Pemain Atletico Madrid asal Brazil Renan Lodi menendang bola dalam sebuah sesi latihan. | EPA-EFE/ATLETICO MADRID

Olahraga

Misi Jaga Jarak Atletico

Atletico dalam kondisi nyaris full team, hanya tidak bisa menurunkan Hector Herrera karena cedera.

MADRID -- Atletico Madrid mempunyai waktu libur cukup panjang untuk kembali berlaga di La Liga sejak disingkirkan Cornella dari Copa del Rey, Kamis (7/1) dini hari WIB. Sebab, pertandingan melawan Athletic Bilbao yang sedianya digelar pada pekan lalu ditunda karena gangguan badai salju Filomena.

Situasi ini cukup menguntungkan bagi Los Rojiblancos untuk memulihkan tenaga dan mental pemain setelah tersingkir dari Copa del Rey. Apalagi, tim asuhan Diego Simeone akan menjamu lawan berat Sevilla dalam laga tunda pekan kesatu La Liga, di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (13/1) dini hari WIB.

Catatan Whoscored, Senin (11/1), Atletico dalam kondisi nyaris full team, hanya tidak bisa menurunkan Hector Herrera karena cedera. Sanksi larangan bermain selama 10 pekan untuk Kieran Trippier dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) ditangguhkan oleh FIFA. Itu artinya mantan pemain Tottenham Hotspur yang menjadi salah satu kunci kekuatan Atletico di lini bertahan dapat dimainkan.

Penyerang Internasional Portugal Joao Felix dapat dipasang untuk memberikan ancaman pada pertahanan Sevilla. Sebab, Felix yang mengalami cedera pergelangan kaki ketika turun di Copa del Rey sudah kembali pulih.

Atletico Madrid dan Lyon dikabarkan sudah saling sepakat untuk transfer Moussa Dembele. Dikutip dari Tribalfootball, Senin (11/1), Dembele rencananya bakal digunakan sebagai pengganti Diego Costa, yang minta dilepas oleh Los Rojiblancos.

Dembele memang sudah jadi target Atletico, bersama dengan Willian Jose. Namun Real Sociedad masih menolak untuk melakukan negosiasi dengan Atletico. Karena itu, perhatian pindah ke Dembele, dan disambut baik oleh Lyon. Padahal Lyon belum memberikan banderol untuk Dembele.

Tapi klub asal ibu kota Spanyol itu akan meminjam Dembele lebih dulu, dan bisa membelinya seharga 33 juta euro dalam enam bulan ke depan. Namun, badai Filomena membuat Dembele tidak bisa mengunjungi Spanyol, sampai paling tidak pekan depan.

Pemain asal Prancis itu akan berduet dengan Luis Suarez di lini serang skuad asuhan Diego Simeone tersebut. Ia akan jadi pelapis striker Uruguay itu di stadion Wanda Metropolitano, walaupun harus menjalani pemulihan cedera tangannya lebih dulu. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Atlético de Madrid (atleticodemadrid)

Terancam batal

Pertandingan pekan ke-17 La Liga Spanyol yang mempertemukan Atletico Madrid melawan Athletic Bilbao, Sabtu (9/1) malam WIB terancam batal akibat badai salju. 

Dalam laporan Marca, Sabtu (9/1), badai Filomena yang menerpa Spanyol selama sepekan membuat cuaca cenderung buruk. Hujan salju tebal terus turun menutupi jalan dan mengganggu penerbangan. 

Pesawat yang ditumpangi oleh rombongan tim Bilbao yang seharusnya sudah sampai pada Jumat (8/1) pukul 21.00 waktu setempat harus memutar balik karena bandara di Madrid tertutup salju. 

Hingga saat ini, belum ada kepastian kapan bandara ibukota Spanyol tersebut kembali beroperasi. Halangan semakin besar karena jalan darat menuju markas Atletico, Wanda Metropolitano juga terganggu. Lalu lintas di kota Madrid dikabarkan sedang lumpuh. 

Dua pelatih Bilbao yang sudah lebih dulu berada di kota Madrid sedang menunggu kepastian terkait pertandingan. Sementara, manajemen klub berusaha berkoordinasi dengan penyelenggara La Liga Spanyol tentang kepastian pertandingan. 

Sevilla

Sementara itu, Sevilla  dipastikan tak bisa menurunkan dua pemainnya yang cedera, yaitu Tomas Vaclik dan Sergio Escudero. Oliver Torres bisa dipasang di lini tengah Sevilla daripada Ivan Rakitic untuk membantu Youssef En-Nesyri yang memimpin serangan Sevilla. En-Nesyri tampil apik saat hattrick-nya ke gawang Real Sociedad membawa Sevilla meraih kemenangan 3-2 pada Sabtu (9/1).

Sejarah pertemuan kedua tim selalu berlangsung ketat. Dalam enam pertemuan terakhir, keduanya sama-sama mencatat satu kali kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Simeone yang terpukul karena tersingkir dari Copa del Rey memastikan langsung melupakan kekalahan tersebut dan membidik kemenangan atas Sevilla. Atletico masih bertengger di puncak klasemen La Liga dengan mengemas 38 poin dari 15 pertandingan, sedangkan Real Madrid di posisi kedua yang hanya berselisih satu poin.

 
Simeone yang terpukul karena tersingkir dari Copa del Rey memastikan langsung melupakan kekalahan.
 
 

Jarak poin yang tipis tersebut membuat persaingan puncak klasemen ketat. Barcelona mulai menemukan bentuk permainan terbaiknya, begitu pun dengan Lionel Messi. Ini mengharuskan Atletico tak tergelincir.

Real Madrid yang dapat menyalip kapan saja karena jarak poin yang sangat dekat juga memberikan tekanan besar kepada mereka. Untungnya, Atletico memiliki tabungan tiga pertandingan lebih banyak daripada dua rivalnya tersebut. Atletico tinggal menanti tumpukan salju yang dibawa oleh badai Filomena tak lagi menyelimuti Kota Madrid. Sebab, ada peluang laga ini kembali tak bisa digelar jika salju masih tebal.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat