Penyerang Real Madird Karem Benzema merobek gawang lawan dalam sebuah pertandingan belum lama ini. | EPA-EFE/JuanJo Martin

Olahraga

Formasi Tiga Bek Loloskan Madrid

Madrid menggunakan strategi itu ketika mengalahkan Elche 2-1 pada pertandingan La Liga, akhir pekan lalu.

MADRID — Real Madrid melenggang mulus ke babak perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan Atalanta dengan agregat 4-1. Kemenangan 3-1 Los Blancos pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Alfredo Di Stefano, Rabu (17/3) dini hari WIB, melengkapi keunggulan 1-0 pada leg pertama di kandang Atalanta.

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane rupanya mempertahankan formasi tiga bek dalam laga tersebut. Skema tiga bek dalam formasi 3-4-2-1 atau 3-4-3 mempermudah sebuah tim dalam transisi menyerang dan bertahan. Para pengguna skema tiga bek pun menampilkan permainan yang cukup meyakinkan. Skema tiga bek tidak hanya memberi kekokohan dalam bertahan. Ini juga bisa memperkuat serangan merobek gawang lawan.

Dalam merealisasikan formasi tiga bek, Madrid memasang Sergio Ramos, Raphael Varane, dan Nacho sebagai starter. Strategi itu digunakan Zidane ketika Madrid mengalahkan Elche 2-1 pada pertandingan La Liga, akhir pekan lalu.

Madrid unggul 1-0 pada babak pertama melalui gol Karim Benzema. Sang kapten Sergio Ramos menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat titik putih pada menit ke-60. Luis Muriel sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 sebelum Madrid menutup laga dengan kemenangan 3-1 berkat gol penutup Marco Asensio.

Zidane menilai kunci kemenangan timnya karena pertahanan bekerja mereka sangat baik, meskipun menggunakan tiga bek. Agresivitas permainan Atalanta seolah membentur tembok tebal. Pelatih asal Prancis ini menambahkan, pemainnya juga tahu bagaimana menyelesaikan serangan menjadi gol ketika mengendalikan bola.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Real Madrid C.F. (realmadrid)

Namun, Zidane menegaskan, lolos ke perempat final tak berarti apa pun. "Kami belum mencapai apa-apa karena harus menempuh jalan panjang di La Liga dan Liga Champions,” kata Zidane dilansir dari Football Italia.

Kapten Real Madrid Sergio Ramos menilai, strategi tiga bek efektif menetralkan permainan agresif Atalanta. Akibatnya Los Blancos mudah mengambil kendali permainan dan lolos ke perempat final.

“Kami tidak yakin bagaimana mereka akan menekan, tetapi kami dengan cepat mengambil kendali berkat sistem kami dengan tiga pemain di belakang,” ujarnya.

Manchester City menyusul Real Madrid lolos ke perempat final Liga Champions setelah mengalahkan Borussia Moenchengladbach 2-0 dalam pertandingan leg kedua 16 besar, di Puskas Arena, Budapest, Hungaria. City lolos dengan agregat 4-0.

City sangat mendominasi permainan dengan penguasaan bola 68 persen berbanding 32 persen. Statistik itu menunjukkan Raheem Sterling dan kawan-kawan mengurung pertahanan Moenchengladbach.

Gol indah Kevin De Bruyne dari luar kotak penalti pada menit ke-12 membuka keunggulan City. Tak lama berselang, Ilkay Guundogan menggandakan keunggulan menjadi 2-0 dan skor tersebut bertahan hingga laga usai.

 
Cara terbaik untuk bertahan adalah dengan menguasai bola dan kami memilikinya.
 
 

Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengatakan, permainan timnya sesuai yang diinginkan. Karena itu, ia dengan terbuka memuji anak asuhnya selama pertandingan. Ia senang pemainnya bisa mengendalikan permainan dalam beberapa pekan terakhir.

"Cara terbaik untuk bertahan adalah dengan menguasai bola dan kami memilikinya,” ujarnya seusai pertandingan, dikutip dari laman resmi klub.

Mantan pelatih Barcelona itu mengatakan, kemenangan itu berkat perjuangan keras para pemainnya. Mereka menganggap laga tersebut seperti final. Ia berharap permainan bagus tersebut berlanjut hingga laga-laga berikutnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat