Warga Pakistan berbuka puasa Ramadhan saat berada di luar gedung bersejarah Lahore Fort, Kamis (30/4/2020). | K.M. Chaudary/AP

Cahaya Ramadhan

‘Ramadhan, Waktu yang Tepat untuk Membantu’

Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk membantu orang lain.

 

OLEH ZAHROTUL OKTAVIANI

Paket berisi bahan makanan berjejer rapi di toko kelontong maupun swalayan di Karachi, Pakistan. Pandemi Covid-19 maupun peningkatan inflasi seolah tak menghalangi pelanggan melangkahkan kaki ke sana.

Tujuan mereka tak lain membeli stok makanan untuk Ramadhan. Banyak paket telah dibungkus rapi. Kotak lentil, tepung, beras, minyak goreng, teh, rempah-rempah, minuman, dan makanan lainnya, diatur sedemikian rupa dalam rak di swalayan yang luas, di distrik timur kota.

Para pelanggan membeli lebih banyak bahan pangan dari biasanya. Makanan-makanan tersebut bukan hanya untuk konsumsi mereka sendiri, melainkan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Penurunan ekonomi di sana berdampak pada mereka yang berada di bawah garis kemiskinan atau hampir 25 persen dari 210 juta penduduk Pakistan. Ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan selama setahun terakhir karena Covid-19, sebagai akibat dari bisnis yang terpukul.

"Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk membantu orang lain," kata salah satu pelanggan swalayan di Karachi, Mohammad Yunus, dikutip dari Daily Times, Ahad (11/4).

Yunus adalah salah satu dari jutaan orang Pakistan yang membagikan ransum, sedekah, serta pakaian kepada mereka yang kurang beruntung pada Ramadhan. Dia telah membagikan makanan untuk 15-20 orang pada malam Ramadhan selama bertahun-tahun.

 
Tahun ini saya berencana untuk melipatgandakan jumlahnya. Kami berkewajiban untuk memberi mereka bantuan selama bulan suci.
 
 

“Tapi tahun ini saya berencana untuk melipatgandakan jumlahnya. Kami berkewajiban untuk memberi mereka bantuan selama bulan suci," ujarnya.

Adanya peningkatan pembelian memberikan harapan bagi para pedagang untuk sedikit memperbaiki bisnis yang lesu. Salah seorang pedagang, Anas Sultan, sangat mengharapkan penjualannya meningkat pada Ramadhan kali ini.

"Kami mengurangi tenggat waktu kredit untuk pengecer kecil karena mereka dalam masalah," kata dia.

Di sisi lain, kebanyakan orang Pakistan lebih suka membayar zakat mereka selama Ramadhan. Mereka berharap aktivitas tersebut mendatangkan lebih banyak pahala dari Allah SWT. Di Pakistan, pengelolaan zakat diamanatkan dan dikumpulkan oleh pemerintah.

Selain membantu masyarakat yang kurang mampu, adanya zakat juga membantu kegiatan amal yang dijalankan sepanjang tahun. Lembaga-lembaga yang telah diakui berupaya membantu membendung beban ekonomi kelompok berpenghasilan rendah.

 
Kebanyakan orang Pakistan lebih suka membayar zakat mereka selama Ramadhan.
 
 

Salah satu lembaga, Yayasan Al-Khidmat, berupaya menjalankan rantai rumah sakit amal di seluruh negeri. Mereka memiliki fasilitas modern di daerah gurun selatan Thar dan berencana memberikan jatah makanan kepada 500 ribu orang di seluruh negeri selama Ramadhan.

"Fokus kami ada di daerah terpencil dan orang-orang yang terkena dampak Covid-19," kata Presiden Yayasan Al-Khidmat, Abdul Shakoor. 

Dia menyebut 10 persen dari anggaran tahunan organisasinya dipenuhi melalui zakat. Yayasan tersebut juga melaksanakan beberapa proyek, terutama penyediaan air bersih. Proyek ini bekerja sama dengan badan bantuan pemerintah Turki, yaitu Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA).

Menurut dia, kebiasaan berbagi atau beramal telah tertanam dalam darah orang Pakistan. “Hampir setiap orang Pakistan, dengan satu atau lain cara menyumbangkan sesuatu," kata Shakoor. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.