Pemain Atletico Madrid Renan Lodi menendang bola dalam sesi latihan belum lama ini. | EPA-EFE/ATLETICO MADRID

Olahraga

Atletico dan Real Madrid Berebut Puncak

Real Madrid sangat mungkin menggeser Atletico dari posisi puncak.

MADRID -- Dua klub asal ibu kota Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, akan saling berebut puncak klasemen La Liga dalam pertandingan Kamis (31/12) dini hari WIB. Real Madrid akan berhadapan dengan Elche, sementara Atletico bakal ditantang Getafe. Los Blancos yang sedang berburu enam kemenangan beruntun di liga wajib menang untuk bisa memanfaatkan situasi jika Atletico terpeleset.

Madrid dan Atletico sama-sama mengoleksi 32 angka di peringkat satu dan dua. Bedanya, Los Rojiblancos masih menyimpan dua pertandingan dibanding rivalnya. Real Madrid sudah bertanding sebanyak 15 kali, sementara Atletico baru 13 kali. Karena itu, tim asuhan Zinedine Zidane itu harus mengunci tiga angka guna menjaga peluang tetap berada di atas.

Real Madrid sangat mungkin menggeser Atletico dari posisi puncak, jika rival sekotanya itu imbang atau kalah. Meski masih kalah jumlah pertandingan, memimpin klasemen La Liga akan mendongkrak moral Karim Benzema cs dalam perburuan gelar liga. Bukan itu saja, Madrid pun mencatatkan rekor terbaik di La Liga dengan menjaga jarak delapan poin dari Barcelona.

Desember menjadi momentum transformasi Madrid baik di Liga Champions maupun La Liga, dengan enam kemenangan beruntun dari semua kompetisi. Nasib Zidane sempat terancam di awal musim ketika Madrid terseok-seok di liga dan fase grup Liga Champions. Namun, Zidane mampu membalikkan situasi.

Saat ini kondisi ruang ganti Real Madrid begitu kondusif. Para pemain Madrid, seperti Sergio Ramos, Toni Kroos, dan Luka Modric tampil apik musim ini. Juga tak ketinggalan performa menawan yang ditunjukkan Ferland Mendy dan Lucas Vasquez yang mampu menjawab kepercayaan saat dibutuhkan tim.

Zidane mengaku senang dengan kinerja pemainnya meski meminta mereka tidak berpuas diri. "Kami harus terus berjuang," ujar Zidane, dikutip dari Football-espana, Selasa (29/12).

Tidak ada alasan bagi Madrid untuk tidak menang, mengingat Elche hanya tiga kali menang dan enam kali imbang dari 13 pertandingan musim ini. Situasi ini membuat Los Franjiverdes hanya berjarak satu poin dari zona degradasi. Elche belum merasakan kemenangan sejak 23 Oktober walaupun punya dua pertandingan di tangan.

Tim asuhan Jorge Almiron diprediksi bakal memberikan masalah buat Madrid. Elche baru saja mendapatkan dorongan moral seusai menahan imbang Osasuna 2-2 pada pertandingan sebelum libur Natal  Bek Elche, Antonio Barragan, menegaskan timnya akan menghadapi Madrid dengan penuh ambisi. Apalagi Madrid merupakan salah satu tim terbaik di dunia. 

"Kami harus memanfaatkan peluang yang kami miliki. Kami mampu bersaing dengan siapa pun," kata Barragan, dikutip dari laman resmi klub.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Real Madrid C.F. (realmadrid)

Sementara itu, Los Rojiblancos kemungkinan masih akan berada di atas angin setelah mendapatkan dua kemenangan beruntun atas Elche dan Real Sociedad. Kemenangan itu membuat Atletico unggul selisih gol dari Madrid. Dengan dua pertandingan di tangan, Atletico punya peluang untuk memperkuat posisi mereka di klasemen. 

Jika terus menang sampai jumlah pertandingan semua tim sama, Atletico akan unggul enam poin dari Real Madrid, dengan catatan keduanya sama-sama terus menang. Namun, gonjang-ganjing nasib Diego Costa tentu berpengaruh pada upaya Diego Simeone meracik strategi.

Costa dikabarkan tak ikut latihan jelang laga melawan Getafe karena ingin membatalkan kontraknya di Wanda Metropolitano. Sedangkan, Kieran Trippier masih akan absen karena mendapat larangan bertanding dari FIFA.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat