Sekolah Labschool Cibubur | Dok Labschool Cibubur
05 Apr 2020, 09:59 WIB

Sekolah Para Juara

Sekolah ini mengusung nilai keseimbangan dalam pembentukan karakter siswa didik

Pengembangan bakat dan karakter siswa menjadi fokus Labschool Cibubur, Jakarta. Sekolah dengan keragaman latar belakang siswanya ini menjadi salah satu sekolah de ngan prestasi mentereng. Tak se dikit prestasi yang ditorehkan sekolah ini karena mampu mencetak generasi siswa yang unggul dan juara.

 

Iman, ilmu, dan amal menjadi salah satu fondasi kuat dalam menjalankan semua program yang diterapkan. Kepala Sekolah Labschool Cibubur Ali Chudori menjabarkan, terdapat tujuh nilai dasar yang diterapkan guna membangun peserta didik yang berkarakter.

 

Terkait

photo
Sekolah Labschool Cibubur - (Dok Labschool Cibubur)

 

Ketujuh nilai itu antara lain, bertakwa, ber integritas tinggi, berdaya juang kuat, berkepri badian utuh, berbudi pekerti luhur, mandiri, dan berintelektual tinggi. Tujuh nilai itu merupakan modal untuk mencetak generasi juara. "Nilai dasar itulah yang kita tumbuhkan. Kita kembang kan bakat dan juga karakternya agar kita terus cetak siswa-siswa juara," kata Ali saat dihubungi Republika, Selasa (31/3).

 

Dia menjelaskan, Labschool Cibubur menggu na kan tiga kurikulum yang salah satunya yakni kurikulum nasional dan juga kurikulum yang memuat mata pelajaran khas kedaerahan. Misal nya, kata dia, berlokasi di daerah strategis yang mempertemukan wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, Depok, Jakarta Timur, dan Bogor, Lab school Cibubur mengajarkan siswanya pelajaran bahasa Sunda.

 

Meski tak menanggalkan kearifan lokal dalam mata pelajaran yang diajarkan, Labschool Cibu bur mengusung jalan sebagai sekolah yang siap meng hadapi berbagai tantangan zaman, terlebih dalam era revolusi industri 4.0 pada zaman serbadigital seperti sekarang. Selain itu, sekolah ini mengusung nilai keseimbangan dalam pem bentukan karakter siswa didik, baik dari sisi pe lajaran umum maupun keagamaan. Adapun be berapa program keagamaan itu disesuaikan dengan latar belakang serta profil murid yang ada.

 

Ali menyebutkan, program-program keaga ma an yang tersedia yakni yang bersifat harian (shalat berjamaah), pekanan (tadarus Alquran), dan insidental atau yang hanya dilakukan pada waktu tertentu, seperti perayaan hari-hari besar keagamaan. "Di kami, siswanya itu berasal dari beragam agama. Ada yang Muslim, Kristen Ka tolik, Kristen Protestan, sampai Hindu," ujar dia.

 

Pengembangan bakat dan karakter siswa diakui tak hanya bisa dilakukan dengan pende katan belajar-mengajar di dalam mata pelajaran formal. Dia percaya bahwa kegiatan ekstrakuri kuler juga menjadi salah satu elemen yang dapat membuat siswa semakin berkembang.

 

Ada tiga aspek penting fokus sekolah dalam ekstrakurikuler di sekolah ini. Di antaranya eks tra kurikuler cabang olahraga, cabang seni, dan cabang keterampilan."Kalau yang keilmuan dan seni, kami hampir setiap tahun mendapatkan (penghargaan) platinum medal," ungkap Ali.

 

Dengan terus berupaya mencetak generasi juara, kata dia, Labschool Cibubur memiliki visi sebagai sekolah yang bermartabat dengan ber landaskan pada ketakwaan dan nilai luhur bang sa. Pihaknya juga menegaskan, visi itu seiring dengan peran lembaga sekolah untuk menyiap kan pemimpin yang berkarakter dan berintelek tual.

 

Di Labschool Cibubur, para siswa diberi ruang untuk mengeksplorasi diri atas minat dan bakat nya masing-masing. Untuk itulah, Ali menje laskan, para siswa dibebaskan untuk memilih sektor minat mana yang mereka kehendaki dalam kegiatan ekstrakurikuler.

 

Demand yang tinggi

Labschool Cibubur merupakan perpanjangan tangan dari Labschool Rawamangun yang telah didirikan sejak 1998 lalu. Sekolah dengan metode pengajaran sebagaimana yang diterapkan Lab school Rawamangun dan Cibubur ini nyata nya memincut minat masyarakat atas kehadirannya.

 

Tak ayal, kata Ali, hingga kini telah ada empat Labschool yang tersedia di wilayah Jabodetabek. Dengan jumlah itu, dia mengatakan, suplai seko lah Labschool serupa masih jauh lebih sedikit di bandingkan dengan peminatnya.

 

"Kami bisa katakan bahwa sekolah model Labschool ini memang jadi jawaban masyarakat kita yang mengidam-idamkan pendidikan ber kualitas. Indikatornya apa? Demand-nya besar, tapi suplai kami masih terbatas," ujar dia. n ed: a syalaby ichsan

 

Profil

Nama lengkap              : SMA Labschool Cibubur

Alamat                          :Jl. Raya Hankam, Jatisampurna, Jatiranggon, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Jumlah guru                 : 47 orang

Jumlah murid               : 682 orang

Biaya SPP                   : Rp 1.750.000 per bulan

Biaya uang pangkal     : Rp 32 juta

 

Prestasi:

Grand Prix pada Folklore Festival Internatio nal di berbagai negara, meraih Gold Medal pada perlombaan Presentasi Negara-Negara Asia Pa sifik dalam ASEAN Students Exchange Prog rammes di Taiwan, Gold pada perlombaan karya ilmiah di Thailand dalam ajang Inopah.

 

Hampir setiap tahun menaruh siswa-siswinya sebagai anggota paskibra di tingkat kota dan provinsi Jawa Barat, dan kerap memenangkan berbagai kejuaraan di level kota, kabupaten, maupun provinsi.

Sumber : Dialog Jumat


×