Pegawai sekolah membersihkan ruangan kelas di salah satu SMK di Badung, Bali, Selasa (5/1). Kegiatan pembelajaran secara tatap muka di wilayah Kabupaten Badung yang awalnya direncanakan dimulai pada awal bulan Januari 2021 ditunda sampai batas waktu yang | FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO
07 Jan 2021, 02:00 WIB

Sejumlah Daerah Tunda PTM

PTM di Indramayu yang awalnya hendak dimulai Januari ini juga batal dilaksanakan.

SURABAYA -- Sejumlah daerah kembali menunda pembelajan tatap muka (PTM) di sekolah. Pemerintah Kota Bandung menunda PTM di semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna, memastikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring tetap dilakukan pada semester genap 2020/2021. Ema mengatakan, kewenangan pengelolaan SMA memang berada di Provinsi Jawa Barat, tapi izin kegiatan PTM diserahkan kepada kabupaten dan kota.

"Masalah izin dan tidak diserahkan ke kabupaten kota. Anak SMA pun yang ada di wilayah kota bergantung izin wali kota, berlaku SMA PJJ," ujarnya, Rabu (6/1).

Penundaan PTM disebabkan kondisi pandemi Covid-19 di Kota Bandung masih naik turun. Per Selasa (5/1), kasus kumulatif di kota itu mencapai 5.901 orang, 559 di antaranya kasus aktif.

Terkait

Menurut Ema, beberapa sekolah sudah mengajukan PTM, tetapi untuk sementara pemerintah memutuskan ditunda. "Banyak yang mengajukan (tatap muka) tapi sementara di-pending," katanya.

photo
Petugas merapikan ruang kelas di SMKN 1 Bengkulu, Rabu (6/1). Berdasarkan keputusan Pemprov Bengkulu dan Satgas Penanganan Covid-19, pelaksanaan belajar tatap muka pada semester genap tahun 2021 ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan karena kasus Covid-19 di daerah tersebut terus meningkat. - (DAVID MUHARMANSYAH/ANTARA FOTO)

Pemkot Tasikmalaya juga akan menuda PTM dalam waktu dekat. Sebab, saat ini Kota Tasikmalaya masih berstatus zona merah (risiko tinggi) penyebaran Covid-19. 

"Kayaknya belum (bisa tatap muka). Namun besok malam kita rapat putuskan itu," kata Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Rabu (6/1). Pemkot Tasikmalaya, kata dia, akan mengikuti langkah yang diambil Kota Bandung. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Pelaksana Tugas Wali Kota Tasikmalaya yang berlaku hingga 8 Januari 2021, kegiatan pendidikan masih belum boleh dilakukan secara tatap muka.

Namun, untuk keputusan final mengenai PTM, akan dibahas kembali jelang pembelajaran semester genap dimulai. "Meski diperbolehkan dari SKB Empat Menteri, kita kayak-nya tunda dulu," kata dia.

PTM di Kabupaten Indramayu yang awalnya hendak dimulai Januari ini juga batal dilaksanakan. Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, Caridin mengungkapkan, keputusan itu diambil karena Covid-19 di Kabupaten Indramayu belum berakhir. "(PTM) untuk Kabupaten Indramayu ditunda sampai waktu yang belum bisa ditentukan,’’ kata Caridin, Senin lalu.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat sebanyak 14 provinsi akan melakukan PTM pada Januari 2021. Meskipun demikian, tidak seluruh daerah di provinsi tersebut akan melakukan PTM.

"Dari kajian kami dari rekap kami, daerah yang sudah siap ada 14 daerah provinsi. Meskipun setiap daerah itu tidak ada yang mutlak, tidak ada yang 100 persen siap betul," kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dasmen) Kemendikbud, Jumeri, Selasa (5/1).

Ia menegaskan, SKB Empat Menteri hanya memperbolehkan sekolah melakukan PTM, bukan mewajibkan. 


×