Lionel Messi pada laga La Liga antara Valladolid dan Barcelona di Jose Zorrilla stadium, Valladolid, Spanyol, Rabu (23/12) dini hari WIB. | POOL AFP/Cesar Manso/Pool via AP
17 Jan 2021, 09:57 WIB

Apakah Messi akan Tinggalkan Barcelona?

Messi kerap dikaitkan dengan kepindahan ke PSG atau Bereuni dengan Pep Guardiola di Manchester City.

BARCELONA -- Kandidat Presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan bahwa Lionel Messi tidak akan meninggalkan Camp Nou. Dia mengatakan, klub akan berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan peraih enam kali Ballon d'Or itu untuk tetap bermukim di Barcelona.

"Saya melihatnya semakin bahagia, dia menikmatinya. Saya tahu dia ingin bertahan dan saya tahu dia akan melakukan segala daya untuk bertahan selama klub bisa menawarkan tawaran yang cocok untuknya," kata Laporta seperti diwartakan Mirror, Ahad (17/1).

Messi kerap dikaitkan dengan kepindahan ke Paris Saint-Germain (PSG) atau Bereuni dengan Pep Guardiola di Manchester City. Laporta mengatakan, saat ini pesepakbola berdarah Argentina itu tengah bersiap menghadapi Atletico Madrid di La Liga dan PSG di liga Champions.

Namun dia juga tidak bisa memastikan apakah La Pulga bakal bermain dalam dua laga tersebut. Kendati, dia mengatakan yang pasti Messi akan duduk di bangku cadangan kalaupun tidak bermain dari menit awal dalam dua pertandingan tersebut.

Terkait

"Penting bagi Leo (Messi) untuk memberikan semangat kepada rekan-rekan setimnya," katanya.

Terlepas dari pernyataan Laporta, Barcelona tetap tidak bisa mengesampingkan utang besar yang mereka miliki. Kondisi demikian mempersulit mereka untuk mempertahankan Messi menyusul beban gaji pemain berusia 33 tahun tersebut.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Leo Messi (leomessi)

Kontrak Messi bersama Azulgrana akan hangus pada akhir Juni mendatang. Dia meyakinkan penggemar tidak akan membuat keputusan apa pun sampai kampanye Barca selesai. Belum diketahui pasti niatan Messi untuk memutuskan bertahan atau hengkang dari klub yang telah membesarkan namanya tersebut.

Masa depan Messi telah menjadi subjek spekulasi dan perdebatan selama berbulan-bulan, dengan kapten klub itu berusaha memaksa pindah Agustus lalu. Namun dia mengurungkan keinginannya karena tak mau berhadapan dengan Barcelona di pengadilan.

Kabar Messi mencoba meninggalkan Barca musim panas lalu mencuat pekan lalu. Tetapi akhirnya tetap bersama raksasa LaLiga, meskipun ia diperkirakan akan keluar dari klub pada akhir musim ini. Manchester City sendiri adalah salah satu pesaing utama untuk merekrut penyerang legendaris tahun lalu, dan mereka akan kembali dengan pendekatan baru untuk Messi dalam beberapa bulan mendatang.

Bantai Granada 4-0

Lionel Messi mencetak dua gol saat membantu Barcelona mencukur tuan rumah Granada dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-18 Liga Spanyol di Stadion Nuevo Los Carmenes, Sabtu waktu setempat (Ahad WIB). Dua gol tersebut seolah memperlihatkan Messi kembali menemukan ritme permainan terbaiknya, setelah ia juga mencetak dwigol saat Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao tengah pekan lalu.

Barcelona membuka keunggulan melalui Antoine Griezmann yang menyelesaikan umpan terobosan dari Sergio Busquets pada menit ke-12. Hakim garis sempat mengangkat bendera pertanda offside, tetapi bola sempat mengenai Roberto Soldado sehingga Griezmann dinyatakan tidak berada dalam posisi offside dan gol itu disahkan.

Kendati unggul, Granada tampil lebih dominan, sayangnya tim besutan Diego Martinez itu gagal menciptakan peluang berarti.Alih-alih membalas, gawang Granada malah kebobolan lagi pada menit ke-35 saat Messi melepaskan tembakan melengkung yang tak terjangkau kiper Rui Silva.

Tujuh menit berselang, Messi mencetak gol keduanya dengan eksekusi tendangan bebas yang secara mulus melewati hadangan pagar hidup dan bersarang ke pojok bawah area tiang jauh.

Keunggulan Barcelona bertambah pada menit ke-63 saat Griezmann turut mencatatkan dwigol dengan penyelesaian klinis memanfaatkan umpan silang Ousmane Dembele.

Granada yang berusaha bangkit kian dipersulit sebab pada menit ke-78 mereka harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain setelah Jesus Vallejo menerima kartu merah karena menjatuhkan Martin Braithwaite dalam situasi serangan balik Barcelona. Kemenangan Barcelona membuat tim besutan Ronald Koeman itu kembali ke posisi ketiga dengan koleksi 34 poin, setelah sempat disalip Villarreal (32) sehari sebelumnya.

Sedangkan Granada (24) yang mendapati catatan positif nirkalah di tiga laga kandangnya berakhir tak beranjak dari urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.Barcelona kembali merumput pada Rabu (13/1) pekan depan saat menghadapi Real Sociedad dalam semifinal Piala Super Spanyol di Nuevo Arcangel, Cordoba.Sementara Granada akan tampil di babak 32 besar Copa del Rey melawan Malaga pada 16 atau 17 Januari nanti.


×