalui Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan digunakan untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas. Termasuk juga, memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, serta mendukung pembangunan rumah baca.

Menurut Djoko, selama ini para pelanggan Smartfren selalu menjadikan sahur sebagai momen paling ditunggu ketika memulai puasa. Karena itu Smartfren memberikan Extra Unlimited Malam Full Speed, mulai jam 01.00 – 05.00 WIB.

Keuntungan ini didapatkan secara gratis, sekaligus menambah manfaat yang sudah didapatkan sebelumnya, yaitu internetan 24 jam di jaringan 100 persen 4G LTE. 

 

 
Trafik jaringan diperkirakan akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa.
David Arcelus Oses, Direktur Komersial XL Axiata
 

 

 

 

 

 

 


×