Tissa Biani saat berkunjung ke Republika, Jakarta, sebelum pandemi Covid-19. | Republika/Prayogi

Geni

10 Feb 2021, 08:30 WIB

Tissa Biani: Cover Lagu Orang Hingga Miliki Lagu Sendiri

Meski awal belajar gitar dari Sandy, Tissa Biani lebih sering belajar musik secara autodidak.

Kecintaan Tissa Biani pada musik sudah tumbuh sejak duduk di sekolah dasar. Kala itu, dia sudah mulai belajar gitar dan meng-cover lagi milik orang lain.

Orang pertama yang mengajarkannya bermain gitar adalah musisi Sandy Canester. Sandy kini menjadi pencipta lagu sekaligus produser musik untuk lagu perdana Tissa.

"Karena memang pada dasarnya aku enggak bisa diam, jadi dulu itu di sela-sela syuting aku suka minta diajarin main gitar," kata Tissa pada pertengahan Desember lalu.

Meski awal belajar gitar dari Sandy, Tissa selanjutnya lebih sering belajar musik secara autodidak. Dia kerap mencari referensi dan belajar musik dengan menonton tayangan musik di Youtube. Dari platform itu, dia menemukan banyak referensi musik, salah satunya dari the Beatles.

"Lagu yang pertama kali aku cover dan di-upload itu lagunya the Beatles. Aku suka banget sama musik mereka," kata Tissa.

Bagi duta Festival Film Indonesia (FFI) 2020 ini, musik juga menjadi mood booster. Dia sering melampiaskan rasa lelah dan bosan di lokasi syuting dengan bernyanyi dan bermain gitar.

Kini, gadis berusia 18 tahun ini tak hanya sebatas menyanyikan ulang lagu orang lain. Sebab, dia sudah merilis tembang perdananya berjudul "Bahagia Sama Kamu". 

Tisaa tampaknya serius mengembangkan hobinya dalam bermusik. Dalam proses penggarapan karyanya, Tissa merasa bertemu produser dan lagu yang pas.

"Pokoknya ini benar-benar aku kerjakan pakai hati dan aku mencintai hobi aku ini," kata Tissa dalam konferensi pers di Hotel Des Indes Menteng, Jakarta.

Menurut perempuan yang juga aktif di dunia akting ini, lirik lagu "Bahagia Sama Kamu" sangat cocok dengan kehidupannya sebagai seorang remaja. Lagu yang dikemas dengan menonjolkan nuansa pop ceria ini menggambarkan letupan asmara, cinta yang berbunga, dan bagaimana tampil percaya diri dari luar dan dalam saat remaja.

"Aku nyaman dengan lagu ini. Aku menyanyikan lagu yang benar-benar aku suka," kata dia.

Untuk video musik, Tissa menggandeng kekasihnya, Dul Jaelani, untuk menjadi model. Menurut Tissa, hal itu menjadi bentuk dukungan Dul terhadap debut kariernya di dunia musik.

Bagi Tissa, Dul menjadi teman bertukar pikiran dalam berbagai hal, termasuk musik. Untuk single perdananya ini, Dul cukup banyak memberi masukan kepada Tissa.

Dul, kata dia, selalu memintanya agar ikhlas dalam berkarya. Artinya, tidak berekspektasi berlebihan dengan karya. "Kalau terlalu berekspektasi, nanti akan kecewa sendiri, jika hasilnya tidak sesuai. Jadi ya tugas aku berkarya dan berkarya," kata Tissa.

Menurut Tissa, Dul juga selalu memintanya agar merilis lagu yang memang disukai dan sesuai dengan karakter. Itu penting agar karya yang ditelurkan betul-betul bermakna. "Dia juga selalu minta aku untuk tetap rendah hati," kata dia.

Soal aransemen lagu "Bahagia Sama Kamu", Sandy yang juga menjadi produser musik sangat berhati-hati. Dia sangat memikirkan bagaimana cara agar tembang tersebut cocok dengan karakter Tissa yang cuek dan girly. "Dua-duanya enggak boleh hilang, Tissa yang rock & roll dan girly," ujar Sandy.

Single perdana Tissa dinaungi label Wiken Musif. Upie Guava juga digandeng untuk menggarap klip.

Video musik lagu tersebut bisa dinikmati di saluran Youtube Tissa Biani. Lagunya pun sudah bisa diputar di berbagai platform musik digital.


×