Buah semangka | Pixabay
Buah delima | Pixabay
| Republika/Rakhmawaty La

Kabar Utama

Khasiat Buah Kegemaran Nabi SAW

Dari sekian banyak macam buah, sejumlah buah menjadi makanan kesukaan Nabi SAW.

OLEH HASANUL RIZQA

Di antara begitu banyaknya nikmat yang telah Allah anugerahkan di atas bumi ialah buah-buahan. Ada beraneka jenis buah-buahan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Satu sama lain saling berbeda rupa, ukuran, warna, dan rasa. Namun, semuanya mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.

Nabi Muhammad SAW juga menggemari buah-buahan. Dari sekian banyak macam yang ada, sejumlah buah menjadi makanan kesukaan beliau. Rasulullah SAW pun mengingatkan umatnya agar selalu bersyukur atas karunia Ilahi.

Kurma

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memakan buah kurma setiap hari. Jenis kurma yang paling terkenal di kalangan Muslimin ialah ajwa. Sebab, kurma yang berasal dari Madinah itu merupakan kegemaran Rasulullah SAW.

Bahkan, ada hadis mengenai kurma yang satu ini, "Barangsiapa pada waktu pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir." (Shahih Bukhari).

Tak mengherankan bila jamaah haji dan umrah memburu kurma ajwa saat berada di Tanah Suci. Penampilan kurma ajwa memang agak berbeda dengan kurma jenis lain. Warnanya kehitaman. Banyak guratan di kulitnya. Rasanya manis serta berdaging tebal.

photo
Bermacam jenis kurma di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (26/6) - (Republika/ Wihdan)

Delima

Dalam surah ar-Rahman ayat 68, Allah Ta'ala mengungkapkan delima sebagai salah satu dari buah-buahan di surga. Buah yang kaya serat ini berasal dari Persia (Iran) ribuan tahun silam.

Di sana, namanya lebih dikenal sebagai anar. Delima kemudian dibudidayakan di banyak negeri, terutama yang beriklim hangat. Tiga tanah suci --Makkah, Madinah, dan Yerusalem-- merupakan beberapa contoh daerah subur penghasil delima.

Rasulullah SAW memuji delima sebagai penyembuh bagi tubuh. Di antara beragam khasiat buah tersebut adalah menjaga jantung dan usus agar terus berfungsi optimal.

Di samping itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya dipercaya mampu mencegah cacing pita serta menyembuhkan penyakit disentri. Ibnu Sina dalam sebuah risalahnya menyebut kegunaan lain dari delima. Kulit buah tersebut diyakini mampu mengusir serangga dan hama.

photo
Delima - (Pixabay/Steve Buissinne)

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW diketahui pernah mengonsumsi semangka yang dicampur dengan kurma matang yang masih basah (kurma ruthab). Beliau bersabda, "Panas dari buah ini (kurma) dinetralkan oleh unsur dingin dari buah ini (semangka)." (HR Abu Dawud dan Imam Tirmidzi).

Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan vitamin A, kalsium, betakaroten, serat, serta air. Biji semangka ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Biji-bijian yang berbentuk mungil itu diketahui mengandung sejumlah zat, yakni antara lain, vitamin B, magnesium, dan lemak baik. Ada pula kandungan fosfor, natrium, dan kalium di dalamnya.

photo
Semangka - (Pixabay)
';