Warga membawa beras yang diterimanya saat pemberian bantuan di Kelurahan Wergu, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/5/2020). Bantuan oleh BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) sebanyak 155 ton beras kepada 15 | YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO

Khazanah

Baznas-DD Sinergi Peringati Hari Guru

Baznas dan DD mengajak masyarakat menghormati guru.

 

 

 

JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Dompet Dhuafa (DD) berkolaborasi memperingati Hari Guru Nasional (HGN) melalui kanal Youtube Baznas TV, Rabu (25/11). Kolaborasi dua lembaga zakat ini merupakan bentuk apresiasi terhadap para guru di seluruh Indonesia.

"Peringatan Hari Guru Dompet Dhuafa bekerja sama dengan Baznas ini tidak sekadar bicara seremoni. Sejak beberapa pekan, Baznas dan Dompet Dhuafa membuat kolaborasi berbagai macam kegiatan, semacam amal kebaikan, gerakan kebaikan untuk para guru," kata Direktur Pendidikan DD, M Syafi'ie El Bantanie.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap para guru, terutama dari segi ekonomi. Karena itu, Baznas dan DD melakukan aksi bersama untuk membantu para guru, terutama yang berada di daerah terpencil.

"Mudah-mudahan menjadi pemantik, pemicu untuk lebih baik, memperhatikan para guru di Nusantara, mereka pendidik Indonesia, maka akan melahirkan generasi terbaik," ujar Syafi’ie.

Adapun bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk materi. Namun, juga hal lain yang bersifat capacity building karena dinilai jauh lebih penting diberikan kepada para guru.

Sementara itu, Kepala Divisi Pendistribusian Baznas Ahmad Fikri mengatakan, dalam situasi pandemi saat ini, para guru menghadapi tantangan agar tetap bisa mengajar anak didiknya. Dengan gigih, mereka berusaha melewati tantangan tersebut.

"Banyak media yang meliput kegiatan mereka. Kita perlu kolaborasi lebih lanjut agar mereka bisa kita bantu," kata Ahmad.

Dalam memperingati Hari Guru Nasional 2020, Baznas yang diwakili Lembaga Beasiswa Baznas bersama DD yang diwakili oleh DD Pendidikan berkolaborasi dengan menggelar berbagai kegiatan perlombaan melalui kanal media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Lomba tersebut di antaranya lomba ucapan terima kasih kepada guru yang diikuti para orang tua siswa sekolah dasar (SD) serta siswa SMP dan SMA. Ada pula lomba video guru heroik yang dapat diikuti oleh para peserta dari seluruh Indonesia.

Selain aneka perlombaan, diadakan pula minikonser, video teaser, dan puncak peringatan Hari Guru Nasional 2020. Diharapkan sinergi ini dapat menjadi jembatan untuk mensyiarkan zakat lebih luas lagi, terutama pada bidang pendidikan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat