Kurt Zouma | EPA

Sepak Bola

Zouma Selalu Meminta Perlindungan Allah

Zouma selalu meminta perlindungan Allah SWT di setiap pertandingan dan perjalanan kariernya.

OLEH REJA IRFA WIDODO

Dengan tinggi badan mencapai 1,9 meter, Kurt Zouma menjadi sosok yang menonjol di jantung pertahanan. Postur tubuh ini pun menunjang permainan bek kelahiran Lyon, Prancis, 25 tahun silam tersebut.

Zouma kerap unggul saat berduel dalam perebutan bola di udara dengan pemain-pemain tim lawan. Tidak hanya itu, kemampuan fisik juga menjadi keunggulan Zouma. Pun dengan kemampuan membaca permainan.

Semua kemampuan Zouma ini tergambar saat memperkuat Saint Ettiene pada musim 2012/2013. Pada saat itu, Zouma melakoni musim terbaiknya bersama klub Ligue 1 Prancis itu.

Dalam 11 laga awal pada musim itu, Zouma mencatatkan 102 sapuan bersih di dalam kotak penalti. Selain itu, Zouma memenangkan 80 persen duel perebutan bola di udara. Selama periode tersebut, pemain keturuan Republik Afrika Barat itu mencatatkan akurasi operan sebesar 80 persen.

photo
Kurt Zouma (kiri) berebut bola dengan pemain Liverpool Mohamed Salah saat pertandingan Liga Primer antara Liverpool versus Chelsea di Liverpool, Inggris, 22 Juli 2020. EPA-EFE/Laurence Griffiths/NMC/Pool EDITORIAL USE ONLY - (Laurence Griffiths/NMC/Pool/GETTY POOL)

Ujungnya, Zouma berhasil membawa trofi Coupe de La Ligue ke markas Saint Ettiene, Stadion Geoffroy-Guichard, pada akhir musim 2012/2013. Semua catatan impresif itu akhirnya mengantarkan Zouma berlabuh di Liga Primer Inggris, tepatnya di Chelsea. Tim asal London Barat itu menebus Zouma dengan nilai tranfer mencapai 12 juta euro pada 2014 silam.

Setelah melakoni masa peminjaman selama separuh musim di Saint Ettiene, Zouma resmi mengenakan seragam the Blues pada musim 2014/2015. Zouma melakoni debutnya bersama Chelsea di laga kompetitif pada usia 20 tahun, tepatnya saat the Blues membungkam Bolton Wanderers, 2-1, di ajang Piala Liga Inggris. Bagi Zouma, bergabung bersama the Blues adalah pijakan terbesar dalam kariernya.

Namun, Zouma tidak pernah lupa untuk selalu bersyukur dan meminta perlindungan Allah SWT. Ya, Zouma merupakan seorang Muslim. Bahkan, Zouma bisa dibilang merupakan Muslim yang taat. Sejak 2017, Zouma dilaporkan selalu menyempatkan diri melakukan ibadah umrah ke Makkah nyaris pada setiap jeda kompetisi.

 
Sejak 2017, Zouma dilaporkan selalu menyempatkan diri melakukan ibadah umrah ke Makkah nyaris pada setiap jeda kompetisi.
 
 

Terakhir, Zouma bersama bintang Manchester United Paul Pogba menjalankan ibadah umrah pada Mei 2019, tepat sebelum pandemi Covid-19 melanda hampir di sebagian besar negara-negara di dunia. Ayah tiga anak ini pun sadar semua kekuatan yang dimilikinya, dan karier sepak bolanya, merupakan berkah dan anugerah dari Allah SWT. Bek tengah berusia 25 tahun itu sadar, semua kekuatan hanya berasal dari Allah SWT.

Seolah sadar dirinya sebagai hamba yang lemah, Zouma selalu meminta pertolongan kepada Allah SWT di setiap pertandingan yang dilakoninya dan perjalanan kariernya.

"Saya seorang Muslim. Setiap sebelum pertandingan, saya akan selalu berdoa. Saya meminta kepada Allah SWT untuk memiliki penampilan yang bagus dan melindungi saya dari kemungkinan cedera. Saya juga berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan keselamatan kepada semua orang di stadion," kata Zouma dalam sebuah wawancara dengan Sport Magazine, beberapa waktu lalu.

 
Saya seorang Muslim. Setiap sebelum pertandingan, saya akan selalu berdoa.
KURT ZOUMA
 

Tidak hanya itu, Zouma berharap semua orang yang hadir di stadion bisa menikmati permainannya. "Saya berdoa agar semua orang bisa dilindungi. Kami inginkan kedamaian, sama seperti orang lain. Saya hanya ingin semua orang di stadion bisa menikmati permainan, baik sebagai penonton ataupun sebagai pemain. Itu yang selalu saya pikirkan sebelum turun ke lapangan," tuturnya.

Dalam setiap momen penting dalam kariernya, Zouma pun tidak pernah lupa mengucapkan rasa syukur. Ungkapan ini terlihat via aktivitas Zouma di media sosial, termasuk saat ia melakoni laga ke-100 di pentas Liga Primer Inggris pada Maret 2019. Pada saat itu, Zouma tengah melakoni masa peminjaman di Everton.

"Benar-benar bahagia bisa mencatatkan lebih dari 100 penampilan di Liga Primer Inggris. Saya harap, bisa tampil di lebih banyak partai lagi. #lazoumance #alhamdulillah #hardwork," tulis Zouma di akun Twitter miliknya.

Zouma juga tidak pernah absen mengucapkan selamat Idul Fitri di akun media sosial miliknya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat