Petugas kesehatan menunjukan sample spesimen usai melakukan tes usap (Swab test) kepada karyawan Republika, Jakarta, Kamis (17/12). | Prayogi/Republika

Nasional

Dompet Dhuafa Tes Usap Karyawan Republika

Tes usap gratis ini menjadi salah satu program yang ditunggu masyarakat.

JAKARTA—Dompet Dhuafa bersama Republika Media Mandiri menggelar tes usap untuk karyawan Republika, Kamis (17/12). Sekitar 30 karyawan Republika mendapat fasilitas swab test ini di kantornya di Jalan Warung Buncit Raya Nomor 37, Jakarta Selatan.

Petugas laboratorium Dompet Dhuafa Sigit menuturkan, tes usap ini sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran. Sebab, penyebaran kasus positif Covid-19 di perkantoran di Jakarta juga mengkhawatirkan.

"Hari ini dijadwalkan ada 28 orang yang dites di kantor (Republika), selain satu lainnya yang datang ke klinik. Lebih kurang, ada sekitar 30 orang yang dilakukan swab kali ini,’’ tutur Sigit di kantor Harian Republika, Kamis (17/12).

photo
Karyawan Republika menjalani tes usap di Kantor Republika, Jakarta, Kamis (17/12). Tes yang diikuti oleh puluhan karyawan Republika itu dilakukan atas kerja sama Republika dan Dompet Dhuafa untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di tempat kerja - (Prayogi/Republika)

Ia menambahkan, kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di kantor Republika. Meski demikian, dia tak menampik jika kerja sama lainnya telah dilakukan bersama dengan berbagai pihak. Sigit menuturkan, selain menggelar tes usap dengan Republika, Dompet Dhuafa juga sudah menggelar beberapa tes usap gratis untuk masyarakat. 

Menurutnya, tes usap gratis ini menjadi salah satu program yang ditunggu masyarakat karena biaya tes usap dinilai mahal, terutama untuk kaum dhuafa. "Itu sudah kami lakukan. Titik yang saya sambangi ada banyak. Kita meng-cover wilayah Jabodetabek," ujarnya.

Namun, pihak Dompet Dhuafa mengakui belum bisa menjangkau seluruh masyarakat terutama di wilayah Jabodetabek. Sigit mengatakan, pelaksanaan tes usap selalu menempatkan wilayah dan pihak yang dinilai mendesak untuk dilakukan pencegahan penyebaran kasus Covid-19. 

photo
Karyawan Republika menjalani tes usap di Kantor Republika, Jakarta, Kamis (17/12). Tes yang diikuti oleh puluhan karyawan Republika itu dilakukan atas kerja sama Republika dan Dompet Dhuafa untuk mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di tempat kerja - (Prayogi/Republika)

Di lokasi yang sama, Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji menyambut baik kerja sama tes usap ini. Menurutnya, hal tersebut menjadi bagian dari usaha bersama semua pihak untuk menjaga masyarakat agar terhindar secara dini dari penyebaran wabah Covid-19. Dia melanjutkan, dengan adanya tes usap secara massal pula, diharapkan proses tracing, tracking dan treatment (3T) bisa semakin baik.

Hal itu juga sejalan dengan upaya yang digaungkan oleh pemerintah. Hasan menegaskan, saat ini kasus harian dan total positif Covid-19 secara nasional ataupun di Jakarta semakin tinggi. Sehingga, memang perlu menjadi kewaspadaan bersama semua pihak. Oleh sebab itu, dengan adanya kerja sama dan upaya yang konsisten dari Dompet Dhuafa, ia mengucapkan rasa terima kasihnya. 

"Kami sampaikan terima kasih atas peran serta Dompet Dhuafa dalam menjaga agar kita semua tetap menjaga iman, aman, dan imun," tegasnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat