Ilustrasi Musrenbang yang akan diselenggarakan Kabupaten Bogor dengan melibatkan kaum milenial. | IRWANSYAH PUTRA/ANTARA FOTO

Bodetabek

Bupati Siapkan Musrenbang Kolosal untuk Kaum Milenial

Musrenbang Kabupaten Bogor akan menyerap aspirasi kaum milenial.

BOGOR -- Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin menyiapkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kolosal melalui program Bogor Leaders Talks 2021. Menurut Ade, acara yang dikemas dalam kompetisi itu bertujuan untuk menyampaikan aspirasi secara virtual bagi kaum milenial.

"Program ini sekaligus menjadi Musrenbang secara besar-besaran," ujarnya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar), Selasa (16/3).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan berbagai organisasi kepemudaan itu untuk menyerap ide para pemuda. Dia menargetkan, pemudi, khususnya di rentang usia 17-30 tahun bisa ikut berpartisipasi. "Tuangkan ide kreatif dan gagasan konstruktif untuk membangun Kabupaten Bogor," kata Ade.

Komite Percepatan Pembangunan Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin, menjelaskan, Bogor Leaders Talks 2021 diisi dengan lomba orasi pemuda. Menurut dia, pemuda yang tinggal di Kabupaten Bogor bisa membuat video orasi bertema 'Pancakarsa dalam Ide dan Gagasan Kaum Muda'.

Pancakarsa merupakan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Bogor Ade Yasin-Iwan Setiawan, terdiri atas Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Maju, dan Karsa Bogor Berkeadaban. Gus Udin menyatakan, video yang dibuat itu nantinya bakal dijadikan pertimbangan bagi Pemkab Bogor dalam mengeluarkan kebijakan terkait kaum milenial.

"Sudah seharusnya aspirasi yang disampaikan para peserta nantinya menjadi bahan masukan bagi Pemkab Bogor dalam melaksanakan pembangunan," ujar Gus Udin, yang menjadi salah satu juri dalam Bogor Leaders Talks.

Para peserta Bogor Leader Talks bisa mengirimkan video orasinya ke surel panitia yang telah dipublikasikan melalui situs ataupun akun media sosial milik Pemkab Bogor hingga 24 Maret 2021.

Selain Gus Udin, formasi dewan juri diisi Rektor IPB University Arif Satria, Direktur Eksekutif Nusantara Centre Yudhie Haryono, serta Chief Executive Officer Aku Pintar Indonesia Lutvianto Pebri Handoko.

Ajak parpol

Bupati Ade mengajak para pengurus partai politik (parpol) di wilayahnya turut menyukseskan program utama Pemkab Bogor, yaitu Pancakarsa. "Penguatan bagi terwujudnya visi menjadi kabupaten termaju, nyaman, dan berkeadaban, serta tercapainya cita-cita Pancakarsa," kata ketua DPW PPP Jabar tersebut beberapa waktu lalu.

Dia berharap, partai di Kabupaten Bogor saling mendukung dengan visi yang selaras, yaitu sama-sama membangun bangsa. "Sebab, Kabupaten Bogor adalah milik kita, tanggung jawab kita. Oleh karena itu, harus kita urus bersama," kata Ade Yasin.

Pemkab Bogor berkomitmen tetap produktif membangun di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, pihaknya berupaya memulihkan ekonomi masyarakat melalui pembangunan lumbung, bantuan peralatan pertanian, bibit perikanan, dan pemulihan pariwisata.

Pemkab Bogor juga memberikan insentif bulanan bagi ketua RT-RW sebesar Rp 500 ribu per bulan. Tujuan pemberian insentif dan tunjuangan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Tunjangan kades, perangkat desa, dan BPD, linmas Rp 300 ribu, guru ngaji Rp 200 ribu, guru madrasah Rp 250 ribu, amil (zakat) Rp 200 ribu, guru PAUD Rp 200 ribu, dan Babinsa Rp 500 ribu," kata Ade.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat