Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. | Republika/Prayogi

Nasional

PKS dan PKB Bahas Isu Keumatan

Pimpinan Fraksi PKS dan PKB juga membahas Omnibus Law RUU Cipta Kerja.

JAKARTA -- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR bersilaturahim ke kantor Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR, Senin (24/8). Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengaku, kedatangannya ke kantor Fraksi PKB untuk bersilaturahim sekaligus meminta masukan terkait dengan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang diinisiasi PKS.

"Untuk mendapatkan masukan serta membangun kesamaan persepsi dengan Fraksi PKB terkait dengan RUU yang sedang dibahas di Baleg, yakni RUU Perlindungan Ulama yang diubah menjadi RUU Perlindungan Tokoh dan Simbol Agama," kata Jazuli dalam keterangan tertulisnya kepada Republika, Senin (24/8).

PKS mengaku, meminta Fraksi PKB untuk menyempurnakan draf yang dibuat Fraksi PKS. Terutama, dalam RUU Perlindungan Tokoh dan Simbol Agama yang diinisiasi PKS tersebut. Fraksi PKS meyakini bahwa Fraksi PKB termasuk yang mendukung RUU Tokoh dan Simbol Agama yang diusulkan Fraksi PKS. "Karena ini banyak menyangkut ulama, kiai, dan tokoh agama yang harus kita lindungi,” tutur Anggota DPR asal Banten II ini.

Selain itu, keduanya juga menyoroti terkait RUU Pemilu. Fraksi PKS mengusulkan agar besaran ambang batas parlemen sebesar lima persen. "Kami berharap, kenaikan dilakukan secara bertahap atau gradual sehingga penyederhanaan terjadi secara alami dengan kesadaran dan tanpa paksaan," tutur Jazuli.

Tidak hanya itu, kedua fraksi juga membahas Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Jazuli menyadari bahwa Fraksi PKB sebagai koalisi pemerintah mendukung RUU Cipta Kerja. "Namun, Fraksi PKS mengajak agar RUU omnibus law yang nantinya dibahas tetap dalam koridor konstitusional, mengedepankan kepentingan rakyat kecil dan UMKM, serta menjaga kepentingan dan kedaulatan nasional atas sumber daya dan aset-aset strategis bangsa," tegas Jazuli.

Dalam kunjungannya, Fraksi PKS dipimpin Ketua Fraksi Jazuli Juwaini bersama Sekretaris FPKS Ledia Hanifa Amaliah, anggota Komisi VIII FPKS Bukhori Yusuf, anggota Komisi II FPKS Almuzamil Yusuf dan Mardani Ali Sera, serta anggota Komisi III FPKS Nasir Djamil.

Sementara, anggota Fraksi PKB Jazilul Fawaid menyambut baik kerja sama antarkedua fraksi. Ia berharap silaturahim keduanya mampu menghadirkan kebaikan bersama. "Silaturahim dapat mendatangkan keberkahan," ujar Wakil Ketua Kmum PKB tersebut.

Jazilul juga menanggapi terkait RUU Perlindungan Tokoh dan Simbol Agama yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Ia mengaku, PKB akan mempelajari terlebih dahulu isi dan urgensinya. "Kalau ada yang berbeda, kita cari titik temunya," ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat