CEO Apple Tim Cook (tengah) menyampaikan keterangan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024). | Republika/Dessy Suciati Saputri

Ekonomi

Bos Apple Pertimbangkan Buka Pabrik di Indonesia

Tim Cook menilai Indonesia memiliki banyak tempat menarik untuk berinvestasi.

JAKARTA -- CEO Apple Tim Cook menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024) untuk membahas soal rencana investasi. Tim Cook mengaku akan mempertimbangkan permintaan Presiden Jokowi agar Apple membuka pabrik di Indonesia.

Tim Cook menilai Indonesia memiliki banyak tempat menarik untuk berinvestasi. “Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya kepada negara ini," kata Tim Cook di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Bagi bos Apple itu, Indonesia merupakan pasar yang penting. Karena itu, dalam pembicaraannya dengan Presiden Jokowi pada pagi, Tim Cook menegaskan mengenai komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Saya telah melakukan percakapan yang baik dengan Presiden tentang komitmen kami terhadap negara ini," ujarnya.

photo
Presiden Joko Widodo dan CEO Apple Tim Cook melakukan pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/4/2024). - (Kris/Indonesian Presidential Palace via AP)

Ia menjelaskan, Apple akan kembali membuka Apple Development Academy keempat di Bali. Cook pun antusias terhadap perkembangan tiga akademi yang telah dibangun sebelumnya.

"Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah berperforma, meluluskan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias," jelasnya.

Sementara itu, terkait rencana pembukaan pabrik di Indonesia, Tim Cook mengaku masih akan mempertimbangkannya. "Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini, dan itu akan kami pertimbangkan," kata Tim Cook.

Ia pun menilai masa depan Indonesia sangat cerah. Tim Cook juga mengaku sangat menyukai Indonesia dan juga atmosfer serta budayanya. "Ini adalah sebuah dialog tentang potensi besar yang ada di negara ini dan komitmen kami terhadap negara tersebut," kata dia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Tim Cook mengatakan, Presiden meminta Apple memperluas investasinya di Indonesia, salah satunya dengan membangun pabrik di Indonesia. Selain itu, Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar yang baik untuk investasi Apple.

"Tadi kami sampaikan bahwa Indonesia merupakan satu market yang sangat baik untuk Apple dan bapak Presiden juga menyampaikan, memberikan pesan bahwa berdasarkan data tersebut maka diharapkan Apple bisa memperluas expand dari establishment-nya yang ada di Indonesia," kata Agus.

Menurut Menperin, proses untuk mulai membangun manufaktur Apple di Indonesia pun telah disepakati, termasuk dalam menggunakan komponen dalam negeri. Agus mengatakan, Kemenperin sudah memiliki daftar komponen apa saja yang diproduksi di Indonesia.

"Jadi, tadi kami sudah sepakat bahwa proses tersebut akan kita mulai, proses untuk membangun manufaktur mereka di Indonesia atau mereka menggunakan komponen-komponen yang sudah bisa diproduksi di Indonesia," jelasnya.

Berdasarkan data Kemenperin, Indonesia telah memproduksi ponsel sebanyak hampir 50 juta unit pada 2023. Sedangkan, sebanyak 2,8 juta unit ponsel merupakan impor dan 85 persennya adalah produk Apple. "Angkanya sekitar 2 miliar dolar AS angka importasinya," ujarnya.

photo
Warga berjalan di dekat Apple Store di New York, AS, 4 Maret 2024. - (EPA-EFE/JUSTIN LANE)

Apple sendiri telah membangun tiga fasilitas Apple Development Academy di Indonesia, yakni di Surabaya, Batam, dan Tangerang, dengan nilai investasi sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan, satu fasilitas akademi akan dibangun lagi di Bali.

"Ini sebetulnya keempat fasilitas Apple Development Academy ini memang berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple. Antara pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. Jadi, basisnya adalah investasi," ungkapnya.

Menurut Agus, Presiden juga meminta agar Apple bekerja sama dengan universitas terbaik di Indonesia dalam membangun pusat inovasi. Selain itu, Jokowi juga meminta agar Apple berpartisipasi dalam investasi pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut dia, Tim Cook pun merespon baik permintaan Jokowi itu. “Tadi diminta kepada Tim Cook kalau bisa Apple terlibat pengembangan smart city di iKN," ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat