Tangkapan layar video klip lagu orisinal bertajuk Cipta di Batas Rasa. | Youtube

Geni

30 Dec 2020, 07:18 WIB

Cipta di Batas Rasa: Hiburan di Tengah Pandemi Covid-19

Cipta di Batas Rasa merupakan kolaborasi dengan aplikasi streaming musik JOOX.

Lagu-lagu dari para musisi selalu menemani, tak terkecuali saat pandemi Covid-19 seperti sekarang. Lewat karyanya, mereka bisa menghanyutkan pendengar dalam perasaan bahagia, sedih, berbunga-bunga, atau memberikan semangat untuk terus menjalani hidup.

Sebagai dedikasi untuk para musisi, Mondo Gascaro dan Agatha Pricilla menghadirkan lagu orisinal bertajuk "Cipta di Batas Rasa". Karya tersebut merupakan kolaborasi dengan aplikasi streaming musik JOOX.

Video dan lagu sudah dapat disimak di JOOX dan kanal media sosial JOOX. Menurut Mondo, lagu tersebut adalah tribute untuk semua musisi. "Karya mereka oase buat kita semua, inspirasi yang memberikan semangat dan harapan supaya ke depan bisa lebih baik," ujar Mondo.

Cipta bermakna buah pikir, sementara rasa mewakili hasrat yang selama ini tidak bisa tersampaikan atau terbatasi. Meski cipta ada di batas rasa, sudah di ujung putus asa, para musisi tetap bisa memberikan karya terbaik.

Mondo senang produksi lagu berjalan lancar meski di tengah pandemi Covid-19. Pandemi membuat banyak rencana terhambat, tapi tetap ada situasi spesial di tengah keterbatasan serta kesempatan baru yang bisa dieksplorasi.

Agatha melihat masa pandemi memberikan situasi sulit untuk semua orang, termasuk musisi. Akan tetapi, itu malah mendorong dia mencoba hal-hal baru. Pricil, panggilannya, punya lebih banyak waktu untuk menggali ide kreatif.

Ketika mendapat tawaran kolaborasi dari Mondo dan JOOX, Pricil sedang berada di Yogyakarta. Dia langsung melakukan rekaman di kamar hotel, dengan membuat studio dadakan dengan berbekal laptop dan perangkat lain.

"Pesan di balik proyek lagu ini sangat dibutuhkan musisi dan positif sekali, pas untuk proyek akhir tahun," kata Pricil.

Head of Marketing JOOX Indonesia Yuanita Agata menyampaikan makna di balik karya tersebut. Tahun 2020 yang penuh lika-liku tidak membuat musisi berdiam diri. Dia melanjutkan, justru mereka terus berkarya, menciptakan karya baru dengan pesan-pesan menggugah.

Karya para musisi menjadi teman melakukan kegiatan keseharian selama di rumah saja. "Melepaskan kepenatan, kejenuhan, juga menjadi mood booster saat bosan, sedih, dan di situasi apa saja," kata Yuanita.

Selain merilis lagu bersama Mondo dan Pricil, JOOX merilis kampanye #TerimaKasih2020. Pengguna aplikasi bisa menyampaikan rasa terima kasih kepada musisi favorit yang telah menemani sepanjang 2020.

JOOX pun memublikasikan daftar musisi dan lagu-lagu Tanah Air yang paling sering didengar setahun terakhir. Musisi di kategori "Top 5 JOOX Male Singers", yakni Andmesh, Fiersa Besari, Mahen, Rizky Febian, dan Glenn Fredly.

Pada kategori "Top 5 JOOX Female Singers", deretan musisinya, antara lain, Rossa, Bunga Citra Lestari, Mawar de Jongh, Via Vallen, dan Nella Kharisma. Sementara, lima band top, yakni Armada, Noah, Sheila on 7, Ungu, dan Dewa 19.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JOOX Indonesia (jooxid)

Lima lagu top yang paling banyak diputar, antara lain, "Pura-Pura Lupa" (Mahen), "Kumau Dia" (Andmesh), "Lebih dari Egoku" (Mawar de Jongh), "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta" (Tiara Andini), dan "Pelukku Untuk Pelikmu" (Fiersa Besari).

Untuk "Top 5 JOOX Album 2020", daftarnya, yakni Cinta Luar Biasa (Andmesh), Pura-Pura Lupa (Mahen), Tempat Aku Pulang (Fiersa Besari), The Best of Rossa (Rossa), serta Lebih dari Egoku dari Mawar de Jongh.

Ada tiga nama pada kategori Top Artis. Andmesh memiliki 1.995.443 pengikut di JOOX dan lagu-lagunya dimainkan sebanyak 48.750.207 kali. Sementara, Rossa punya 1.677.846 pengikut dan lagunya dimainkan sebanyak 28.553.141 kali.

Band Armada juga masuk daftar musisi top, dengan 701.937 pengikut dan karya lagunya dimainkan sebanyak 16.343.197 kali. Selama pandemi, jumlah pengguna fitur karaoke di JOOX melonjak sebanyak 30 persen.

Lebih dari 3.000 lagu karaoke diputar pengguna sejak awal merebaknya Covid-19. Deretan lagu karaoke favorit di JOOX, yakni "Pupus" dari Dewa 19, "Manusia Bodoh" dari Ada Band, "Bahas Bahasa" karya Barasuara, serta "Kenanglah Aku" milik Naff.

Berdasarkan riset yang digagas JOOX, pengguna aplikasi kerap mengakses musik kapan pun dan di manapun. JOOX mencatat bahwa rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari satu jam di aplikasi setiap hari dan ada lebih dari 600 lagu diputar setiap bulan.

Genre yang populer semakin bervariasi. Tidak hanya pop, tapi juga dangdut dan lagu-lagu indi. 

 
Selain mendengarkan lagu, karaoke juga menjadi salah satu kegiatan home-cation yang disukai pengguna.
YUANITA AGATA, Head of Marketing JOOX Indonesia
 


×