Pegawai berada di dalam bilik disinfektan | ANTARA FOTO

Jakarta

Pemprov DKI Pasang Bilik Disinfektan

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai memasang bilik disinfektan di beberapa tempat, termasuk Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/3). Pemasangan bilik disinfektan ini berkat kontribusi bersama Bazis Baznas DKI Jakarta yang berinovasi membuat bilik disinfektan dengan model khusus.

Bilik disinfektan ini berbeda dari biasanya, yaitu berbentuk tunnel (terowongan) dan menggunakan sistem humidifier. Sebagai permulaan, Baznas Bazis DKI menyerahkan alat ini di empat lokasi di Jakarta, yaitu Balai Kota DKI Jakarta, Halte Transjakarta Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawit, dan kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Sumbangsih ini mendapat apreasiasi dari Plt Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto. "Pagi hari ini kami di Pemprov DKI Jakarta menerima bantuan bilik disinfektan dengan istilah ruang basmi kuman yang merupakan bentuk kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat dan organisasi-organisasi seperti Baznas Baziz DKI Jakarta," kata Sabdo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (27/3).

Sabdo berharap apa yang dilakukan Baznas Bazis DKI ini bisa menjadi pemacu bagi masyarakat yang lain untuk ikut mengambil peran dalam rangka pencegahan Covid-19 di Jakarta. ?Semoga kerjasama ini bisa menarik peran serta masyarakat yang lain bisa berkolaborasi, kami sangat mengharapkan kebersamaan dalam rangka memberikan amal bakti kita kepada, secara khusus DKI Jakarta dan umumnya Indonesia,? ujarnya.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta Luthfi Fathullah mengatakan, pihaknya kini telah mengerjakan instalasi Ruang Basmi Kuman lebih banyak agar nantinya dapat diipasang di fasilitas umum DKI Jakarta.

"Hanya saja ketersediaan kami alatnya sulit jadi kami tidak berani menyebutkan berapa yang kami mampu, akan tetapi nawaitunya 100, bahkan ada satu perusahaan udah nyumbang 10 alat, kami tinggal bikin tunnel-nya saja," kata Luthfi.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Bazis DKI Jakarta Saat Suharto menjelaskan kelebihan dari Ruang Basmi Kuman ini adalah proses disinfeksi menggunakan sistem pengembunan, bukan penyemprotan seperti biasa. Selain itu, bahan yang dipakai juga aman jika terhirup manusia.

"Alat yang kita pilih menggunakan berbeda dengan yang lain yang memakai sprayer, sedangkan kita menggunakan sistem humidifiers. Kita harapkan butirannya lebih lembut dan lebih kena di badan," kata Saat.

Bentuknya pun berbeda dengan bilik disinfektan pada umumnya yang berbentuk kotak. Bentuk tunnel ini dipilih dibandingkan kotak, diharapkan lebih optimal agar seluruh badan terkena embun disinfektannya.

"Untuk bahan aktif yang kita embunkan adalah Benzalkonium chloride, di pasaran merknya bermacam-macam, dan yang kita gunakan alhamdulillah izin dari Kemenkes, sertifikat halal, dan foodgrade, jadi kalau pun terhirup insya Allah aman," ujar dia.

Ruang Sterilisasi

Sementara itu, dalam rangka mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), Polrestro Depok menyiapkan dua ruang sterilisasi bagi anggota serta pengunjung yang datang. Kapolrestro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah mengatakan, pihaknya juga lakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja.

"Saat ini kita siapkan ruang sterilisasi di bagian Satlantas dan di depan pos penjagaan," kata Azis.

Kasatlantas Polrestro Depok Kompol Sutomo menambahkan, dengan ruang sterilisasi ini tidak hanya untuk pengunjung, tapi juga untuk seluruh anggota agar selalu steril saat bekerja. "Karena, anggota sering keluar jadi harus benar-benar steril. Jadi, semua ini dilakukan untuk keselamatan bersama," kata Sutomo.

Dia berharap dengan disediakannya ruang sterilisasi ini masyarakat dan anggota terhindar dari virus korona. Selain itu, pihaknya juga sosialisasikan pencegahan penyebaran virus korona kepada masyarakat mulai pagi hingga malam hari berkeliling di sepanjang Jalan Margonda, Jalan Arief Rahman Hakim, dan Jalan Juanda. "Termasuk sosialisasi di wilayah dilakukan oleh polsek-polsek," ujar dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat