Pemain Chelsea Kurt Zouma (kiri) dan Pemain Liverpool Mohamed Salah (kanan) berebut bola dalam sebauh pertandingan tahun 2020. | Laurence Griffiths/NMC/Pool/GETTY POOL
16 Jan 2021, 11:06 WIB

Berebut Puncak di Anfield antara Liverpool dan MU

Liverpool akan menjamu MU di Anfield dalam laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris.

LIVERPOOL – Pertarungan Liverpool kontra Manchester United (MU) selalu dinanti penggemar sepak bola, bukan hanya pendukung kedua tim. Tak peduli pada ajang apa pun, duel dua tim merah ini selalu menghadirkan sensasi berbeda. Maklum, keduanya masih berstatus dua tim tersukses di pentas sepak bola Inggris dan punya rivalitas panjang di Negeri Ratu Elizabeth.

Maka, bisa dibayangkan aroma panas yang menyelimuti saat kedua tim ini bertemu di liga dengan posisi puncak klasemen dipertaruhkan. Liverpool akan menjamu MU di Anfield dalam laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris pada Ahad (17/1). Hasil laga ini akan menentukan tim yang akan menguasai posisi teratas ketika seluruh pertandingan pekan ke-18 berakhir.

United unggul tiga poin atas tuan rumah yang berada di peringkat kedua dengan koleksi 33 poin dari 17 laga. Keberhasilan United membungkam Burnley, 1-0, pada laga tunda tengah pekan ini membawa tim besutan Ole Gunnar Solskjaer menggeser Liverpool di puncak klasemen sementara.

Alhasil, keberhasilan mencuri poin penuh di Anfield akan membawa United kian nyaman dengan keunggulan enam poin di puncak klasemen.

Terkait

Sebaliknya, jika tuan rumah yang menang, Liverpool akan kembali menduduki takhta sementara. Kemenangan Liverpool juga akan membuka jalan tim-tim lain, terutama Manchester City, makin mendekati posisi teratas. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Liverpool Football Club (liverpoolfc)

Kondisi itu tampaknya menjadi motivasi tersendiri bagi anggota skuat Iblis Merah, seperti diakui Ole Gunnar Solskjaer. Ia mengatakan, para pemainnya tahu ini akan menjadi laga sulit, tapi mereka telah siap. “Kami berada dalam kondisi dan posisi yang bagus serta masih lapar akan kemenangan. Rasanya tidak ada waktu yang lebih tepat buat kami untuk menghadapi Liverpool dibanding saat ini,”kata Solskjaer, seperti dilansir ESPN, beberapa waktu lalu.

Pelatih asal Norwegia itu tidak sesumbar mengenai kondisi mental bertanding anak-anak asuhnya yang semakin bagus. Sejak November, MU menjadi tim yang paling konsisten meraih poin. Setan Merah memetik sembilan kemenangan dan dua hasil imbang dari 11 laga terakhir di liga. MU juga memetik tujuh kemenangan dan hanya sekali imbang di laga tandang.

Kekalahan 0-2 di Anfield pada paruh kedua musim lalu menjadi kegagalan terakhir United meraih poin di laga tandang. Dengan kekalahan itu, United tercatat tidak pernah menang dalam lima kali lawatan terakhir ke Anfield. Terakhir kali United bisa membawa pulang tiga angka dari markas Liverpool adalah saat menang 1-0 lewat gol semata wayang Wayne Rooney pada 2016 silam.

Dengan tren positif penampilan dalam beberapa laga terakhir, United dinilai memiliki peluang besar untuk bisa mengakhiri kutukan di Anfield tersebut. Terlebih, Liverpool justru tengah terpuruk terkait performa di pentas Liga Primer Inggris. Di sepanjang periode pergantian tahun, Liverpool tercatat selalu gagal memetik poin penuh.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp pun mengaku masih belum puas dengan performa anak-anak asuhnya. Pelatih asal Jerman itu mengaku tengah mempersiapkan sesi khusus di latihan Liverpool guna bersiap menghadapi MU. Satu-satunya keuntungan Liverpool di laga itu adalah jeda antarpertandingan lebih lama daripada United. The Reds memiliki waktu kurang lebih sembilan hari untuk bisa memulihkan kondisi para pemain.

 

 

Menu latihan itu sangat penting untuk mengasah kembali ritme permainan, tapi jarang bisa kami lakukan karena padatnya jadwal.

 

JURGEN KLOPP, Pelatih Liverpool
 

“Kami akan memanfaatkan waktu tersebut semaksimal mungkin,'' tutur Klopp seperti dilansir Mirror.

The Reds tentu bertekad untuk meneruskan laju positif di kandang. Mereka memiliki rekor tidak terkalahkan di Anfield dalam 46 laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris.

 

Jadwal Liga Primer Inggris

Sabtu (16/1) WIB

19.30 Wolverhampton Wanderers vs West Bromwich

22.00 Leeds United vs Brighton & Hove Albion

22.00 West Ham United vs Burnley

Ahad (17/1) WIB

00.30 Fulham vs Chelsea

03.00 Leicester City vs Southampton

21.00 Sheffield United vs Tottenham Hotspur

23.30 Liverpool vs Manchester United

Senin (18/1) WIB

02.15 Manchester City vs Crystal Palace

Selasa (19/1)

03.00 Arsenal vs Newcastle United

 

Prediksi Susunan Pemain:

 

Liverpool (4-3-3)

Kiper: Allison

Belakang: Robertson, Fabinho, Williams, Alexander-Arnold

Tengah: Henderson, Thiago, Wijnaldum

Depan: Salah, Firmino, Mane

Pelatih: Jurgen Klopp

 

Manchester United (4-2-3-1)

Kiper: De Gea

Belakang: Shaw, Maguire, Bailly, Wan-Bissaka

Tengah: Fred, McTominay; Pogba, Fernandes, Rashford

Depan: Martial

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer


×