Pemain Milan Davide Calabria (kedua dari kanan) tampil dalam pertandingan melawan Juventus, belum lama ini. | EPA-EFE/MATTEO BAZZI

Olahraga

AC Milan Mimpi akan Bangkit

Milan terancam tidak diperkuat pemain bintang

MILAN -- Pelatih AC Milan, Stefano Pioli menegaskan laga Serie A Italia pekan ke-17 kontra Torino, Ahad (10/1) dini hari WIB menjadi momen kebangkitan setelah dikalahkan Juventus. Kubu Rossoneri ditekuk Juventus dengan skor 1-3 di laga sebelumnya, Kamis lalu. Pioli menegaskan pihaknya tidak akan berlarut-larut dalam keterpurukan. 

"Kekalahan itu kami pandang dengan cara yang sama ketika menang. Kami melihat sisi positif dan negatifnya. Kami memang melakukan kesalahan yang mampu dimanfaatkan lawan," kata Pioli seperti dilansir laman resmi klub, Sabtu (9/1). 

Pioli menyampaikan, timnya selalu berusaha berkembang di situasi apapun. Ia mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan demi menjaga posisi puncak klasemen. 

"Hampir semua pemain meminta saya untuk memutar video pertandingan dan bertanya bagaimana mengevaluasinya. Ini membutikan bahwa kami haus akan kemajuan," ujarnya. 

Dengan sisa musim yang masih panjang, Pioli juga harus mengatur rotasi pemain demi mencegah cedera dan kelelahan fisik para penggawanya. Saat ini lima pemain utama Milan, Zlatan Ibrahimovic, Hakan Calhanoglu, Simon Kjaer, Ismael Bennacer,  dan Alexis Saelemaekers masih diragukan tampil melawan Torino. 

"Tim medis berkata bahwa Saelemaekers dan Bennacers baru bisa tampil melawan Cagliari (pekan depan). Sementara Ibrahimovic masih melanjutkan proses pemulihannya," ucap Pioli.

"Kjaer sedikit lelah dan Calhanoglu mengalami sakit pada pergelangan kakinya. Kami akan mengambil keputusan sebelum pertandingan terkait hal ini." 

Kalah tapi bangga

Catatan tak terkalahkan AC Milan pada ajang Seri A terhenti pada angka 27. Itu dihitung sejak pertengahan musim lalu. Milan baru saja ditumbangkan Juventus. Tampil di Stadion San Siro, Kamis (7/1) dini hari WIB, Rossoneri menyerah 1-3 dari sang juara bertahan. Anak-anak kota mode kembali ke bumi.

"Pertandingan yang sulit, tapi saya bangga dengan cara kami bermain," kata penggawa Il Diavolo, Davide Calabria, dikutip dari Football Italia.

Ia merasa timnya sudah memberikan segalanya. Namun, hasil akhir belum sesuai yang mereka harapkan. Meski demikian, skuat polesan Stefano Pioli masih kokoh di puncak klasemen.

Setelah grande partita tersebut, Pioli melihat kekecewaan pada rona wajah pasukannya. Namun, dengan cepat ia menetralisasi suasana. Menurut Pioli, Hakan Calhanoglu dan rekan-rekan harus bangga dengan pencapaian mereka sejauh ini.

"Kami membuktikan, malam ini, kami tim yang kuat," ujar Pioli menegaskan.

Tak berlebihan apa yang diutarakan allenatore 55 tahun itu. AC Milan turun dalam keadaan compang-camping. Melawan Juve, Rossoneri tidak diperkuat Zlatan Ibrahimovic, Ismael Bennacer, Sandro Tonali, Alexis Saelemaekers, Matteo Gabbia, Ante Rebic, hingga Rade Krunic.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AC Milan (acmilan)

Namun, pasukan merah-hitam tetap bisa merepotkan si Nyonya Tua. Kini, nasi sudah menjadi bubur. Selalu ada hikmah dari situasi apa pun. "Di sisi lain, kekalahan ini juga bagus karena sebelumnya kami tidak merasakannya," tutur Pioli.

Setelahnya, ia meminta anak asuhnya mempertahankan ambisi positif. Milan akan menghadapi Torino FC pada giornata ke-17. Duel tersebut berlangsung di San Siro, Ahad (10/1) dini hari WIB.

Kesempatan bagi Rossoneri untuk kembali ke jalur kemenangan. Tuan rumah bakal menjadikan Il Toro sebagai tumbal. Pelampiasan kekalahan dari sesama tim asal Turin.

Hanya saja, lagi-lagi Milan terancam tidak diperkuat pemain bintang. Kali ini giliran Calhanoglu yang diragukan tampil. Usai tampil melawan Bianconeri, gelandang serang asal Turki itu mengalami gangguan pada pergelangan kaki.

"Menurut Milannews.it, kondisinya masih perlu dievaluasi lagi. Ia dikhawatirkan mengalami keseleo atau memar," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia.

Motivasi menghindari bahaya bisa menjadi senjata pasukan merah marun di San Siro nanti. Menarik dinantikan adu taktik Marco Giampaolo versus Pioli di salah satu arena terbesar di Italia itu.

 

Prediksi susunan pemain

AC Milan (4-2-3-1)

Kiper: Gianluigi Donnarumma

Bek kiri, kanan: Theo Hernandez, Diogo Dalot

Bek tengah kiri, kanan: Alessio Romagnoli, Simon Kjaer

Gelandang bertahan kiri, kanan: Franck Kessie, Davide Calabria,

Sayap kiri, gelandang serang, sayap kanan: Jens Petter Hauge, Brahim Diaz, Samu Castillejo

Penyerang: Rafael Leao

Pelatih: Stefano Pioli

Torino (3-5-2)

Kiper: Salvatore Sirigu

Bek tengah kiri, tengah, kanan: Bremer, Lyanco, Armando Izzo

Bek sayap kiri, kanan: Nicola Murrru, Wilfried Singo

Gelandang tengah (kiri-tengah-kanan): Karol Linetty, Tomas Rincon, Sasa Lukic Penyerang kiri, kanan: Amer Gojak, Andrea Belotti

Pelatih: Marco Giampaolo

 

Lima pertemuan terakhir

17/02/2020: AC Milan 1-0 Torino

28/01/2020: AC Milan 4-2 Torino

26/09/2019: Torino 2-1 AC Milan

28/04/2019: Torino 2-0 AC Milan

09/12/2018: AC Milan 0-0 Torino

 

Data dan fakta:

0: Selama periode tersebut, gawang Rossoneri tidak kebobolan dalam 17 pertandingan.

3: Torino meraih kemenangan pada laga tandang terakhir Seri A musim ini. Torino baru saja mencukur Parma 3-0 di Ennio Tardini.

19: Dalam 21 pertandingan terakhir Seri A, Torino gagal menang pada 19 kesempatan.


23: Dalam 25 pertemuan terakhir melawan Torino di Seri A, AC Milan tak terkalahkan pada 23 kesempatan.

24: AC Milan tak terkalahkan dalam 24 laga kandang terakhir melawan Torino pada ajang Seri A.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat