Calon penumpang kereta api menunggu giliran tes cepat antigen Covid-19 di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (22/12). Ribuan calon penumpang mengikuti tes cepat antigen Covid-19 sebagai syarat untuk melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kereta api sela | Republika/Thoudy Badai
23 Dec 2020, 03:00 WIB

Masyarakat Tetap Bepergian 

Kasus Covid-19 dan pengetatan syarat perjalanan tak menyurutkan masyarakat bepergian ke luar daerah

JAKARTA -- Masih tingginya penularan kasus Covid-19 dan pengetatan syarat perjalanan tak menyurutkan masyarakat untuk bepergian ke luar daerah menjelang libur Natal dan tahun baru. Arus pergerakan penumpang transportasi umum, seperti pesawat udara, kereta api, hingga kapal laut mengalami peningkatan. 

Maraknya warga yang bepergian terlihat dari ramainya Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (22/11). Calon penumpang tetap rela antre berjam-jam untuk mengikuti tes cepat antigen sebagai salah satu syarat perjalanan. 

Direktur Operasi dan Pelayanan AP II II Muhammad Wasid mengatakan, Bandara Soetta saat ini cukup sibuk melayani arus mudik dalam periode angkutan Natal dan tahun baru 2020/2021. Dia mengatakan, jumlah penumpang terus meningkat dalam beberapa hari terakhir. Namun, ia  enggan menyebutkann angka lonjakan penumpang. 

“Yang pasti begitu banyak penumpang dengan berbagai tujuan ke seluruh Indonesia. Kami persiapkan personel semaksimal mungkin. 100 persen staf dikerahkan,” kata Wasid dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (22/12).

Terkait

photo
Calon penumpang mengantre untuk mengikuti rapid test antigen di area Terminal 1 Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur , Selasa (22/12). Pengelola Bandara Juanda membuka layanan rapid test antigen bagi calon penumpang jasa penerbangan sebagai upaya antisipasi dan menekan transmisi virus Covid-19 saat liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. - (Umarul Faruq/ANTARA FOTO)

Wasid mengimbau calon penumpang pesawat dapat melakukan tes Covid-19 terlebih dahulu di fasilitas-fasilitas kesehatan. Hal tersebut dapat dilakukan sebelum tiba di Bandara Soekarno-Hatta agar proses keberangkatan berjalan lancar.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, surat hasil tes Covid-19 akan divalidasi personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). Pemeriksaan juga akan dilakukan oleh petugas check-in maskapai.

Menurut Agus, bagi calon penumpang yang telah memiliki surat tes Covid-19 sebelum tiba di bandara, bisa datang dua jam sebelum keberangkatan.  "Bagi yang berencana melakukan tes Covid-19 di bandara, kami sarankan untuk tiba empat jam sebelum keberangkatan,” kata Agus. 

Saat ini, Bandara Soetta memiliki tujuh lokasi tes Covid-19. Semua lokasi tersebut berada di Airport Health Center di Terminal 2 (Stasiun Skytrain untuk layanan langsung datang), Terminal 2D (layanan prapesan), Terminal 3 (SMILLE Center), dan area lounge umroh Terminal 3.

Selain itu, lokasi tes berada di drive thru lapangan parkir Terminal 3, Terminal 2, dan Terminal 1. Di setiap lokasi Airport Health Center disediakan shuttle bus untuk mengarahkan calon penumpang pesawat melakukan tes di lokasi lain jika antrean sudah menumpuk. 

Di Jawa Timur, pergerakan penumpang tercatat terus meningkat di Bandara Juanda, Sidoarjo. Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara Juanda Yuristo Ardi Hanggoro mengungkapkan, pada Sabtu Sabtu (19/12) ada sekitar 21.962 penumpang yang melakukan perjalanan dari Bandara Juanda. Selanjutnya, pada Ahad (20/12) ada sebanyak 23.091 penumpang dan pada Senin (21/12) terdapat 19.863 penumpang yang berangkat dari Bandara Juanda. 

photo
Calon penumpang kereta api menunggu giliran tes cepat antigen Covid-19 di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (22/12). - (Republika/Thoudy Badai)

"Sudah ada peningkatan karena hari biasa per November hingga pertengahan Desember 2020, kami hanya melayani 18 ribu hingga 19 ribu penumpang per harinya," ujar Yuristo kepada Republika, Selasa (22/12).

Yuristo melanjutkan, penerbangan dari Bandara Juanda menuju bandara lainnya wajib menunjukkan rapid test antigen dengan hasil negatif. Sedangkan untuk tujuan Bali wajib menyertakan surat keterangan negatif test swab PCR. Bandara Juanda juga telah memiliki layanan rapid test antigen dan antibody yang berada di area pelataran parkir roda empat Terminal 1 (T1).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan melayani masa angkutan Natal dan tahun baru 2020/2021 sejak 18 Desember hingga 6 Januari 2021. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, hingga Senin (21/12), KAI telah memberangkatkan 131 ribu penumpang kereta jarak jauh. "Yang menjadi rute favorit adalah Jakarta menuju Yogyakarta dan Surabaya," kata Joni, Selasa (22/12). 

Joni memastikan, KAI mematuhi dan mendukung sepenuhnya aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Khususnya terkait syarat perjalanan orang di angkutan kereta api pada masa libur panjang untuk memutus penyebaran Covid-19.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengungkapkan, lonjakan penumpang terjadi sejak Jumat (18/12). Rata-rata penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya mulai 18 Desember berada di angka 15 ribu.

 
Lonjakan penumpang terjadi sejak Jumat (18/12). Rata-rata penumpang di wilayah Daop 8 Surabaya berada di angka 15 ribu.
 
 

Padahal, pada 1-15 Desember, rata-rata penumpang harian berkisar 10 ribu hingga 13 ribu penumpang. "Sementara pada Selasa ini mencapai 15 ribu orang," ujar Suprapto kepada Republika, kemarin. 

Di sektor transportasi laut, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mencatat sebanyak 98.340 penumpang sudah dilayani sejak H-14 (11 Desember) hingga H-4 (20 Desember) menjelang Natal 2020. Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni OM Sodikin mengatakan, jumlah penumpang tersebut terdiri dari kapal penumpang dan kapal perintis.

“Jumlah penumpang sebanyak 80.700 pelanggan tercatat telah bepergian dengan kapal penumpang dan 17.640 pelanggan telah bepergian dengan kapal perintis,” kata Sodikin.

Khusus pada H-4 menjelang Natal 2020 atau 20 Desember, Sodikin mengatakan Pelni telah mengangkut hingga 12.703 penumpang pada kapal penumpang dan kapal perintis. Dia memastikan, dalam operasionalnya Pelni tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Lonjakan penumpang kapal salah satunya terlihat di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Kota Sabang. Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Adrian, menyebutkan, pada 7-13 Desember jumlah penumpang dari Banda Aceh menuju Sabang sebanyak 5.399 orang.

Kemudian, mulai terlihat adanya lonjakan penumpang mulai 14 hingga 20 Desember 2020, yakni sebanyak 7.984 orang. "Karena sudah terjadi lonjakan penumpang kami harus menambah kembali jadwal keberangkatan," katanya. 

Sidak 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta satgas di daerah untuk segera melakukan screening berupa inspeksi mendadak (sidak) terhadap masyarakat yang melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi. Sidak dilakukan di pintu-pintu masuk perbatasan daerah, baik provinsi atau kabupaten/kota. Pernyataan satgas pusat ini merespons masih minimnya pengawasan di lapangan, khususnya di perbatasan antarprovinsi. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, sidak rapid antigen dilakukan untuk mendorong masyarakat secara sadar melakukan pemeriksaan mandiri sebelum melakukan perjalanan antarwilayah. Sebab, periode libur panjang dikhawatirkan memicu lonjakan kasus Covid-19 dikarenakan tingginya mobilitas manusia. 

"Sidak dilakukan bagi mereka yang menggunakan transportasi darat di beberapa titik pemeriksaan melalui pembentukan pos pengamanan terpadu, seperti terminal atau rest area. Satgas daerah akan melakukan sidak di titik tertentu," kata Wiku dalam keterangan pers, Selasa. 

Pemerintah, ujar Wiku, meminta masyarakat agar melakukan pemeriksaan rapid test antigen sebelum melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi. Ia mengingatkan, pemeriksaan mandiri dilakukan tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, namun juga orang-orang terdekat dari penularan Covid-19. 

photo
Warga antre saat akan melakukan tes cepat atau rapid test antigen di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (22/12). PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo membuka layanan tes cepat atau rapid test antigen bagi calon penumpang jasa penerbangan serta masyarakat umum sebagai upaya antisipasi dan menekan transmisi virus Covid-19 saat liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. - (Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO)

"Satgas pusat meminta kepada satgas di daerah untuk segera melakukan pengawasan di wilayah perbatasan sebagai screening terhadap pelaku perjalanan," kata Wiku. 

Diberitakan sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub telah menerbitkan SE nomor 20 tahun 2020 terkait perjalanan orang dengan transportasi darat sepanjang periode Natal dan Tahun Baru. Aturan yang berlaku sejak 19 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021 tersebut mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan dari dan ke Jawa serta antarwilayah di Jawa untuk melakukan rapid test antigen paling lama 3x24 jam sebelum keberangkatan. 

Pemerintah daerah menyatakan bakal memperketat pengawasan kepada para pendatang. Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, ia telah menugaskan petugas Dinas Kesehatan untuk bersiaga di terminal tujuan bus antar kota antar provinsi (AKAP).

"Hal itu untuk menyaring para pendatang yang kemungkinan reaktif atau positif Covid-19," kara Mundjirin. 

Ia menyampaikan, masih tingginya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Semarang menjadi perhatian Pemkab Semarang, terutama jika dikaitkan dengan momentum libur akhir tahun. Oleh karena itu, ia menginstruksikan dinkes dan dinas perhubungan memperketat pengawasan terhadap para para pendatang.

Sumber : Antara


×