Manager Liverpool Juergen Klopp bersama Manager Manchester City Pep Guardiola berbicara pada akhir pertandingan. | Reuters/Carl Recine
17 Jan 2021, 09:46 WIB

Diam-Diam Klopp Simpan Nomor Baru Alex Ferguson

Ferguson sering mengganti nomor ponsel. Klopp sering berdialog dengannya seputar sepak bola.

LIVERPOOL -- Juergen Klopp berbicara tentang kedekatannya dengan Sir Alex Ferguson. Klopp merupakan pelatih Liverpool saat ini. Sementara Ferguson, mantan juru taktik atau lebih dikenal sebagai arsitek legendaris Manchester United.

Dua tim terbesar di Inggris itu bakal berhadapan pada pekan ke-18 Liga domestik musim 2020/21. Pasukan Klopp menjadi tuan rumah. Tepatnya di Stadion Anfield, menjelang Senin (18/1) dini hari WIB.

Pria Jerman itu bereaksi jelang bigmatch di rumah mereka. Ia berbicara banyak hal. Salah satunya seputar relasinya dengan Fergie. Mereka beberapa kali bertukar pesan. 

"Dia cukup sering mengganti nomornya, dan saya selalu mendapatkan versi terbaru, jadi itu suatu kehormatan," kata Klopp, dikutip dari Irishexaminer, Ahad (17/1).

Terkait

Pertemanan tersebut, tidak bisa mengubah tujuan masing-masing. Konteksnya ketika beberapa jam lagi, Liverpool dan Manchester United bertemu di lapangan.

Klopp bakal berusaha mati-matian agar tuan rumah meraih kemenangan. Begitu pun Fergie yang berharap United mendulang poin penuh di markas sang rival.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh jurgen klopp (jurgenklopp10)

Dua arsitek jempolan ini sudah bertukar sapa semenjak Klopp masih menangani Borussia Dortmund. Saat itu Fergie memasuki tahun-tahun terakhir di MU.

Sang senior menanyakan rencana masa depan dari arsitek asal Jerman itu. Tentang potensi Klopp ke Old Trafford sebagai pengganti dirinya. "Tidak sedikit kan saya berpikir demikian karena saya baik-baik saja di sini. Saya berada di tempat yang tepat," ujar pria 53 tahun itu.

Sejauh musim 2021/21, Liverpool dan Manchester United bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. Sebuah pemandangan langka dalam beberapa tahun terakhir.

Perlahan tapi pasti, Iblis Merah kembali ke habitatnya. Kini Paul Pogba dan rekan-rekan ada di singgasana klasemen sementara.

Dengan mengantongi 36 poin, skuat polesan Ole Gunnar Solskjaer unggul tiga angka atas the Reds di  tangga kedua. Walhasil duel di Anfield nanti bisa mengubah peta tabel klasifika dalam sekejap.

Andai MU menang, maka anak-anak Old Trafford terus menjauh. Tuan rumah pun terancam dilewati Manchester City. Sementara jika the Kop berjaya, maka klub kota pelabuhan itu sejenak kembali ke posisi teratas.

Jurgen Norbert Klopp lahir di Stuttgart, 16 Juni 1967 adalah seorang pemain dan pelatih sepak bola berkebangsaan Jerman yang saat ini merupakan pelatih kepala Liverpool. Klopp bermain untuk Mainz 05 sepanjang karier profesionalnya, sejak 1989 sampai 2001.

Posisi awalnya adalah sebagai penyerang atau striker, tetapi kemudian beralih menjadi bek sejak 1995. Sebelumnya ia bermain amatir di beberapa klub, seperti FC Pforzheim dan Eintracht Frankfurt II.

Pada 8 Oktober 2015, Klopp resmi menjadi pelatih Liverpool dengan kontrak tiga tahun. Klopp membawa Liverpool masuk ke final UEFA Europa League 2015-2016, final UEFA Champions League 2017-2018, dan menjuarai UEFA Champions League 2018-2019.

Setelah membawa Liverpool juara Champions League, Klopp juga membawa Liverpool menjadi juara UEFA Super Cup 2019 dan FIFA Club World Cup 2020 serta menjadikan Liverpool untuk pertama kalinya setelah 30 tahun menjadi juara Premier League 2019-2020.

photo
Sir Alex Ferguson mengenakan masker saat menyaksikan pertandingan, 19 September 2020 - REUTERS/Richard Heathcote - (X01348)

Ferguson

Sir Alexander Chapman "Alex" Ferguson CBE (lahir di Govan, Glasgow, 31 Desember 1941; umur 79 tahun) adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang pernah menangani Manchester United, di mana dia telah bertugas lebih dari 1.000 pertandingan.

Dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah, dia telah memenangkan lebih banyak trofi daripada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Dia telah menangani Manchester United sejak tanggal 6 November 1986 hingga 2013, menggantikan Ron Atkinson.

Di Manchester United, Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 13 gelar juara liga. Pada 1999, dia menjadi pelatih pertama yang membawa tim Inggris meraih treble dari Liga Utama, Piala FA and Liga Champions UEFA. Juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak lima kali, Fergie juga menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak tiga kali berturut-turut bersama tim yang sama (1998-1999, 1999-2000 and 2000-2001).

Pada 2008, dia bergabung bersama Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih dari satu kali. Ferguson resmi menyatakan pensiun sebagai pelatih United pada 9 Mei 2013. Posisinya digantikan oleh David Moyes terhitung mulai 1 Juli 2013.


×