Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong memberikan instruksi dalam laga Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). | AP Photo/Hussein Sayed

Sepak Bola

Shin Tae-yong Nantikan Kehadiran Pemain Diaspora

Timnas akan menjalani dua laga uji coba di Dubai.


DUBAI -- Amunisi tim nasional Indonesia U-23 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) belum lengkap. Beberapa pemain diaspora masih beraktivitas dengan klubnya.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menunggu kedatangan sejumlah anak asuhnya yang bermain di luar negeri. Ivar Jenner dan Rafael Struick diperkirakan tiba pada hari ini, Rabu (3/4/2024). Kemudian Pratama Arhan pada Kamis (4/4/2024).

"Untuk Justin Hubner dan Nathan Tjoe-A-On sampai saat ini belum ada kepastian, jadi harus lihat situasi terlebih dahulu," kata STY di situs resmi PSSI.

photo
Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner berebut bola dengan pemain Vietnam dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). - (Republika/Edwin Dwi Putranto)

Garuda Muda sudah memasuki hari kedua pemusatan latihan di Uni Emirat Arab. Sejauh ini, proses latihan awal, berjalan lancar. Fokusnya pada pemulihan kondisi pemain setelah menempuh perjalanan jauh, juga pengenalan cuaca di Timur Tengah.

Tak hanya sekadar berlatih. Timnas juga akan mentas di dua partai pemanasan. Pertama, menghadapi Arab Saudi. Duel berlangsung pada Jumat (5/4/2024). Tiga hari berselang, Indonesia jumpa Uni Emirat Arab. 

Dua partai uji coba ini berlangsung secara tertutup. Ini menjadi kesempatan bagi masing-masing pelatih untuk fokus mencari strategi terbaik.

"Jadi ya fokus kita adalah bagaimana meningkatkan fisik para pemain, dan kekompakan mereka selama di dua laga uji coba nanti," kata STY di situs resmi PSSI, yang dikutip pada

Setelah melakukan semua aktivitas di Dubai, Timnas Indonesia U-23 menuju Qatar. Di sana, Piala Asia U-23 2024 berlangsung. Turnamen tersebut dimulai sejak 15 April-3 Mei 2024. 

Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah, Australia, dan Yordania. Laga perdana Indonesia di Piala Asia menghadapi Qatar berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Senin (15/4/2024) pukul 22.30 WIB. Selanjutnya, pada partai kedua, Indonesia jumpa Australia. Laga ini berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Doha, Kamis (18/4/2024) pukul 20.00 WIB. 

photo
Pemain timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On di Jakarta, Selasa (19/3/2024). - (Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi)

Lalu, Garuda Muda menjalani pertandingan pamungkas di babak penyisihan dengan menghadapi Yordania. Partai tersebut dimainkan di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Doha, Ahad (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya meminta aga para pemain timnas Indonesia U-23 bisa mengukir sejarah di Piala Asia U-23 2024 dengan merah tiket Olimpiade Paris.
Menurut Erick, apa pun bisa dicapai, meski bukan sesuatu yang mudah.

"Ada kesempatan sejarah yang bisa kita lakukan sama-sama. Untuk pertama kalinya, bukan tidak mungkin, kalau kita beruang untuk tembus Olimpiade," kata Erick kepada para pemain dalam video yang diunggah di instagramnya, dikutip pada Senin (1/4/2024).

Erick mencoba melakukan komunikasi dua arah. Sesekali ada dialog. Ia menanyakan siapa di antara para pemain tersebut yang menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 peraih emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Itu catatan penting dalam sejarah sepak bola Indonesia. Setelah tiga dekade berlalu, akhirnya medali prestisius di level Asia tenggara itu berhasil didapatkan. Tentu saja tidak berhenti hanya di situ. "Mau buat sejarah lagi?" tanya Erick kepada para pemain

Semua pemain serentak menginginkan hal serupa. Ketum PSSI menegaskan, para pemain harus memiliki mimpi yang lebih besar. Untuk mewujudkannya perlu kerja keras dalam pelatihan, dan semangat juang tinggi di pertandingan.

"Kalau saya, ofisial yang ada di sini, coach Shin, PSSI dan saya yakin kalian juga sama, tidak puas sejarah hanya masuk ke kejuraan U-23 saja, ada mimpi yang lebih besar lagi.  Tidak mudah, lawannya, Australia, Qatar, dan Yordania yang kemarin final, saya pernah bilang ke kalian sewaktu sebelum bermain SEA Games. Kalau mata kalian bisa melihat mereka di lapangan, seperti waktu itu kita ngelihat Thailand dan Vietnam, sama kalian lihat mereka. Saya yakin, kita tidak kalah sama mereka," tutur Erick.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

Dengan menembus Piala Asia U-23, itu sudah menjadi sejarah baru lainnya. Lagi-lagi Erick melihat gambaran ke depan. Jika berprestasi di turnamen tersebut, awak Merah Putih akan mentas di multi event berskala global.

Berdasarkan aturan, tim peringkat satu, dua, dan tiga di Piala Asia U-23, otomatis meraih tiket Olimpiade 2024. Lalu tim yang finis di urutan keempat, akan menjalani playoff melawan wakil Afrika untuk lolos ke Paris.

 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat