Pemain lini depan Barcelona Braithwaite mengejar bola dalam sebuah pertandingan. | EPA-EFE/Alejandro Garcia

Olahraga

Barcelona Memburu Trofi

Striker Barcelona Martin Braithwaite menegaskan tak ada niat meninggalkan klub .

JAKARTA -- Barcelona akan memulai langkah untuk memburu trofi pertama musim ini, yakni Piala Super Spanyol. Tim asuhan Ronald Koeman butuh dua kemenangan untuk bisa menjadi kampiun. Piala Super Spanyol memasuki tahun kedua memakai format baru empat tim dengan sistem gugur. 

Lawan pertama yang harus disingkirkan Lionel Messi dkk adalah Real Sociedad. Kedua tim akan beradu ketangguhan di Stadion Nuevo Arcangel, Kordoba, Kamis (14/1) dini hari WIB. Barcelona butuh trofi juara untuk mendongkrak mental pemain yang diterpa beragam masalah sejak awal musim.

Real Sociedad, yang tidak difavoritkan untuk pertandingan ini, akan kembali diperkuat bek Nacho Monreal. Ia sudah bugar dan telah berlatih penuh selama akhir pekan. Menurut laporan AS, Selasa (12/1), ia akan dimasukkan ke dalam skuad Imanol Alguacil untuk menghadapi Blaugrana. Berkebalikan dengan kabar positif Monreal, David Silva dan Artiz Elustondo kemungkinan tidak akan bertanding.

Sociedad tampil dengan modal kekalahan 2-3 di liga dari Sevilla akhir pekan ini. Txuri-urdin (Putih-Biru), yang sempat mengejutkan pada awal musim dengan memimpin klasemen La Liga, tengah menurun. Mereka satu-satunya tim di enam besar yang kalah pada akhir pekan lalu. Akibatnya, Sociedad melorot ke peringkat kelima dengan 30 poin dari 19 laga, delapan angka di belakang pemimpin klasemen Atletico Madrid.

Di lain pihak, Barcelona tengah melanjutkan kebangkitan mereka dengan kemenangan 4-0 atas Granada sebelum laga ini. Barcelona memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi delapan pertandingan, dengan enam di antaranya berakhir dengan kemenangan. Empat di antaranya terjadi pada laga tandang.

Pada musim 2019/2020, upaya Blaugrana untuk menjadi juara Piala Super Spanyol pupus di rintangan pertama. Atletico menyingkirkan mereka pada laga empat besar di Arab Saudi. Namun, secara keseluruhan, Barcelona memenangkan kompetisi ini dengan rekor 13 kali serta mengumpulkan 10 medali runner-up.

Untuk laga melawan Sociedad, Koeman bisa merotasi pemain di pertahanan. Clement Lenglet kembali dari masa skors dan Ronald Araujo telah pulih sepenuhnya dari cedera hamstring. Koeman diperkirakan akan bertahan dengan susunan pemain yang mengalahkan Granada dengan mudah, akhir pekan lalu.

Melesatnya Barcelona di pertengahan musim ini diiringi kembalinya Lionel Messi ke performa terbaiknya. La Pulga menyumbangkan dua gol dalam kemenangan atas Granada. Ia akan menjadi ancaman besar bagi Sociedad dengan kontribusi 25 gol (16 gol, sembilan assist) di semua kompetisi melawan Txuri-urdin.

"Barcelona membutuhkan Leo Messi. Karena dia sangat penting dan efektif. Kami membutuhkan dia untuk menyabet gelar," ujar Koeman dikutip dari Marca.

Barcelona superior dengan tak terkalahkan dalam 11 laga terakhir melawan Sociedad dengan sembilan di antaranya berakhir dengan kemenangan. Terakhir kali Sociedad menaklukkan Blaugrana terjadi pada April 2016 dengan skor 1-0.

Tetap bertahan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Martin Braithwaite (braithwaiteofficial)

Striker Barcelona Martin Braithwaite menegaskan tak ada niat meninggalkan klub pada jendela transfer musim panas. Dikutip dari Sportsmole, Selasa (12/1), mantan pemain Middlesbrough itu berseragam Barcelona tahun lalu sebagai penandatanganan darurat karena cedera panjang Ousmane Dembele dan Luis Suarez.

Namun ia gagal memenuhi ekspektasi Barcelona. Ia tak mampu seperti beberapa pemain Barcelona yang bersinar selama bertahun-tahun. Saat ini, Blaugrana terus dikaitkan dengan penyerang Lyon Memphis Depay.

Hal tersebut membuat spekulasi masa depan Braithwaite dipertanyakan di Camp Nou. Kehadiran Depay dapat menjadi penggantinya. Namun ia menegaskan akan terus berjuang mencapai kesuksesan di Barcelona musim di masa depan.

"Tidak mungkin saya akan pergi pada bursa transfer musim dingin atau bahkan di akhir musim. Musim depan, saya akan tetap mempertahankannya tentang memperjuangkan tujuan saya,” ujarnya.

 
Tidak mungkin saya akan pergi pada bursa transfer musim dingin atau bahkan di akhir musim.
 
 

Ia tak keberatan jika Barcelona mencari penyerang baru pada pasar bursa transfer. Ia tak merasa terancam dengan aktivitas klub. Menurutnya aktivitas tersebut dimaksudkan untuk memperkuat tim dan Barcelona memang mencari pemain terbaik dunia.

Ia mengatakn persaingan di dalam tubuh tim diperlukan dan tak membuatnya takut. Ia justru merasa tertantang dan termotivasi mengeluarkan kemampuan terbaik. Tim membutuhkan pemain terbaik untuk memberikan motivasi kepada semua orang.

"Musim ini, kami memiliki kemungkinan untuk memenangkan banyak gelar. Ini adalah tujuan saya dan saya tidak memikirkan hal lain. Inilah alasan mengapa saya bangun setiap hari dan bekerja sangat keras,” katanya.

Braithwaite telah tampil sebanyak 19 pertandingan musim ini di semua kompetisi. Pemain 29 tahun tersebut mencetak lima gol dan dua assist. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat