In | AP

Halaman 2

BJ Habibie Dikebumikan

Ribuan warga mengantarkan BJ Habibie ke haribaan Ibu Pertiwi.

JAKARTA ? Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari, Kamis (12/9). Presiden Joko Widodo yang melepas kepergian almarhum BJ Habibie menekankan pentingnya peran yang bersangkutan terhadap bangsa dan negara.

"Saya presiden RI atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum. Nama Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie. Jabatan, presiden ketiga RI. Putra dari Bapak Alwi Abdul Jalil Habibie almarhum yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluhuran negara dan bangsa pada Rabu 11 September 2019," kata Jokowi saat pemakaman di TMP Kalibata, kemarin.

Habibie berpulang setelah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Mantan menteri riset dan teknologi dan wakil presiden RI tersebut menjalani perawatan intensif oleh tim dokter kepresidenan di RSPAD sejak 2 September 2019. Proses pemakaman Habibie dimulai dengan penyerahan jenazah BJ Habibie dari keluarga kepada negara.

Jenazah dibawa dari kediaman BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XII/3, Kuningan, Jakarta Selatan, oleh sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden berseragam merah. Selanjutnya, para anggota Paspampres membawa jenazah BJ Habibie dalam peti yang diselimuti kain Merah Putih. Dari pihak keluarga, putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, menyerahkan jenazah ayahnya. Sekitar pukul 13.00 WIB, jenazah diberangkatkan dari rumah duka menuju TMP Kalibata, Jakarta.

Almarhum kemudian dimakamkan secara militer dalam upacara yang dipimpin Presiden Jokowi yang dimulai pukul 13.45 WIB. Mengawali upacara pemakaman, terlebih dahulu dibacakan riwayat hidup singkat BJ Habibie. Kemudian Presiden Jokowi membacakan apel persada sebelum melepas jenazah. Bapak Dirgantara itu dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari, di sektor 120-121.

"Hari ini, salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ketiga RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie, berpulang ke pangkuan-Mu menuju alam abadi".
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kemudian membacakan doa pada pemakaman tokoh kelahiran Pare-Pare 83 tahun silam itu. "Hari ini, salah satu pahlawan dan kusuma bangsa terbaik kami, Presiden ketiga RI yang kami kasihi, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie, berpulang ke pangkuan-Mu menuju alam abadi," kata Menag.

Lukman juga mendoakan agar Allah mengampuni semua kesalahan almarhum Habibie. ?Dan masukkanlah ia ke dalam kelompok hamba-hamba-Mu yang berhak menikmati surga," kata Menag.

Tampak para tokoh nasional turut menghadiri acara pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata itu. Di antaranya, Wakil Presiden Jusuf Kalla; Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri; Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono; istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, beserta putri mereka Yenny Wahid; Wakil Presiden keenam RI Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 RI Boediono, serta Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz.

Selain itu, hadir juga juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Ketua Umum ICMI Jimmy Asshiddiqie.

Para menteri yang hadir, antara lain, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan sejumlah menteri lainnya. Tokoh-tokoh masyarakat lainnya serta selebritas juga menghadiri pemakaman tersebut.

Menjelang prosesi pemakaman, ratusan ribu warga sipil sudah menunggu kedatangan jenazah BJ Habibie di depan TMP Kalibata. Terik matahari tak membuat mereka bergeser dari tempatnya menunggu rombongan jenazah. Warga tampak berdiri berjajar mulai dari sepanjang jalan raya hingga pelataran TMP Kalibata. Sesekali mereka tampak mengambil gambar setiap pejabat atau tokoh yang datang.

"Saya dari Bogor Mas, sengaja datang. Saya mengagumi Pak Habibie," ujar Handi Triyatna (52 tahun). Handi mengaku sudah datang ke TMP Kalibata sejak sekitar pukul 09.00 WIB membawa serta istri dan satu anaknya yang masih berusia lima tahun. Kebetulan ia satu almamater dengan mendiang BJ Habibie di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Warga yang menjejali area pemakaman mulai melantunkan kalimat tauhid saat jenazah almarhum BJ Habibie tiba di TMP Kalibata. Warga juga melantunkan lagu ?Gugur Bunga? saat prosesi pemakaman BJ Habibie sedang berlangsung, yang kemudian diikuti oleh para pelayat lainnya. Tak sedikit yang menangis tersedu-sedu dalam prosesi tersebut.

Beberapa warga juga harus berdebat dan saling mendorong dengan Paspampres. "Pak di dalam //kan// masih lega //banget//. Saya juga warga Indonesia pengen lihat," ujar salah seorang perempuan, Kamis (12/9). n ed: fitriyan zamzami

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat