Pemain tengah Porto Mateus Uribe (tengah) menendang bola yang dibayangi pemain Chelsea dalam perempat final liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan Seville, Andalusia, Spanyol, 07 April 2021. | EPA-EFE/JOSE MANUEL VIDAL

Olahraga

Misi Chelsea Tuntaskan Langkah

Chelsea mengincar kemenangan atas Porto di leg kedua perempat final Liga Champions.

SEVILLA — Chelsea akan menuntaskan langkahnya lolos ke semifinal Liga Champions musim ini ketika melakoni laga kandang di leg kedua babak perempat final melawan Porto di Stadion Ramon Sanchez-Pizjuan, Seville, Spanyol, Rabu (14/4) dini hari WIB. Satu kaki the Blues sudah ada di semifinal berkat kemenangan tandang 2-0 pada leg pertama.

Kemenangan Chelsea atas Crystal Palace di Liga Primer Inggris akhir pekan lalu membuat mereka meraih dua kemenangan berturut-turut pascakekalahan dari West Brimwich Albion sejak kepelatihan Thomas Tuchel. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu pun senang atas respons pemainnya tersebut.

Tuchel mengincar kemenangan atas Porto di leg kedua perempat final Liga Champions. Ia tak ingin pasukannya bersantai-santai karena laga hidup mati akan dilakoni empat hari setelah kemenangan dari Palace. Pelatih asal Jerman itu tak ingin menyia-nyiakan keunggulan agregat 2-0 atas Porto lolos ke semifinal.

“Kami menjalani hari yang sangat bagus melawan Crystal Palace. Ini adalah langkah besar bagi kami untuk meraih kemenangan. Namun, pada Selasa tantangan dimulai lagi dengan Porto. Sampai saat itu, semua orang sangat ingin menunjukkan bahwa mereka siap untuk mendapatkan kesempatan beberapa menit,” kata Tuchel, dikutip dari laman resmi klub, Senin (12/4).

Kai Havertz tampil mengesankan melawan Palace. Ia mencetak satu gol dan satu assist dalam kemenangan 4-1 Chelsea atas Palace. Dan Tuchel tak akan meragukan kontribusinya membantu Chelsea di kompetisi Eropa. Menurut dia, Havertz telah menunjukkan kemampuannya ketika melawan Everton, Liverpool, dan Porto.

Karena itu, Tuchel diprediksi akan memasang Havertz sebagai salah satu pemain kunci menyingkirkan Porto, Rabu nanti. Namun, Porto tak harus fokus pada Havertz karena Tuchel mengeklaim seluruh pemainnya sedang dalam performa bagus.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Chelsea FC (chelseafc)

Dilansir dari Sportsmole, Chelsea dinilai memiliki kedalaman skuad yang kuat di bawah Tuchel. Tak adanya pemain Chelsea yang cedera ditambah dengan tekad mempertahankan keunggulan agregat dinilai resep sempurna melawan Porto.

Tugas Porto lolos ke semifinal memang lebih berat daripada Chelsea. Selain kalah agregat 2-0, tim asal Portugal tersebut selalu kesulitan melewati fase perempat final. Mereka tak pernah lolos semifinal sejak musim 2003/2004.

Meski selalu gagal melewati perempat final dalam beberapa tahun terakhir, kemenangan bersejarah atas Juventus pada babak 16 besar patut diwaspadai oleh Chelsea. Peluang masih terbuka bagi Porto meski harus mencetak setidaknya dua gol.

Jelang leg kedua, Porto juga meraih modal bagus di liga domestik dengan kemenangan 2-0 atas Tondela. Pelatih Porto Sergio Conceicao senang dengan performa pemainnya jelang melawan Chelsea. Ia hanya ingin sedikit meningkatkan daya serangan timnya.

Melawan Chelsea, kata Conceicao, penting untuk menyiapkan strategi tepat. Ia juga memastikan pemain terbaik akan diturunkan. Ia akan mengeluarkan seluruh kemampuannya guna membalikkan keunggulan.

“Kami kompeten di Seville dan persiapan untuk leg kedua melawan Chelsea dimulai malam ini,” ujarnya seusai laga melawan Tondela, dikutip dari laman resmi klub.

Gelandang Porto Marko Grujic adalah salah satu pemain yang sulit menerima kekalahan pada leg pertama. Ia tak terima dengan hasil akhir. Karena sepanjang laga, menurut dia, Porto menunjukkan kualitas permainan yang bagus. Ia pun bertekad membalikkan keadaan pada leg kedua.

Leg kedua kami akan mencoba membalikkan keadaan. Porto harus menunjukkan di Liga Champions UEFA bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Dengan semangat dan persiapan yang hebat, tidak ada yang mustahil,” katanya dikutip dari laman resmi UEFA.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat