Meme terkenal 'Success Kid' | Pinterest
29 Nov 2020, 09:15 WIB

Perjalanan Meme Melintasi Masa 

Sebelum internet muncul, meme cenderung memiliki makna politik atau budaya.

Pengguna internet tentu sudah akrab dengan berbagai meme yang bertebaran di dunia maya. Selama ini, meme telah menjadi bagian integral dari kehidupan daring modern.

Dilansir dari How To Geek, kata meme (dilafalkan “Meem”, bukan me-me --Red) berasal dari buku Richard Dawkins tahun 1976, The Selfish Gene. Dawkins menyebut, “Mimeme, sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani dan memiliki arti “yang ditiru”. Kata itu kemudian disingkat menjadi “meme” karena kemiripannya dengan kata “gen”.

Meme sudah ada sejak lama, bahkan jauh sebelum internet hadir. Faktanya, mereka telah ada sejak sebelum Dawkins menciptakan istilah tersebut, tepatnya pada awal 79 masehi di reruntuhan Pompeii dan hingga 1970-an, dalam grafiti.

Sator Square adalah palindrome dari lima kata “Sator Arepo Tenet Opera Rotas”. Pembaca pun dapat membacanya ke segala arah termasuk terbalik dan mundur. Meskipun tidak ada yang tahu pasti apa artinya, itu telah muncul selama berabad-abad dalam budaya yang berbeda di seluruh dunia, termasuk Prancis, Inggris, Suriah dan Italia.

Terkait

Karakter fiksi dari trilogy The Lord Of The Rings karya JRR Tolkien, Frodo Baggins juga menjadi bagian dari meme. Frasa “Frodo Lives” terpampang di seluruh coretan, kancing dan bahkan stiker bemper di mobil. Contoh meme lainnya, muncul di Usenet pada awal 1990-an, yakni Godwin’s Law. 

Meskipun awalnya disusun untuk forum diskusi grup berita, namun tetap berlaku saat ini, meski hampir 30 tahun berlalu. 

Meme Pertama

Meme internet viral pertama disematkan pada bayi menari yang tersebar di internet, sebelum akhirnya muncul di episode Ally McBeal. Pada 1996, desainer grafis Michael Girard menciptakan perangkat lunak yang menunjukkan bagaimana gerakan dapat diprogram dan diproyeksikan melalui komputer.

Desain terakhir adalah model bayi yang mendemonstrasikan gerakan berbeda dari Cha-Cha-Cha. Atasan Girard kemudian mengirimkan demo ke pengembang untuk memamerkan kemampuan perangkat lunak mereka.

Salah satu demo tiba di kotak masuk seorang karyawan LucasArts, yang kemudian mengubah video menjadi GIF dan membagikannya, sebagian besar melalui forum dan email. Tetapi juga di laman, yang kemudian menjadi sensasi viral yang tersebar luas.

The Hampster Dance adalah meme internet awal yang populer lainnya. Itu adalah situs laman yang menampilkan deretan hamster GIF animasi yang menari mengikuti versi “Whistle Stop” yang dipercepat. 

Situs ini dibuat oleh seorang mahasiswa seni Kanada dalam kompetisi dengan saudara perempuan dan seorang temannya pada 1998. Mereka berlomba untuk melihat siapa yang dapat menghasilkan lalu lintas laman daring paling banyak

Setelah hanya menghasilkan 600 penayangan dalam delapan bulan, lamannya justru tiba-tiba viral. Hanya dalam empat hari, situsnya dilihat lebih dari 600 ribu kali dan mendapatkan popularitas melalui surel, blog dan bahkan stiker bemper. 

Dalam buku Memetics: Memes and the Science of Cultural Evolution, Tim Tyler memberikan gambaran tentang posisi penting meme dalam kebudayaan internet. Termasuk juga, dalam pemasaran dan periklanan. “Meme berperan penting untuk memahami sains, politik, propaganda, dan budaya populer,” ungkapnya. 

Perkembangan Meme

 

photo
Kucing populer Grumpy Cat - (Pinterest)

Dengan penggunaan luas media sosial dan situs seperti Reddit, 9GAG dan 4Chan, meme kini menjadi semakin mudah mendapatkan popularitas dan menjadi viral dalam semalam. Sebelum internet muncul, meme cenderung memiliki makna politik atau budaya, dan popularitasnya bertahan lebih lama daripada saat ini.

Meskipun beberapa meme saat ini masih dapat berumur panjang, sebagian besar berubah dari viral menjadi terlupakan dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini sebagian karena kecepatan gerak internet. Sehingga selalu ada hal baru yang menarik perhatian dan sebagian lagi karena betapa mudahnya membuat meme.

Meme juga telah beralih dari topik politik atau budaya untuk lebih fokus pada referensi budaya pop dan pengamatan kehidupan yang sarkastik. Karakter ini membuat meme mudah dipahami, lucu dan lebih mudah bagi mereka untuk menyebar seperti api di jagat maya.

Salah satu kasus evolusi yang signifikan dalam meme adalah LOLCats dan seluruh bahasa di sekitar meme itu sendiri. LOLCat menggunakan gaya ejaan kreatif dengan meme yang disebut lolspeak. Konsep ini mempersonifikasikan kucing yang digambarkan dalam gambar.

Bahasa pemrograman esoterik yang disebut LOLCode pun lahir, menggunakan format yang sama dalam berbicara di meme LOLCats. Hal ini untuk membentuk meme yang terus berkembang melampaui gambar sederhana. 

Meme Legendaris

photo
Meme Keyboard Cat - (Pinterest)

Charlie Schmidt adalah orang yang beruntung. Dari berjuta orang di dunia yang memiliki kucing, Schmidt secara tak sengaja melahirkan salah satu //meme// yang paling popeler di dunia. Dikutip dari Mashable, pada suatu siang, Schmidt beserta beberapa kawannya yang sedang tak ada kegiatan, bergiliran membuat video. 

Ketika gilirannya datang, Schmidt mendapati kucingnya Fatso sedang tertidur di atas keyboard. Ia pun terpikir untuk memakaikan pakaian bayi ke kucingnya yang masih terkantuk-kantuk. 

Dengan bantuan ensoniq mirage miliknya yang dapat menyimpan melodi, Schmidt pun mengambil tripod dan merekam kucingnya bermain musik. “Hanya perlu dua kali pengambilan gambar. Namun Fatso sejak take pertama sudah tampil memuaskan,” ujarnya mengenang hari bersejarah tersebut. 

Kini, Schmidt dikenal sebagai penulis buku, desainer, penemu, dan konten kreator. Sayangnya, sang kucing Fatso, yang telah membuat Schmidt populer, mati pada 9 Maret 2018 di usianya yang kesembilan.

 
Meme berperan penting untuk memahami sains, politik, propaganda, dan budaya populer.
Tim Tyler, Penulis Memetics: Memes and the Science of Cultural Evolution,
 
 


,
×