|

Bugar

Cara Tepat Merawat Rambut

Protein dan mikronutrien menjadi nutrisi utama untuk mendapatkan rambut yang sehat.

OLEH DESY SUSILAWATI, SHELBI ASRIANTI

Tidak sedikit perempuan yang resah dengan rambut yang kusam, berketombe, bahkan rontok. Soalnya, rambut kusam dan tak terawat bisa merusak penampilan dan berdampak pada kesehatan. Kondisi yang mengganggu tersebut dapat terjadi pada rentang usia berapa pun.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin dr Gloria Novelita SpKK, rambut harus senantiasa dijaga tetap sehat. Cirinya adalah rambut berkilat, ujungnya rata, dan akar yang kuat. “Secara medis dapat dijelaskan, ada alasan mengapa rambut sehat harus berkilat,” ujarnya menjelaskan, pekan lalu. 

Batang rambut dapat berkilau saat tertimpa sinar matahari, kata dia, karena permukaannya rata. Batang rambut dilindungi kutikula. Rambut yang rusak dan kusam adalah saat kulikulanya terbuka akibat berbagai hal, seperti perawatan dan penataan rambut. 

Untuk mengatasinya, tentu dibutuhkan perawatan rambut ekstra. Makanan menjadi nutrisi utama untuk rambut sehat, yaitu protein dan mikronutrien. Perawatan eksternal juga dibutuhkan, terutama jika rambut sudah rusak. “Harus dipahami bahwa perawatan rambut tidak instan, harus dilakukan setiap hari. Apalagi, hair styling saat ini juga hampir dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Hal yang perlu dilakukan sebelumnya, dia menambahkan, adalah memilih produk yang tepat sesuai jenis dan kondisi rambutnya. Gloria mengungkapkan, seberapa sering kita keramas, bukan bergantung dari panjang rambut. Tapi, tergantung dari kondisi kulit kepala. Kalau kulit kepalanya kering, boleh dua atau tiga kali seminggu. Kalau kulit kepalanya berminyak atau berketombe, usahakan setiap hari.

"Kondisi kulit kepala itu bervariasi. Jadi, itu kita mesti kita tahu sendiri. Sampo bisa berganti-ganti bergantung kebutuhan," ungkapnya.

Setelah sampo, disarankannya untuk menggunakan kondisioner di bagian bawah rambut untuk melindunginya dari kerusakan. Perawatan rambut degan vitamin, masker, juga serum bisa dilakukan jika dibutuhkan. 

Tak hanya itu, dia menyarankan untuk memilih alat-alat penataan rambut yang baik, seperti mengandung keramik agar tidak parah merusak rambut. "Pada prinsipnya begini, semakin kita melakukan styling pada rambut, entah itu kita warnai, kita styling dengan alat-alat, berarti rambut alami bebannya bertambah," ujar Gloria.

Karena itu, dia menambahkan agar melakukan perawatan rambut dengan tepat, misalkan pada saat mencuci rambut. Sehabis keramas, rambut dapat dikeringkan secara alami, dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan handuk lembut. Kalaupun menggunakan pengering rambut, tentu diperlukan perlindungan rambut yang lebih baik. 

Masalah rambut lainnya adalah kerontokan rambut. Kondisi ini dibedakan dua jenis. Senior Education Manager Kérastase Indonesia Sitoresmi menjelaskan, jika rambut lepas saat keramas atau dikeringkan, masuk ke dalam kategori hair fall. "Apabila helai rambut banyak ditemukan lepas di bantal ketika bangun tidur, itu termasuk hair loss," ujarnya, pekan lalu.

Hair fall dapat terjadi akibat gangguan internal dan eksternal dari lingkungan sekitar. Stres akut, perubahan hormonal, dan pola diet ekstrem adalah faktor internal yang menentukan kesehatan akar rambut. Sedangkan, lingkungan udara panas, tingkat polusi udara, serta kebiasaan menggunakan alat penata rambut bersuhu panas menjadi faktor eksternal yang umum sebagai penyebab hair fall.

Untuk mengatasi kerontokan, kata dia, caranya adalah mengatur pola makan gizi seimbang, menangkal stres, dan merawat rambut. Cara menangkal stres bisa dengan olahraga teratur, meditasi, yoga, serta ke salon favorit untuk perawatan tubuh dan rambut.

 

Memupuk Kekuatan Rambut

Rambut merupakan mahkota perempuan, tetapi masalah umum yang dialami mereka pada rambutnya adalah kerontokan. Banyak hal yang memengaruhi kondisi rambut seperti itu. Bahkan, rambut rontok membuat orang tidak percaya diri dan masalah ini bisa saja terjadi pada setiap orang. 

Data riset desktop, sepanjang 2019, pencarian kata kunci ‘Shampoo Penumbuh Rambut’ di Google melonjak 3,2 kali dibandingkan tahun sebelumnya. Lalu, pencarian topik rambut rontok pun empat kali lebih populer dibandingkan rambut rusak karena pewarnaan. Sebanyak 50 persen pencarian kategori beauty teratas di Google dan Youtube fokus pada kata ‘hair fall’ dan ‘hair growth’.

Salah satu jenama perawatan rambut rontok Kérastase kini meluncurkan inovasi terbarunya untuk mengatasi rambut rontok. Inovasinya berupa rangkaian Genesis yang diklaim mampu mengurangi rambut rontok hingga 84 persen. Formulanya adalah Anti-Fall Complex yang menutrisi dan memproteksi rambut. 

Kandungannya adalah akar ginseng. "Sehingga membuat kulit kepala lebih sehat dan resilient," kata Senior Education Manager Kérastase Indonesia Sitoresmi. Kandungan lainnya dalam Genesis adalah sel alami edelweis dan Aminexil 1,5 persen untuk membantu memperkuat akar rambut dan mencegah pengerasan kolagen di sekitar folikel akar rambut.

Genesis terdiri atas rangkaian penutrisi rambut, seperti sampo Bain Hydra-fortifiant untuk rambut cenderung berminyak, sampo Bain Nutri-fortifiant untuk rambut kering, masker Masque Reconstituant, kondisioner Fondant Renforcateur, Anti-chute fortifiant Serum, Ampoules Cure fortifiantes Anti-chute Serum, dan serum spray Defense Thermique.

Sitoresmi mengatakan, ada dua pilihan starter kit Genesis, yakni Hydra Anti Hair-fall Starter Set dan Nutri Anti Hair-fall Starter Set. Produk tersedia di semua salon mitra Kerastase di Indonesia, serta di toko resmi Kérastase di LazMall.

Sebelum ini, Kérastase juga menghadirkan produk yang mengatasi penuaan dini pada kulit kepala dan rambut. Penuaan dini bisa berupa kulit kepala yang kering, sensitif, dan kendur, juga rambut kusam, mudah patah, dan menipis. Menurut Brand General Manager Kérastase Indonesia Reny Agustia, perawatannya dapat menggunakan Starter Set Chronologiste.

"Rangkaian lengkap terbaru Chronologiste terdiri atas 7 produk yang perlu digunakan di salon dan di rumah sebagai perawatan terbaik untuk menghadapi penuaan dini rambut dan kulit kepala," kata Reny. Perawatannya terdiri dari Kérastase Chronologiste, yaitu Bain Regenerant, Huile de Parfum, dan Masque Intense Regenerant.  

Selain memperkenalkan rangkaian Kérastase tersebut, Product Manager Kérastase Indonesia Marvin Pramudita turut menyoroti pentingnya peran perawatan rambut secara maksimal. “Untuk mengoptimalkan hasil, konsumen dianjurkan untuk melakukan perawatan di salon selama enam minggu. Dikombinasikan dengan perawatan di rumah yang dapat diteruskan sebagai langkah pencegahan," ujarnya menjelaskan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat