Router Mercusys MW302R | Dok TP Link

Inovasi

Memenuhi Kebutuhan Konektivitas Selama Pandemi

Faktor sinyal, kuota, dan harga yang tetap harus terjangkau, biasa menjadi pertimbangan utama.

Berinternet dengan leluasa dan lancar kini telah menjadi kebutuhan. Di tengah situasi pandemi yang membutuhkan kejelian dalam mengatur keuangan, memenuhi kebutuhan berinternet juga perlu dilakukan secara jei dan berhati-hati. 

Faktor kuatnya sinyal, kuota yang cukup, dan harga yang tetap harus terjangkau, biasa menjadi pertimbangan utama. Belum lama ini, TP Link memperkenalkan Mercusys MW302R. 

Mercusys merupakan sub-brand dari TP-Link yang menawarkan router yang mampu menyediakan koneksi wi-fi  dengan kecepatan hingga 300 Mbps, Multi-Mode, dan dengan harga terjangkau. 

Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia, menjelaskan, dengan kecepatan hingga 300 Mbps, dan dua antena 5dBi, perangkat ini ideal digunakan untuk streaming HD, bermain gim daring, ataupun mengunduh data yang besar. “Harganya pun terjangkau bagi siapa saja untuk keluarga saat belajar atau bekerja dari rumah,” ia menambahkan.

Ketika membeli Mercusys MW302R, konsumen akan mendapat perangkat berdimensi 114 mm × 94 mm × 26 mm dengan power adaptor, panduan instalasi singkat, dan kabel ethernet. Ada pula dua antena eksternal high–gain dengan 5dBi untuk mengirimkan sinyal Wi-Fi ke setiap sudut rumah sehingga tidak ada lagi ruangan yang tidak terkena wi-fi.

photo
Mercusys MW302R - (Dok TP Link)

Mercusys MW302R memiliki empat mode dalam satu perangkat untuk memenuhi berbagai skenario aplikasi, yaitu Mode Router, Mode Access Point, Mode Range Exterder dan Mode WISP. Mode Router dapat membuat jaringan nirkabel untuk semua perangkat Wi-Fi, Mode Range Extender akan memperluas jaringan Wi-Fi yang sudah ada, Mode Access Point berfungsi memperluas jaringan kabel dan menjadikannya nirkabel, dan Mode WISP akan menghubungkan secara nirkabel ke jaringan ISP di area tanpa layanan kabel.

Instalasinya pun mudah. Konsumen cukup mengikuti petunjuk di halaman web intuitif untuk menyiapkan perangkat dalam beberapa menit. Untuk menjaga anak-anak ketika berselancar di dunia maya. Mercusys MW302R memiliki Parental Control untuk memantau penggunaan internet anak-anak. 

Sehingga orang tua tidak perlu cemas membiarkan anak anak bermain internet setiap hari dalam masa pandemi. “Anda dapat membatasi penggunaan koneksi perangkat yang terhubung untuk melindungi anak dari konten negatif,” ungkap Yoshia. 

Persiapkan Jaringan

photo
Persiapan jaringan 5G Ready dari Huawei dan Indosat - (Dok Indosat Ooredoo)

Memastikan kebutuhan pelanggan ke depan di era digital, baik untuk segmen retail maupun bisnis, pekan lalu, Indosat Ooredoo mengumumkan kerjasamanya secara berkelanjutan dengan Huawei Indonesia sebagai salah satu mitra strategis. 

Kerja sama ini bertujuan membangun jaringan transport yang canggih dan dapat diprogram, serta 5G ready, dan didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6). Dengan penggelaran jaringan di area utama Jabodetabek, Jawa Timur, dan Bali. 

Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Medhat Elhusseiny menjelaskan, sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan retail dan bisnis, Indosat bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik. “Dengan ini kami berharap dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan kami untuk layanan digital terutama untuk aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latensi,” ujarnya. 

Menurut Medhat, meningkatnya permintaan untuk konsumsi data seluler serta munculnya teknologi baru seperti cloud computing dan network slicing, mengharuskan Indosat terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Teknologi baru ini, bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode yang jauh lebih otomatis,

CEO Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma menjelaskan, Huawei telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G. “Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo.” Jelasnya. 

Dalam mempersiapkan layanan masa depan ini, Indosat  telah melalui berbagai tahapan transformasi digital. Salah satunya, adalah transformasi jaringan transport sebagai elemen kunci. Solusi IP SRv6 yang dihadirkan bersama Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 akan memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latensi yang minim. 

 

 

Teknologi baru ini, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan jauh lebih otomatis.

Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo

 

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat