Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) di Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (26/2). | Republika/Thoudy Badai

Jakarta

Wagub DKI: 65 Persen Nakes Sudah Divaksinasi Lengkap

Riza menyebut pihaknya menunggu ketersediaan vaksin yang didistribusi oleh pemerintah pusat.

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan 65 persen tenaga kesehatan (nakes) di DKI Jakarta telah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap. Riza menjelaskan, saat ini untuk dosis satu dan dua yang sudah diterima nakes secara total sebanyak 214.523 dosis, terdiri 141.225 dosis pertama dan 73.298 dosis kedua.

“Untuk tenaga kesehatan, yang sudah mendapat dosis satu dan dua vaksin Covid-19, sudah sebanyak 65,3 persen. Kemudian selain nakes dan pedagang pasar, sudah mulai dilaksanakan juga pada bidang pendidikan, wartawan, para atlet, kemudian akan dimulai juga hotel buat wirausaha pariwisata dan lainnya,” kata Riza, Jumat (26/2).

Riza berharap dalam waktu dekat, akan menjangkau masyarakat umum. Karena itu, dia meminta seluruh masyarakat agar yakin terhadap keamanan vaksin ini dan ikut menyukseskan program vaksinasi tersebut.

photo
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga kelompok lanjut usia (lansia) di Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (26/2). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan 69 lokasi vaksinasi Covid-19 bagi warga kelompok lansia yang tersebar di lima wilayah kota administratif. Sebanyak 12 ribu lansia di Kecamatan Mampang akan menjalani vaksinasi Covid-19 tahap dua yang berasal dari lima kelurahan di antaranya Kelurahan Pela Mampang, Kuningan Barat, Bangka, Tegal Parang, dan Mampang Prapatan. - (Republika/Thoudy Badai)

Kendati demikian, Riza menyebut pihaknya menunggu ketersediaan vaksin yang didistribusi oleh pemerintah pusat untuk melakukan proses vaksinasi selanjutnya. Tenaga kesehatan yang diberikan vaksin di Jakarta adalah tenaga kesehatan yang telah melakukan registrasi di Dinas Kesehatan untuk mendapatkan vaksin yang saat ini berjumlah 130 ribu.

"Kami mengikuti kebijakan dan keputusan pusat untuk vaksinasi tahap berikutnya karena pemerintah juga harus membagi dengan provinsi lain. Yang jelas kami siap untuk bisa memberikan suntikan vaksin pada 19.741 orang per hari, yang akan dilayani oleh 1.648 petugas di 511 fasilitas kesehatan (faskes)," kata dia.

Di Tangerang, juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengatakan, kuota vaksin Covid-19 pada vaksinasi tahap dua di Kabupaten Tangerang sebanyak 25 ribu sudah dimulai sejak Kamis (25/2). Hendra menambahkan, vaksinasi tahap dua dilakukan dengan beberapa periode hingga akhir Maret 2021.

photo
Warga kelompok lanjut usia (lansia) memeriksa kesehatan sebelum vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (26/2). - (Republika/Thoudy Badai)

Dari beberapa periode tersebut, semua kalangan dari petugas pelayanan publik diharapkan bisa mendapatkan suntikan vaksin yang tersedia, termasuk juga untuk wartawan dan pedagang. “Kita berharap akhir Maret selesai semua ya,” kata Hendra.

Sementara itu, data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang mencatat vaksinasi tahap I yang diperuntukkan bagi nakes melebihi target sebanyak 10.221. Pada vaksinasi tahap I dosis satu, jumlah nakes yang divaksin sebanyak 11.853 orang atau tercapai 116 persen. Adapun pada vaksinasi tahap satu dosis dua, jumlah nakes yang divaksin mencapai 10.683 orang atau tercapai 104,5 persen.

Di Kota Bekasi, Pemkot Bekasi menerima 50.700 dosis vaksin yang menyasar 25.350 orang untuk vaksinasi tahap II. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Kota Bekasi akan diperuntukkan bagi lansia, komorbid, penyintas Covid-19 dan sasaran tunda serta pelayanan publik.

“Namun, untuk penerima dari lansia, dilakukan di ibu kota negara dan ibu kota provinsi didahului dengan pendaftaran melalui link kemkes.go.id," kata Tanti.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat