Ilustrasi f1. | AP/Giuseppe Cacace/Pool AFP

Olahraga

Seri Perdana F1 Terancam Ditunda

Ancaman penundaan Seri Perdana F1 karena kembali maraknya Covid-19.

MELBOURNE -- Rencana untuk melintas pada balapan pembuka musim Formula 1 (F1) Grand Prix Australia di Melbourne dilaporkan terancam ditunda. Itu karena kembali maraknya tingkat pandemi Covid-19, pun pengetatan aturan karantina di Negeri Kanguru.

Meski telah berganti tahun, situasi terkait maraknya pandemi Covid-19 belum juga berangsur normal. Tak hanya Indonesia, angka kematian dan juga jumlah orang terpapar virus korona tersebut terus meningkat.

Situasi tersebut juga dirasakan oleh beberapa negara dari belahan dunia lain, seperti Australia. Karena alasan yang belum membaik secara signifikan, membuat agenda pun jadwal Grand Prix Australia 2021 di Melbourne terancam ditunda.

Sebelumnya, Australia sudah masuk ke dalam kalender resmi Formula 1 2021 sebagai seri pembuka pada 21 Maret 2021. Kalender tahun ini menyajikan sebanyak 23 balapan, jumlah terbanyak sepanjang sejarah F1.

"Pada 2020 kami membuktikan bisa membalap dengan aman dan mewujudkan apa yang sebelumnya dipikir sangat mustahil pada Maret. Jadi, kami telah menetapkan kalender 2021 dan menantikan kembali F1 pada Maret nanti," kata juru bicara F1 dilansir Reuters, Rabu (6/1).

Sebagaimana diketahui, Australia masih mempertahankan kontrol karantina yang ketat pada kedatangan turis internasional. Laporan media mengatakan, perlombaan 21 Maret di Albert Park kemungkinan akan diundur hingga akhir musim.

"Diskusi antara Australian GP Corporation, pemerintah, dan manajemen Formula 1 sedang berlangsung. Sebagai bagian dari diskusi tersebut, pemerintah akan terus memprioritaskan kesehatan masyarakat," kata juru bicara pemerintah bagian Victoria, seperti dilansir Reuters.

Sementara itu, Australian GP Corporation (AGPC) menyebut kans untuk mengulur perlombaan balap terbuka lebar dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah soal aturan kesehatan.

"Rincian lebih lanjut akan diberikan setelah finalisasi pengaturan dengan semua pihak dalam beberapa minggu mendatang," ujar APGC menjelaskan.

Grand Prix Australia tahun lalu dibatalkan hanya beberapa jam sebelum latihan pertama dimulai di sirkuit jalanan Albert Park, ketika seorang anggota tim McLaren dinyatakan positif terkena virus Covid-19.

Dengan demikian, terkait kemungkinan penundaan GP Australia, juga berdampak pada jadwal uji coba mereka pada musim dingin 2021 yang awalnya akan diadakan di Sirkuit Catalunya, Barcelona, selama tiga hari. Kini, direncanakan mendarat di Bahrain.

Hanya saja, masih ada ketidaksepakatan di antara tim-tim mengenai kapan tes tiga hari akan berlangsung di Bahrain. Alhasil, tanggal pengujian musim dingin belum dapat dikonfirmasi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FORMULA 1® (f1)

Formula Satu adalah kelas tertinggi balap mobil kursi tunggal yang diatur oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan dimiliki oleh Formula One Group. Terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum. Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor.

Mobil Formula Satu adalah mobil balap tercepat di dunia, karena kecepatan menikung yang dihasilkan oleh aerodinamika gaya turun. Mobil ini dapat mencapai kecepatan 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 850 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).

Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Sekarang ini Grand Prix telah diadakan di seluruh penjuru dunia, dengan seri balapan baru di Bahrain, Tiongkok, Malaysia dan Turki. Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya.

Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an. Sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II. Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950.

Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958. Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.

Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif di antara balapan mobil formula lain.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat