barbeku ala Barat | Erdy Nasrul/Republika
26 Dec 2020, 06:02 WIB

Barbeku Seru Saat Tahun Baru 

Pilih peralatan dan cara memanggang yang tepat agar barbeku menjadi menyenangkan.

Barbeku menjadi salah satu aktivitas favorit keluarga menjelang pergantian tahun. Beberapa hal harus dipersiapkan agar acara barbeku bersama keluarga menjadi menyenangkan, mulai dari bahan-bahan makanan yang akan hingga peralatan yang hendak digunakan.

Sebagian orang memanfaatkan peralatan dapur yang sudah ada. Sebagiannya lagi memilih membeli peralatan baru, termasuk bahan bakarnya, seperti arang ataupun kayu bakar.

Barbeku adalah istilah yang merujuk baik terhadap teknik memasak panggang ataupun peralatan memanggang secara khusus. Istilah barbeku, bila digunakan sebagai kata benda, dapat merujuk pada daging yang dimasak dengan cara ini, atau merujuk kepada alat untuk memasak dengan cara ini ("panggangan barbeku" atau hanya "barbeku").

photo
Barbeku - (Pixabay)

Jika digunakan sebagai kata sifat, barbeku mengacu kepada makanan dimasak dengan cara ini. Istilah ini juga digunakan sebagai kata kerja untuk menyebutkan tindakan memasak makanan dengan cara ini.

Terkait

Beberapa pakar bahasa menjelaskan bahwa istilah barbecue berasal dari kata barabicu dari bahasa suku Taino di Karibia dan juga suku Timucua di Florida, dan memperkaya kosakata beberapa bahasa Eropa dalam bentuk barbacoa.

Secara khusus Kamus Bahasa Inggris Oxford melacaknya kembali ke Haiti, yang mengartikannya sebagai "jaringan tongkat yang dipasang di atas pasak".

Perbedaan umum yang dapat diterima antara barbeku dan pemanggangan adalah dari lama waktu memanggang dan jenis panas yang digunakan. Pemanggangan biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang singkat dengan menggunakan panas api langsung berkekuatan menengah hingga tinggi.

Sementara barbeku dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama dengan menggunakan panas tak langsung, dengan cara ini makanan memperoleh aroma dan cita rasa khas melalui proses pengasapan.

Memanggang biasanya dilakukan di lingkungan luar ruang dengan mengasapi daging di atas bara kayu atau arang. Restoran barbeku biasanya memasak hidangan ini dengan menggunakan oven besar berbahan bata atau logam yang khusus dirancang untuk tujuan itu. Barbeku memiliki banyak variasi regional dan dipraktikkan di banyak wilayah di dunia. 

Peralatan

Timbul pertanyaan, peralatan mana yang pas dipakai untuk barbeku sehingga memberikan aroma daging bakar yang khas? Menurut RnD Chef Abuba Steak, Wahyu Dwi Purnama, saat pesta barbeku, Anda boleh memakai bakaran biasa. Yang memengaruhi rasa makanan adalah arang yang digunakan untuk membakar. 

Arang memengaruhi rasa asap. "Kalau barbeque smoke itu taste smoke dan teksturnya lebih baik serta bisa disimpan, kalau bakaran biasa hanya daging matang dan dagingnya hasil dari barbeque grill tidak dapat di simpan lama untuk di makan," ujarnya ketika dihubungi Republika pada Ahad (20/12).

Wahyu menjelaskan, penggunaan peralatan biasa atau modern hanya terletak pengaturan update waktu, suhu, dan lainnya. Perbedaannya ada di aroma rasa pada bahan yang dibakar.

photo
Menu barbeku - (Pixabay)

Dia menyarankan, untuk menggunakan arang yang terbuat dari kayu buah (rambutan). "Kayu dari rambutan atau kayu buah-buahan itu membuat rasa dan aroma asap yang manis dan lebih nyaman," ujarnya.

Untuk menikmati barbeku, peralatan dan bahan yang dibutuhkan di antaranya alat bakar barbeku, smoke rub seasoning, bahan utama daging, ayam, makanan laut, serta sayur-sayuran.

Menurut Excutive Chef Dapur Kusumanegara Indonesia, chef Nurofik, barbeku lebih cocok dengan batu charcoal atau arang. Penggunaan alat tradisional seperti arang dapat memengaruhi aroma dan rasa. "Jelas berbeda rasanya tergantung cara masaknya dan alatnya," kata dia.

Perbedaannya, arang lebih menimbulkan rasa aroma, sementara peralatan panggang instan akan mengurangi rasa. Nurofik membagikan tip saat memanggang, Anda harus mengetahui cara atau metode memasak barbeku yang tepat. 

"Selain itu, harus mengunakan alat yang standar dan mengunakan bahan bumbu yang strong aromanya," ujarnya.

photo
Barbeku Korea atau Korean Barbeque - (Erdy Nasrul/Republika)

Peralatan panggang kekinian

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang tak bepergian ketika menyambut datangnya tahun 2021. Rutinitas tahunan seperti meramaikan pesta kembang api di tengah kerumunan ataupun makan malam bersama di mal atau restoran agaknya harus dipendam. 

Namun, bukan berarti Anda tak bisa menghadirkan makan malam seru bersama orang-orang tersayang. LocknLock sebagai produsen home appliance menciptakan LocknLock Multi Cooker sebagai alat memasak shabu–shabu dan bisa juga untuk grill.

photo
Tambahan menu barbeku - (Pixabay)

"Alat ini kami rekomendasikan agar tetap bisa memasak barbeku atau shabu–shabu, seperti di restoran Korea atau Jepang di rumah bersama keluarga tanpa harus keluar rumah yang berisiko saat pandemi seperti ini," ujar Public Relation Manager LocknLock, Artini Asputri.

LocknLock Multi Cooker menggunakan listrik sehingga menjadi lebih simpel dan aman digunakan tanpa ribet dibandingkan alat barbeku yang manual.  Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan pengaturan suhu. Ukurannya pun besar sehingga bisa digunakan bersama keluarga besar.

Selain LocknLock Multi Cooker, LocknLock juga mempunyai produk LocknLock Electric Grill Pan. "Sekarang kan musimnya grill yang di restoran Korea. Jadi, alat ini bisa digunakan di rumah tanpa harus ke restoran," ujar Artini.

photo
Daging barbeku yang mengeluarkan sari daging (juicy) - (Erdy Nasrul/Republika)

 

Tips memilih panggangan 

1. Pilih peralatan yang aman digunakan, misalnya saat ini sudah ada grill yang menggunakan listrik. 

2. Pilih panggangan yang alat-alatnya mudah dibersihkan dan ada lapisan antilengket sehingga tidak sulit saat membersihkannya.

3. Pilih yang multifungsi, seperti LocknLock Multi Cooker sehingga bisa digunakan secara bervariasi. Untuk membuat sup Korea atau shabu-shabu dan juga dapat digunakan untuk memanggang, seperti di restoran Korea atau Jepang. 


Terkini

×