Pemain belakang Barcelona Serginho Dest (kiri) merayakan kemenangan dengan pemain Barca lainnya setelah mencetak gol 0-2 melawan Real Sociedad di Stadion Reale Arena San Sebastian, Basque Country, Spanyol, 21 maret 2021. | Javier Etxezarreta/EFE

Olahraga

05 Apr 2021, 07:09 WIB

Kans Barca Tempel Atletico

Barca tak bisa memandang remeh Atletico yang sedang berusaha menjauhi zona merah.

KATALUNYA – Barcelona bertekad mencatatkan rekor enam kemenangan beruntun di La Liga Spanyol saat menjamu Real Valladolid di Camp Nou, Selasa (6/4) dini hari nanti WIB. Skuad asuhan Ronald Koeman itu saat ini berada di peringkat tiga klasemen.

Hingga tulisan ini dibuat, Barca masih berjarak empat poin dari Atletico Madrid yang ada di puncak Liga Spanyol. Atletico sendiri bertemu dengan lawan berat, Sevilla, Senin (5/4) dini hari tadi WIB.

Laga kontra Valladolid menjadi peluang besar Barcelona agar kembali naik peringkat setelah digeser Real Madrid yang menang 2-0 atas Eibar, akhir pekan kemarin.

Di sisi lain, Valladolid sedang mengalami masalah konsistensi setelah menempati posisi 16, tiga poin dari zona degradasi. Ditambah lagi, rekor Blaugrana atas Valladolid juga cukup mentereng dengan selalu menang dalam lima pertemuan terakhir di liga. Bukan itu saja, Barca juga belum terkalahkan oleh Valladolid dalam 13 pertandingan terakhir di Camp Nou.

Atas fakta-fakta yang ada, tiga poin semestinya bukan masalah besar bagi Lionel Messi cs. Koeman juga telah mendapatkan kabar baik dari kembalinya Ronald Araujo dan Sergi Roberto ke skuad-nya. 

Hadirnya dua pemain itu membuat Koeman punya banyak pilihan dalam menentukan skema permainan terbaik. Walaupun, bisa jadi, Frenkie de Jong bakal menjadi korban kembalinya Sergi Roberto. Selain itu, pulihnya pemain bertahan, Araujo dan Gerard Pique, meski belum 100 persen, diyakini membuat Koeman lebih tenang menerapkan permainan menyerang.

Meskipun, Koeman mengakui, timnya saat ini sudah mampu tampil lebih agresif dan efektif dalam memanfaatkan peluang. ''Kami mampu menekan lawan lebih baik. Kami telah meningkatkan agresivitas tanpa terlalu banyak memainkan bola. Kami selalu menciptakan banyak peluang, tapi kami telah meningkat dalam aspek yang berbeda,'' kata Koeman, dikutip dari Independent, Ahad (4/4).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FC Barcelona (fcbarcelona)

Walaupun punya segudang aspek positif jelang menghadapi Valladolid, Barcelona tetap tak boleh jemawa. Valladolid sedang berjuang tidak terjun ke zona degradasi dan sudah empat pertandingan tak terkalahkan, imbang dengan Celta Vigo, Osasuna, dan Sevilla serta mengalahkan Getafe sejak kalah 0-1 atas Real Madrid pada 20 Februari lalu. Selain itu, Valladolid juga baru lima kali kalah dalam 14 pertandingan tandang di liga musim ini.

Pelatih Valladolid, Sergio Gonzalez, berharap timnya bisa memberikan kejutan untuk tuan rumah. Meskipun, timnya dihantam oleh virus korona dan masalah cedera yang memaksa mereka tampil tanpa 12 pemain untuk pertandingan ini. Ia mengatakan, situasi timnya saat ini sangat rumit dan terus berusaha meyakinkan pemainnya untuk tetap tampil baik. Sergio tak ingin menyerah dan tetap berharap bisa mendapatkan poin dari Camp Nou.

''Kami tahu betapa bagusnya lawan, tapi kami datang ke pertandingan dengan harapan dan usaha untuk mendapatkan hasil positif. Kami harus yakin dengan rencana kami untuk pertandingan dan berusaha membuat kejutan,'' tegas Sergio, dikutip dari Barca Blaugranes, Ahad (4/4).

Menurut dia, dua pekan terakhir ini sangat sulit untuk tim karena absennya pemain akibat terjangkit Covid-19. Selain itu, ada beberapa pemain yang cedera, seperti Weissman, El Yamiq, dan Fede. Padahal, ia berharap, dua pekan selama jeda internasional ini bakal menjadi proses pemulihan energi timnya untuk bangkit dalam 10 pertandingan terakhir. ''Ini jadi pekan yang sulit,'' kata Sergio.

 


×