Pelajar menggunakan gawai untuk keperluan belajar di Kampung Atkari, Distrik Misol Utara, Kabupaten Raja Ampat, Kamis (4/2/2021). Jaringan Telkomsel di Papua Barat saat ini melayani sekitar 90 persen wilayah 3T dan mendukung digital lifestyle dengan mengh | ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
18 Mar 2021, 17:12 WIB

Perluas Konektivitas di Timur Indonesia

Akses konektivitas internet, kini telah menjadi kebutuhan semua masyarakat. 

Disparitas akses internet, saat ini masih menjadi persoalan di masyarakat. Besarnya kebutuhan akan akses internet, terutama sejak masa pandemi, membuat pemerataan akses internet kini makin terasa urgensinya. 

Pada Kamis (18/3), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui layanan fixed broadband, menghadirkan program akses internet untuk mendukung aktivitas, kreativitas, dan produktivitas, masyarakat Papua. Program bertajuk IndiHome Wonderful Papua ini, diawali dengan peresmian 10 Wifi Corner (WiCo) di beberapa kota di Papua. 

Di antaranya, Merauke, Wamena, Timika, Raja Ampat, Sorong, dan Manokwari. Peresmian program IndiHome Wonderful Papua dilakukan Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana R, bersama Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko. Peresmian dilaksanakan secara hibrid, di mana sebagian peserta hadir di Kampung Sereh, Kabupaten Jayapura, dan sebagian lainnya mengikuti acara tersebut, melalui jaringan internet. 

"Akses internet sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Konsumsi internet kini bahkan sudah setara dengan kebutuhan fisiologis, layaknya makan dan minum,” ujar Venusiana saat meresmikan WiCo Papua. 

Terkait

Menurutnya, Telkom sebagai BUMN, berharap dapat memberi kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat yang ada Papua. “Ke depannya, kami menargetkan sebanyak 50 Wifi Corner dapat beroperasi di Papua. Dengan semakin meratanya akses internet di Indonesia, maka semakin siap masyarakat Indonesia untuk menyongsong Indonesia Maju,” ungkap Venusiana.

Untuk menggaungkan digitalisasi di Kawasan Timur Indonesia tersebut, IndiHome Wonderful Papua juga menghadirkan beragam aktivitas sosial, kebudayaan, pendidikan hingga pariwisata sebagai wujud dari pemberdayaan masyarakat Papua. Program yang dilaksanakan oleh Telkom Regional VII Kawasan Timur Indonesia ini, bertujuan mengenalkan kebudayaan dan keindahan Papua. Temasuk juga, dalam menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua. 

Fokus pada Wilayah Rural

photo
Ilustrasi jaringan 4G LTE di wilayah 3T - (Dok Telkomsel )

Upaya pemerataan akses telekomunikasi dan konektivitas juga dilakukan Telkomsel dan Huawei Indonesia, bersama Pemerintah melalui BAKTI Kominfo RI. Kolaborasi ini menghadirkan jaringan broadband 4G LTE di kawasan-kawasan pelosok di Tanah Air, dengan menghadirkan sekitar 1.000 base transceiver station (BTS) Universal Service Obligation (USO), di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) 

Melalui perluasan jaringan dan konektivitas broadband di kawasan-kawasan Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) ini, masyarakat setempat yang semula terkendala konektivitas dalam melakukan aktivitas belajar-mengajar secara daring, diharapkan dapat belajar dengan lancar.

Juanita Erawati selaku VP Network Development Telkomsel menjelaskan, selain membantu dunia pendidikan di kawasan 3T dengan terselenggaranya PJJ, peningkatan teknologi jaringan ini diharapkan juga mampu mendorong transformasi digital masyarakat. “Harapan kami, teknologi //broadband// dan digital yang telah tersedia di wilayah 3T ini juga dapat mengembangkan dan memberdayakan aktivitas perekonomian serta sosial budaya masyarakat setempat,” ujarnya. 

Senada, Project Manager Huawei Indonesia Yang Jiang, mengungkapkan, sinergi dengan Telkomsel ini, telah menjadi bagian dari komitmen Huawei dalam mendukung tercapainya visi Indonesia menjadi salah satu negara maju melalui tersedianya infrastruktur teknologi. “Secara global, Huawei memiliki komitmen untuk terus meningkatkan inklusi teknologi digital di berbagai sektor, termasuk pendidikan,” ujarnya. 

Di Indonesia, Juang melanjutkan, sinergi bersama Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas broadband untuk mendukung PJJ maupun aktivitas ekonomi, sosial dan budaya masyarakat di wilayah perdesaan di Sumatera, NTT dan NTB, akan melengkapi program-program yang telah kami hadirkan sebelumnya bersama para pemangku kepentingan lainnya, untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.

 
Dengan semakin meratanya akses internet, maka semakin siap masyarakat menyongsong Indonesia Maju. 
Venusiana R, Direktur Consumer Service Telkom FM
 
 

 

 


×