|

Kuliner

Isi Pagi dengan Energi

Asupan energi di pagi hari penting untuk aktivitas masyarakat yang dinamis dari pagi hingga malam.

OLEH UMI NUR FADHILAH, DESY SUSILAWATI

Banyak cara untuk memulai hari dan mengawali pagi dengan kebaikan. Setiap orang tentunya membutuhkan asupan bernutrisi guna mendapatkan energi untuk aktivitas yang bakal dijalaninya. Asupan tersebut tentunya tak sekadar mengenyangkan, tapi tentunya bergizi dan menyuplai energi yang baik. 

Karena itulah, sarapan menjadi salah satu cara yang dinilai penting untuk kesehatan, apalagi bagi mereka yang aktif di pagi hari. Seperti apakah sarapan yang mantap dan bisa dipilih sebagai menu sarapan untuk mengawali hari? Tentu sesuatu yang bernutrisi dan berenergi untuk tetap fokus sepanjang hari. 

“Kami menyadari akan pentingnya energi positif yang terisi di pagi hari agar tetap produktif sepanjang hari,” kata Chief Marketing Officer PT Sari Coffee Indonesia Liryawati dalam Virtual Media Gathering tentang menu Starbucks, Januari lalu. 

Menurutnya, gaya hidup masyarakat saat ini beragam dan umumnya dinamis dari pagi hingga malam. Itu sebabnya, asupan energi di pagi hari penting untuk menjalankan aktivitas seharian. Pentingnya sarapan membuat Starbucks menggelar kampanye Morning Grande yang berlangsung sampai 30 Juli 2021. Kampanye itu berupaya membangun kebiasaan sarapan yang baik dengan sesuatu yang berenergi. 

Meskipun budaya sarapan juga umum di Indonesia, Starbucks ingin menciptakan kebiasaan lebih baik lagi dengan mengedukasi pola makan yang benar pada pelanggan. Contohnya dengan menu Grande Morning dari Starbucks dengan sarapan yang berat ataupun ringan. “Di sini, semua sarapan favorit akan disiapkan, yang gurih dan manis, sangat cocok dengan kopi,” ujar General Manager Marketing Portofolio PT Sari Coffee Indonesia Astrid Zenia Tanggara.

Minuman kopi pun bermanfaat bagi mereka yang aktif berolahraga. “Salah satu manfaat kafein itu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan energi. Kita dapat masukan dari pelanggan bahwa sebelum olahraga, mereka konsumsi sesuatu yang mengandung kopi,” kata Astrid. Menu lainnya pun disediakan bagi mereka yang sarapan setelah selesai berolahraga.

Astrid mengatakan, konsumen tak perlu khawatir dengan kalori berlebihan karena menu-menu tersebut berusaha mendekati ketentuan asupan kalori ideal untuk sarapan, yaitu 300-an kalori. “Kita tak coba banyak kalori di pagi hari,” ujar dia.

Astrid mengatakan, Starbucks tidak menemukan ketentuan minum kopi, baik dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) maupun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Namun, ukuran orang dewasa sehat di AS biasanya mengonsumsi 400 ml per hari. Untuk menu caffe americano yang berukuran 75 ml, pelanggan bisa mengonsumsi hingga tiga cups per hari. 

Untuk makanannya, Starbucks menghadirkan menu berbasis tumbuhan yang ramah lingkungan. “//Plant-based// memang lagi //in// dan trendi. Kita bekerja keras dengan ini, salah satunya Starbucks memprioritaskan keberlanjutan untuk planet. Menunya tinggi protein, tinggi serat, dan rendah kalori,” kata Lirya, dalam kesempatan berbeda di bulan lalu. 

Ada tiga menu makanan untuk edisi plant base ini. Astrid menyebutkan menunya, yaitu Plant-Based Sloppy Joe Sandwich, Plant-Based Wellington Pocket, dan Plant-Based Focaccia Bread. “Ini bukan vegan, tapi vegetarian, artinya masih menoleransi telur, susu.” Minumannya pun tersedia susu almond yang gurih dan cocok untuk kopi dan nonkopi.

Hadirkan Kenikmatan Pasta

Sajian khas Italia sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Salah satu menu populer adalah pizza dan pasta yang menjadi favorit masyarakat. Untuk memudahkan sekaligus memberikan pengalaman menu Italia, Pizza Marzano kini hadir di Dapur Bersama GoFood atau GoFood cloud kitchen

 Melalui layanan pemesanan dari aplikasi Gojek, pelanggan dapat menikmati menu favorit pilihan dari pizza dan pasta. Direktur PT MAP Boga Adiperkasa Tbk Anthony Cottan mengatakan, konsep cloud kitchen menjadi tren baru di Indonesia. Di Cloud Kitchen itu, pelanggan dapat menikmati layanan pesan antar dari berbagai jenama makanan dan minuman hanya dari satu tempat, misalkan Dapur Bersama GoFood.

Lewat Dapur Bersama GoFood, Pizza Marzano menghadirkan kenikmatan menu Italia di rumah. “Pizza Marzano menghadirkan rasa yang nikmat di setiap meja pelanggan,” kata Anthony, bulan lalu.

 Pizza Marzano hadir di Dapur Bersama GoFood yang berlokasi di Cilandak, Jakarta Selatan. Layanan ini, kata dia, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang cenderung lebih nyaman untuk menikmati makanan di rumah saja. Melalui layanan ini, pelanggan dapat menemukan menu pizza dan pasta dengan semakin mudah. 

 Menu yang disajikan, seperti Classic Pizza, Funghi di Bosco, Romana Pizza, Pollo Pancetta, dan Maccheroni al Forno. Lewat kemitraan dengan GoFood, kata Anthony, Pizza Marzano bisa hadir untuk konsumen di mana pun mereka berada yang terjangkau layanan Gojek. 

Ke depan diharapkan akan ada lagi Pizza Marzano cloud kitchen lainnya untuk menciptakan peran dan peluang bagi mereka yang memiliki minat sama untuk memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik bagi pelanggan Pizza Marzano.

Chief Food Officer Gojek Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, Dapur Bersama GoFood tidak hanya memberikan kesempatan kepada mitra dagang untuk mendekatkan pilihan makanan kepada pelanggan, tetapi juga berkontribusi terhadap ketahanan bisnisnya. Pihaknya menyambut kehadiran para mitra, termasuk Pizza Marzano untuk memperluas jangkauan ke pelanggan lewat Dapur Bersama. 

GoFood cloud kitchens (Dapur Bersama GoFood atau “dapur kolektif”) diluncurkan pada Oktober 2019 untuk mendukung mintra dan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan cara sederhana dan hemat untuk mengembangkan bisnisnya. “Sejak diluncurkan, GoFood terus mengembangkan fasilitas cloud kitchen dan kini memiliki 27 lokasi di tiga wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, dan Medan,” katanya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat