Pemain Real Madrid mengekspresikan kebahagiaan setelah merobek gawang kesebelasan SD Eibar 1-0 di Stadion Ipurua, Eibar, Spanyol, 20 Desember 2020. | EPA-EFE/Juan Herrero

Olahraga

Real Madrid Jaga Momentum

Real Madrid bermodal kuat memenangkan pertandingan bila performa Karim Benzema bagus.

MADRID -- Real Madrid meraih lima kemenangan terakhir secara beruntun setelah sebelumnya tampil tidak konsisten. Madrid pun menempel ketat Atletico Madrid di puncak klasemen La Liga Spanyol dengan sama-sama mengemas 29 poin. Namun, Atletico memiliki dua tabungan laga lebih banyak dibandingkan Madrid.

Menjamu Granada dalam lanjutan La Liga, di Stadion Alfredo Di Stefano, Kamis (24/12) dini hari WIB, Madrid mengemban misi mempertahankan momentum kemenangan. Hal tersebut terbuka lebar jika melihat catatan statistik pertemuan keduanya. Dalam enam pertemuan terakhir, Madrid menyapu bersih kemenangan atas Granada. Los Blancos pun memenangkan 11 dari 13 laga kandang terakhir di La Liga.

Selain itu, Madrid juga memiliki modal kuat memenangkan pertandingan apabila melihat performa Karim Benzema yang terus menunjukkan ketajamannya. Striker internasional Prancis itu kini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak La Liga dengan tujuh gol dan hanya terpaut satu gol dari top skorer sementara, Gerard Moreno, dari Villarreal.

Karim Mostafa Benzema lahir di Lyon, Prancis, 19 Desember 1987 adalah seorang pemain sepak bola profesional Prancis keturunan Aljazair yang saat ini bermain untuk tim La Liga Spanyol, Real Madrid. Dia bermain sebagai penyerang yang dapat difungsikan juga sebagai pemain sayap dan terkenal karena kemampuan teknik, gaya permainan, dan kemampuannya dalam mencetak gol. Ia dideskripsikan sebagai seorang "penyerang bertalenta hebat" yang "tangguh dan mengagumkan" dan "seorang penuntas serangan yang efektif di kotak penalti."

Lahir di kota Lyon, Benzema memulai karier sepak bolanya di klub lokal, Bron Terraillon. Pada 1996, ia bergabung dengan klub terbesar di kota tersebut, Olympique Lyonnais, dan kemudian menembus akademi klub tersebut. Benzema tampil pertama kali pada musim 2004–2005 Ligue 1, dan tampil secara sporadis di tiga musim pertamanya, sementara Lyon menjuarai tiga gelar liga.

photo
Karim Benzema. (AP Photo/Bernat Armangue) - (AP Photo/Bernat Armangue)

Pada musim 2007–2008, ia menjadi pemain yang tampil sejak awal pertandingan secara reguler dan mencetak lebih dari 30 gol dalam musim tersebut. Karena performanya, Persatuan Pemain Sepak Bola Profesional Prancis (UNFP) menganugerahinya gelar Pemain Terbaik Ligue 1 dan masuk ke Tim Terbaik. Benzema juga menjadi pencetak gol terbanyak di liga, dan memenangi Penghargaan Bravo dari majalah Italia, Guerin Sportivo.

Setelah satu musim di Lyon, pada Juli 2009, Benzema menandatangani kontrak enam tahun dengan klub Spanyol, Real Madrid. Setelah berjuang keras untuk mendapat tempat utama pada musim pertamanya di Los Blancos, ia sukses menjuarai Piala Raja Spanyol 2010-11 dan Liga Spanyol 2011-12 bersama tim Madrid tersebut dan mencetak total 58 gol. Pada Desember 2011, ia dianugerahi gelar Pemain Prancis Terbaik oleh majalah France Football.

Benzema merupakan mantan pemain nasional junior Prancis. Ia telah bermain untuk negaranya sejak level U-17 ke atas. Sebelum bermain untuk tim senior, ia bermain untuk tim U-17 yang menjadi juara Eropa pada 2004, bersama nama-nama seperti Samir Nasri dan Hatem Ben Arfa.

Benzema tampil buat pertama kali untuk tim senior pada Maret 2007 dengan sebuah gol semata wayang pada laga persahabatan melawan Austria. Benzema telah mewakili Prancis pada dua turnamen utama, Piala Eropa 2008 dan Piala Eropa 2012.

Zidane meneruskan keadaan yang ada

photo
Zinedine Zidane - ( REUTERS/Susana Vera)

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane tak menerapkan kebijakan seperti yang dilakukan pada musim-musim sebelumnya mengenai penentuan starting XI sebagaimana dikutip dari Marca, Selasa (22/12). Kali ini Zidane tidak banyak melakukan perubahan di setiap pertandingan. 

Pelatih asal Prancis itu dalam beberapa pertandingan memasang pemain yang sama. Luka Modric dan Toni Kroos selalu dimainkan di lini tengah. Ia juga terlihat sudah senang memakai Karim Benzema di posisi ujung tombak.

Granada harus mencari cara tepat menghentikan agresivitas permainan Madrid di tengah krisis pemain. Granada dipastikan tak bisa memainkan Neyder Lozano dan Angel Montoro yang cedera. Sedangkan, Maxime Gonalons terkena sanksi larangan bermain akibat kartu merah. Victor Diaz, Fede Vico, serta Darwin Machis juga diragukan tampil.

Karim Benzema yang baru saja mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik La Liga musim 2019/2020 berkomitmen memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Bagi Benzema, penghargaan itu sangat berarti untuk melecut semangatnya.

"Ide saya adalah menunjukkan setiap hari bahwa saya bisa bermain untuk klub terbaik di dunia ini,” kata Benzema seusai penerimaan penghargaan tersebut.

Namun, sama seperti Madrid, Granada masih memiliki senjata utama di lini depan, yaitu Roberto Soldado. Penyerang 35 tahun itu punya pengalaman yang tak bisa diremehkan. Hal tersebut bisa menjadi ancaman bagi pertahanan Madrid jika tak diantisipasi dengan baik.

Soldado kini telah mencatatkan empat gol dan satu assist di semua kompetisi. Performa Granada pun relatif stabil dengan bertengger di posisi keenam klasemen sementara. Tim asuhan Diego Martinez kini mengemas 21 poin hasil dari 13 laga.

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat