Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat mengikuti Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (5/3/2021). | GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO

Nasional

Airlangga Didorong Maju Capres

Dalam beberapa survei, nama Airlangga belum terlihat masuk ke dalam 10 besar capres dengan elektabilitas tertinggi.

JAKARTA--Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) meminta Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengaku Pemilu 2024 menjadi ajang penting bagi Golkar untuk merebut kembali kejayaan partai berlambang pohon beringin.

"Kita memiliki waktu 3,5 tahun ke depan untuk mempersiapkan calon presiden dari Partai Golkar dengan bekerja menaikkan popularitas dan elektabilitas kader terbaik Partai Golkar, Ketua Umum Pak Airlangga Hartarto untuk menjadi calon presiden," kata Ace kepada Republika, Rabu (17/3).

Menurutnya suatu kebanggaan bagi Partai Golkar jika ada kadernya yang menjadi Presiden. Hal itu juga telah menjadi keputusan Munas Golkar 2019 dan Rapimnas 2021. "Bagi kami mencalonkan kader sendiri tentu merupakan bagian dari perjuangan Partai Golkar," ujarnya.

Dukungan serupa juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Sumatra Barat, Khairunas. Ia menyebut dukungan terhadap Airlangga sebagai capres disampaikan kader di tingkat bawah. "Beliau adalah kader dan ketua umum Golkar itu aspirasi dari bawah," ujarnya.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kanan) memukul gong secara daring disaksikan Wakil Ketua Umum Azis Syamsuddin (kanan), Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidrich Paulus (kedua kiri), Bendahara Umum Dito Ganinduto (kiri) saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat (5/3/2021). - (GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO)

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji mengaku menyatakan siap membantu mendongkrak elektabilitas Airlangga seandainya bersedia maju sebagai capres. Sarmuji melihat sampai saat ini Airlangga belum menjawab secara tegas terkait adanya aspirasi tersebut. Airlangga beralasan bahwa dirinya saat ini masih berkonsentrasi pada penanganan covid dan pemulihan ekonomi.

"Sebagai DPD Provinsi kami tentu harus menyiapkan langkah untuk mensosialisasikan nama Pak Airlangga di tengah masyarakat," ucapnya. Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar menegaskan sebagai kader terbaik Golkar, wajar Airlangga diminta maju sebagai kandidat bakal calon presiden. DPD DKI Jakarta juga menyatakan siap membantu Airlangga lebih dikenal publik. "Kader terbaik Golkar harus didukung," kata dia.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengaku memahami aspirasi dari kader daerah. Namun, saat ini Airlangga masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

"Sebenarnya (aspirasi DPD) kita terima tapi kita tidak langsung seakan-seakan kita mencalonkan Pak Airlangga sebagai itu (capres), belum. Biarlah beri kesempatan beri ruang kepada Pak Airlangga untuk konsentrasi pada tugas-tugas kenegaraan yang beliau emban sekarang yang dipercayakan kepada beliau," kata Lodewijk kepada Republika, Rabu (17/3).

Berdasarkan penelusuran Republika, dalam beberapa survei, nama Airlangga belum terlihat masuk ke dalam 10 besar capres dengan elektabilitas tertinggi. Hasil survei Lembaga Survei Indonesia tanggal 25-31 Januari 2021 menempatkan Airlangga masih di angka 0,3 persen. Survei Parameter Politik Indonesia pada Februari 2021 bahkan tidak memasukkan nama Airlangga dalam daftar elektabilitas 15 nama calon presiden.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat