Sekjen PPP Arsul Sani (tengah), Ketua SC Muktamar IX PPP Ermalena (kanan) dan Ketua OC Muktamar IX PPP Amir Uskara (kiri) memberikan keterangan pers dalam peluncuran Muktamar IX PPP di Jakarta, Senin (2/11). | ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Nasional

Peserta Muktamar PPP Hadir Secara Fisik

Diperkirakan ada sekira 1.249 peserta yang akan hadir langsung di lokasi Muktamar IX.

JAKARTA – DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berencana menggelar Muktamar IX pada 18 hingga 21 Desember di Makassar, Sulawesi Selatan. Forum terbesar partai itu rencananya digelar secara fisik bagi para pengurus DPP atau mereka yang diutus oleh DPW dan DPC partai berlambang Ka'bah itu.

“Jadi semua harus berangkat ke lokasi muktamar, jadi sekali lagi harus berangkat ke lokasi muktamar. Jadi tidak ada itu muktamar virtual, yang ada muktamar sebagaimana mestinya,” tutur Ketua Steering Committee (SC) Muktamar IX PPP, Ermalena di kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (2/11).

Hingga saat ini, diperkirakan ada sekira 1.249 peserta yang akan hadir langsung di lokasi Muktamar IX. Para pemilik hak suara yang akan memilih ketua umum partai diwajibkan datang langsung ke Makassar. “Muktamirin datang memberi hak bicara di sana, memberi hak suara, memilih pimpinannya, dalam arti orang by orang. Setiap yang punya hak suara memberikan haknya di dalam acara yang kita laksanakan,” ujar Ermalena.

Meski diwajibkan hadir secara langsung, panitia dan peserta Mukatamar IX diwajibkan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Seperti, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Mereka juga diwajibkan untuk melakukan tes usap dan dinyatakan negatif sebelum berangkat ke Makassar. SC Muktamar IX PPP sudah membentuk beberapa tim untuk mengatur jalannya forum tersebut.

photo
Sekjen PPP Arsul Sani (tengah), Ketua SC Muktamar IX PPP Ermalena (kanan) dan Ketua OC Muktamar IX PPP Amir Uskara (kiri) memberikan keterangan pers dalam peluncuran Muktamar IX PPP di Jakarta, Senin (2/11). Muktamar tersebut akan dilaksanakan pada 18-
photo
Sekjen PPP Arsul Sani (ketiga kanan), Ketua SC Muktamar IX PPP Ermalena (kedua kanan), Ketua OC Muktamar IX PPP Amir Uskara (ketiga kiri) dan jajaran pengurus lainnya menyaksikan logo Muktamar IX PPP di Jakarta, Senin (2/11). - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
21 Desemnber 2020 di Makasar dengan tema Mempersatukan Umat Membangun Indonesia. - (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sehingga, segala proses dan keputusan yang dihasilkan dalam Muktamar sesuai mekanisme dan legal menurut anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART) partai. “Tentang persidangannya, ini kita sedang bicarakan akan kita atur mana yang bisa masuk mana yang di luar, tapi tidak melanggar ketentuan. Karena kan kalau di DPR sendiri sudah dilakukan persidangan secara virtual dan segala keputusannya sah,” tegasnya.

Ketua Organizing Committee Muktamar IX, Amir Uskara menegaskan, peserta yang hadir di acara muktamar wajib dinyatakan negatif dalam tes usap sebelum menuju Makassar. "Peserta harus bebas Covid-19 dengan membawa hasil tes PCR sehingga kita datang ke Makassar dalam kondisi steril," tegas Amir Uskara, Senin.

Sekretaris Jenderal PPP, Arsul Sani mengatakan, ada tiga agenda utama dalam muktamar PPP. Pertama, muktamar akan membahas laporan pertanggungjawaban pengurus sebelumnya. Kedua, akan membahas program, visi dan misi serta anggaran dasar PPP ke depan. Ketiga, dalam Muktamar juga akan dilakukan pemilihan ketua umum PPP.

Pemilihan ketum ini akan diikuti 548 suara dari DPW/DPC PPP dengan kehadiran fisik untuk menyalurkan aspirasi mereka. Setelah itu, akan dilakukan penentuan pengurus dengan sistem formatur yang dipimpin oleh ketua umum terpilih sebagai formatur utama. Arsul juga menyampaikan soal penggunaan logo Muktamar IX PPP yang terdiri dari tiga unsur, yakni gambar Ka'bah sebagai logo utama PPP, Merah Putih sebagai bendera kebangsaan dan rumah adat Toraja. 

"Dari sisi agama sebagian besar masyarakat Toraja non-moslim, dengan lambang itu, PPP ingin menunjukkan kami adalah partai Islam yang inklusif, memegang teguh empat konsensus bernegara kita," ujar Arsul. 

Ia juga mengeklaim Muktamar IX menjadi momen islah dari dualisme partai yang sempat terjadi. Arsul mengatakan, sejumlah pengurus PPP hasil Muktamar Jakarta sudah menjadi panitia Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Muktamar IX. Salah satunya adalah Jou Hasyim Waimahing yang menjadi bagian dari kepanitiaan. 

“Berikutnya Pak Yunus Rangga di OC ya, kalau Pak Sudarto (mantan Sekjen PPP Muktamar Jakarta) dia sudah bergabung ke Partai Gerindra,” ujar Arsul. Sebelumnya, Ketua Umum PPP versi Muktamar Jakarta, Humphrey Djemat menginginkan adanya islah dalam forum Muktamar IX PPP. "Yang paling utama bagi saya adalah penyatuan PPP yang masih terpecah belah," ujar Humphrey lewat pesan singkat, Ahad (1/11). 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat