Pemain Tottenham Hotspur Gareth Bale | EPA-EFE/Julian Finney
02 Mar 2021, 09:06 WIB

Gareth Bale yang Makin Moncer

Gareth Bale terus berusaha membangun fisiknya agar terus bugar.

Sepekan yang lalu, Gareth Bale bukanlah pemain yang diandalkan oleh pelatih Jose Mourinho di Tottenham Hotspur, sejak menjalani masa pinjaman satu musimnya dari Real Madrid. Pemain berusia 31 tahun itu hanya dua kali jadi starter di Liga Primer Inggris dan tiga dari empat golnya dicetak di luar liga.

Sebelas hari sejak saat itu, Bale telah empat kali dimainkan, mencetak empat gol, termasuk dua gol dan satu assist-nya ke gawang Burnley, Ahad (28/2). Bale telah mencetak 105 gol dan memenangkan empat gelar Liga Champions selama tujuh tahun di Real Madrid. Namun, musim terakhirnya di Los Blancos hancur akibat rentetan cedera dan performanya yang anjlok.

Bahkan, sejak kembali bergabung dengan Spurs, pemain internasional Wales itu mengalami masalah lutut dan membuatnya butuh sebulan untuk bisa dimainkan. Namun, Bale kini telah bangkit dengan kembalinya kepercayaan diri dan ketajamannya. Ia sudah terlibat dalam tujuh gol yang dicetak Spurs dalam empat pertandingan terakhir.

Dua gol dan satu assist-nya saat Spurs membungkam Burnley 4-0 membuktikan pemain yang membawa Real Madrid juara Liga Champions pada 2018 itu belum selesai. Walaupun, agennya sempat menyebut kliennya itu sedang memasuki fase akhir karier sebagai pesepak bola. Dua gol ke gawang the Clarets merupakan yang pertama kalinya sejak September 2019, ketika Bale membawa Real Madrid imbang 2-2 atas Villarreal.

''Itu merupakan yang terbaik dari Bale yang kami dapatkan selama musim ini, lebih percaya diri, kondisi yang lebih baik, tidak ada perasaan jelek dengan cedera,'' kata Mourinho, dikutip dari BBC, Senin (1/3).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gareth Bale (garethbale11)

Mourinho mengakui, kalau Bale terus tampil seperti saat ini, Real Madrid pasti mempertahankannya. Mourinho mengaku tahu betul kualitas yang dimiliki Bale, meskipun tak ingin menyebut kalau penyerangnya itu sudah kembali 100 persen dari permainan terbaiknya.

Pelatih asal Portugal itu tak segan menyebut Bale yang sekarang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Bukan hanya soal dua gol yang dicetaknya, yang fundamental adalah kondisi fisiknya sehingga tak membuat Bale tampil datar saat bertanding.

"Saya senang dengan Gareth karena dia adalah pemain Spurs dan itu sangat berarti untuknya membawa kebahagiaan kepada fan," ujar Mou.

Sementara Bale mengaku selama ini selalu merasa bahagia, walaupun jarang dimainkan. Ia menyatakan selalu merasa nyaman dan senang di ruang ganti serta dibuktikan di lapangan. "Saya bahagia dan saya yakin dibuktikan di lapangan," ujar Bale.

 
Saya bahagia dan saya yakin dibuktikan di lapangan
GARETH BALE
 

Bale mengungkapkan, dirinya terus berusaha membangun fisiknya agar terus bugar. Masalah fisik membuatnya tak dimainkan Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu. Walaupun sadar terus dikritik, Bale menegaskan punya pengalaman cukup untuk tetap fokus dan tidak mengatakan hal-hal bodoh yang bisa merugikannya.

Apalagi, kemenangan atas the Clarets ini juga menjaga peluang the Lilywhites untuk bisa finis paling tidak di posisi enam besar. Performa Spurs yang dianggap membosankan membuat mereka terus dikritik oleh banyak pihak. Namun, Bale menyatakan, kalau timnya terus berbenah untuk bisa jadi lebih baik.

“Kami tahu sepak bola kadang tidak adil dan orang-orang akan mengkritik. Namun, yang bisa kami lakukan adalah tetap maju dan kami menunjukkan itu hari ini,” ujarnya.


×